oleh

Tekanan Debit Air di Rumah Kecil? Mungkin Ini Penyebabnya!

Saat ini, hampir seluruh rumah menggunakan toren atau penampungan air. Ya, toren dipasang untuk membantu memperbesar keluarnya debit air di rumah. Namun, sayang, debit air yang keluar malah terbilang kecil dan ketika digunakan untuk mandi, mencuci piring, ataupun mengisi bak malah membutuhkan waktu lama sampai air terisi penuh. Meski sudah menggunakan pipa air fleksibel sekalipun, namun aliran air tetap saja tidak mau mengalir dengan deras.

Lantas, apa yang menyebabkan tekanan debit air di rumah kecil? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut: (source: rucika.co.id)

  1. Diameter penampang saluran air. Melansir dari halojasa, diameter atau luas penampang saluran air bisa memengaruhi jumlah kapasitas air dikeluarkan. Semakin besar penampang pipa yang digunakan, maka semakin besar pula air yang dikeluarkan melalui pipa. Biasanya, orang-orang malah sering mengabaikan hal ini dan menggunakan pipa berukuran ½ inch, padahal ukurannya yang terlalu kecil malah membuat debit air menjadi melemah. Untuk itu, baiknya gunakan penampang dengan saluran yang lebih besar agar air keluar pun bisa deras.
  2. Skema instalasi pemasangan pipa. Memasang instalasi pipa membutuhkan skema yang baik agar bisa memberikan benefit yang baik. Meski pemasangannya mudah, namun disarankan untuk tidak asal agar tidak mengganggu debit air yang keluar. Jika tidak bisa memasangnya, baiknya gunakan tenaga ahli agar instalasi pipa bisa berjalan dengan baik serta tidak memunculkan masalah nantinya.
  3. Ketinggian toren air. Siapa sangka, ketinggian toren air juga dapat memengaruhi debit air yang keluar. Biasanya, jika tinggi air kurang memadai maka akan menyebabkan tekanan air yang keluar akan semakin rendah atau melemah. Untuk itu, ketika ingin memasang toren di rumah jangan lupa untuk memerhatikan ketinggian toren serta pilih lokasi yang mudah dijangkau ketika memasang toren agar debit air yang keluar tidak terlalu kecil.
  4. Volume tandon. Selain itu, hal lain yang dapat menyebabkan mengapa debit air di rumah kecil adalah karena kapasitas volume tandon yang tidak pas. Sebagai contoh, jika ada 2 toren, pertama toren memiliki ketinggian satu meter dengan kapasitas air sebesar 700 liter. Sedangkan, toren kedua memiliki tinggi sekitar satu meter dengan kapasitas sebesar 1000 luter. Tentu, debit air yang deras keluarnya adalah yang pertama karena dapat menampung lebih banyak air.

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa penyebab yang mengakibatkan tekanan debit air di rumah kecil. Semoga membantu!

News Feed