oleh

Tips Memilih Deodorant untuk Kulit Sensitif yang Tepat

Pernah merasakan ketiak terasa gatal dan berwarna kemerahan? Hati-hati itu tandanya kuli ketiak kamu sensitif. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus.

Tapi sebelumnya kamu harus tau nih, kalau ternyata penyebab kulit ketiak sensitif itu ternyata ada dua, yaitu faktor genetik dan juga faktor eksternal.masih bingung? Berikut di bawah ini saya jelaskan yah.

Penyebab Kulit Ketiak menjadi Sensitif

Faktor Genetik

Pada faktor genetik, kulit ketiak sensitif sudah di bawa sejak lahir. Orang yang memiliki faktor genetik ini biasanya memiliki jaringan kulit yang lebih tipis dan produksi kelenjar minyak yang sedikit. Akibatnya jaringan kulit menjadi cepat rusak dan kemudian timbul iritasi.

Faktor Eksternal

Sementara pada penyebab kulit ketiak sensitif pada faktor eksternal, biasanya karena beberapa hal dibawah ini :

  • Suhu udara

Pada suhu udara yang ekstream, kulit ketiak kita akan menjadi lebih kering sehingga mudah iritasi,

  • Bahan kimia

faktor pada bahan kimia yang terkandung pada sabun atau lotion juga bisa merusak pH alami yang di miliki kulit sehingga kulit menjadi iritasi.

  • Kebiasaan mencukur

Kebiasan mencukur rambut ketiak juga menjadi faktor utama dari penyebab iritasi kulit ketiak, hal itu terjadi karena pada saat mencukur rambut ketiak, biasanya pisau cukur yang kita gunakan juga mengikis lapisan pelindung kulit luar.

Nah, setelah tahu penyebab dari kulit ketiak sensitif. Tentu kita akan mencari solusinya dong? Karena setiap permasalahan pasti selalu akan ada solusinya. Berikut dibawah ini adalah tips cara memilih deodorant untuk kulit sensitif.

Cara Memilih Deodorant untuk Kulit Sensitif

Kulit kamu masuk kategori sentif? Kalau begitu kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai, karena pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas tentang cara memilih deodoran untuk Kulit Sensitif. Yuk langsung saja pembahasanya!

Buat kamu yang memiliki kulit ketiak sensitift, harus lebih berhati-hati yah dalam memilih deodoran, karena bila salah memilih, resiko kerusakan jaringan kulit tidak bisa di hindarkan. Untuk memudahkan kamu memilih deodoran untuk kulit sensitif, berikut dibawah ini adalah caranya!

Hindari Deodorant yang Seperi ini:

Usahakan untuk memilih Kandungan yang Tidak Mengundang Iritasi

Kulit ketiak yang sensitif biasanya, sangat mudah sekali untuk bereaksi dengan baha kimia yang bersifat kera, untuk itu kamu diwajibkan untuk memilih deodorant yang memiliki kandungan yang ringan dan tidak mengundang timbulnya iritasi kulit ketiak.

Jauhi Alkohol! Baik untuk di minum atau dalam kandungan Deodorant

Apapun jenisnya, Alkohol tidak baik untuk digunakan. Kecuali untuk kebutuhan medis ataupun kegiatan pengobatan yang harus menggunakan alkohol sebagai medianya.

Walaupun alkohol nyatanya, merupakan obat ampu yang digunakan untuk membunuh bakteri penyebab bau di ketiak, tapi buat kamu yang kulit ketiaknya sensitif mesti dan wajib menghindari pemakaian produk deodorant yang mengandung alkohol.

Alkohol yang terkandung dalam deodorant biasanya berjenis ethanol, Alkohol jenis ini sangat mendukung pelepasan air dari kulit, sehingga jika digunakan pada kulit ketiak yang terjadi adalah kulit ketiak jadi cepat kering sehingga mudah terjadi iritasi.

Untungnya buat kamu, ada beberapa jenis alkohol yang akan digunakan untuk kulit ketiak kamu yang sensitif, jenis alkohol itu adalah :

  • Stearyl alcohol
  • Cetyl alcohol

Alkohol jenis ini tetap aman digunakan, karen alkohol jenis ini dapat melembapkan kulit.

Pilih Deodorant yang Seperti ini:

Pilih yang mengandung Whitening

Iritasi yang terjadi pada kulit ketiak yang sensitif sangat menyiksa, karena tidak hanya menimbulkan rasa perih dan gatal, iritasi yang terjadi juga dapat membuat kulit ketiak kita menjadi gelap.

Buat kamu yang ingin tampil sempurna, masih merasa terganggu sekali dengan kulit ketiak yang berwarna hitam. Solusinya adalah, kamu bisa menggunakan deodorant yang mengandung whitening seperti, sunflower seed oil dan vitamin C. Kandunga itu dapat mengembalikan warna alami kulit ketika kamu yang dulu.

Pilih yang mengandung bahan Pelembap

Selalu pilih deodoran yang mengandung Pelembap, karena kita tahu kulit ketiak yang sensitif itu kondisinya kering dan kasar. Karena itu wajib untuk kamu mencari deodoran yang mengandung pelembap, selain untuk menambah kelembapan kulit ketiak juga dapat membantu menghaluskan permukaan kulit ketiak yang kasar.

Pilih yang dapat memberikan Efek Kesejukan

Punya aktivitas yang mengharuskan kamu menggunakan pakaian serba tertutup? Memiliki deodoran yang memiliki efek kesejukan adalah hal wajib buat kamu.

Karena dengan menggunakan pakaian yang tertutup, gesekan antara kulit dan pakaian yang kita gunakan tentu tidak akan bisa dihindarkan, hal ini akan membuat kulit ketiak kamu terasa perih.

Pemilihan deodoran yang dapat memberikan efek kesejukan akan sangat berguna, karena selain memberikan efek sejuk, deodoran ini  biasa mengandung ekstrak Aloe Vera yang dapat membantu mempercepat pemulihan luka di ketiak akibat dari iritasi.

Oke, sekian artikel saya tentang Penyebab kulit ketiak menjadi sensitif Dan Cara Memilih deodoran untuk kulit sensitif, semoga bermanfaat buat kamu yah!

News Feed