oleh

Tips Sukses Memulai Usaha Percetakan yang Harus Anda Ketahui!

Bisnis percetakan mulai banyak dikenal setelah komputer mulai populer. Banyak kebutuhan masyarakat umum dan perusahaan yang dapat dipenuhi dengan waktu lebih cepat berkat bisnis jasa yang satu ini.

Seiring dengan modernisasi dan digitalisasi, bisnis percetakan masih bersinar dan tak meredup. Justru semakin mengalami peningkatan karena kebutuhan masyarakat dan menjadi peluang usaha yang menarik seperti contohnya adalah percetakan map raport. Namun, sebelum memulai sebuah bisnis, sebaiknya Anda memahami tentang seluk beluk dari bisnis tersebut. Penasaran? Yuk langsung simak aja mengenai tips memulai usaha percetakan yang dapat membantu Anda.

1. Buat Rencana Bisnis

Perencanaan harus dilakukan sebelum memulai bisnis apa pun, termasuk memulai bisnis digital printing atau percetakan. Anda tak bisa memulai bisnis begitu saja tanpa mengetahui informasi mendasar tentang usaha yang akan Anda geluti.

Mencari informasi tentang bisnis percetakan bisa sangat membantu. Anda dapat mencari sumber data dari internet maupun survei di lapangan secara langsung. Hal-hal yang sebaiknya Anda cari tahu antara lain produk, bahan baku, modal, kelemahan, dan kelebihan bisnis percetakan.

Setelah Anda mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan, lanjutkan dengan membuat perencanaan secara terstruktur.

2. Rincian Modal

Setelah membuat perencanaan awal, tips selanjutnya yaitu membuat rincian modal usaha. Modal untuk membangun usaha percetakan tidaklah kecil sehingga Anda harus menghitungnya dengan cermat. Mesin yang digunakan untuk mencetak produk seperti spanduk berukuran besar dan harganya cukup mahal. Satu unitnya bisa mencapai 200 juta rupiah.

Usaha percetakan tentu membutuhkan komputer untuk melakukan perintah pencetakan. Selain itu, komputer juga digunakan untuk membuat desain sesuai dengan permintaan konsumen.

3. Paham Proses Produksi

Sebagai Seorang pebisnis, sangat penting bagi Anda untuk memahami alur produksi. Sebaiknya Anda berlatih dengan ahlinya sebelum terjun langsung dalam bisnis Anda sendiri. Mulailah untuk belajar mengenal proses percetakan dan tahap produksinya dari awal hingga akhir. Anda bisa meminta bantuan kepada rekan Anda yang telah berbisnis di bidang ini sebelumnya.

Jika Anda tidak memiliki koneksi, cobalah untuk mengambil kelas khusus percetakan. Dengan mengikuti kelas, setidaknya Anda mengetahui dasar-dasar alur produksi percetakan. Setelah terjun di lapangan, Anda dapat melakukan improvisasi dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini peralatan dan teknologi dalam bidang percetakan selalu mengalami perkembangan. Sehingga Anda dituntut untuk selalu mengikuti tren yang berlangsung.

4. Lokasi

Lokasi masih mengambil peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis percetakan. Agar usaha Anda lebih mudah dikenal, pilihlah lokasi di tempat yang strategis.

Contoh lokasi yang ideal untuk membangun sebuah usaha percetakan yaitu di tengah kawasan bisnis atau perkantoran. Anda juga bisa memilih lokasi di area dekat kampus besar.

Perusahaan dan institusi pendidikan masih menempati urutan pertama pelanggan usaha percetakan. Sehingga memilih salah satu di antara dua pilihan tersebut sangat menguntungkan untuk Anda.

Menyewa tempat di pusat keramaian memiliki harga yang lebih tinggi. Namun hasil yang Anda dapatkan tentu akan lebih baik daripada memilih lokasi yang lebih sepi.