oleh

Tantangan Dalam Proses Dewatering Tambang

Dalam rangka untuk membebaskan suatu areal dari genangan air tanah yang besar, maka perlu dilakukan suatu proses pengeringan yang disebut dewatering. Proses dewatering sering dilakukan pada pengerjaan tambang besar yang areal tambang tersebut tergenang oleh aliran air tanah. Dalam melakukan proses dewatering maka akan ditemukan berbagai tantangan seperti yang ada di https://sewatama.com/jasa-dewatering/.

Tantangan dalam Melakukan Proses Dewatering Tambang

Proses dewatering tambang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah timbulnya rembesan air tanah pada lokasi galian. Selain itu, metode dewatering bertujuan untuk mencegah timbulnya tergerusnya tanah pasir karena erosi buluh. Dalam pengerjaan dewatering akan ditemui tantangan seperti berikut:

  1. Overheat

Kejadian overheat sering dialami pada peralatan pompa yang harus bekerja keras memompa air keluar. Panasnya pompa seringkali disebabkan oleh pompa yang harus menarik air yang terletak pada permukaan air terlalu rendah dalam waktu lama. Tanpa desain panel kontrol unit dengan perlindungan yang mumpuni tentu akan menyebabkan pompa menjadi panas.

  1. Korosi

Korosi adalah salah satu tantangan yang paling sering ditemukan pada proses pengerjaan dewatering. Interaksi dengan air yang tercampur oleh besi, pirit, garam teremulsi serta pasir tentu akan meningkatkan risiko korosi pada pompa. Untuk mengatasi hal ini tentu saja dengan cara memilih bahan material pompa yang tepat yakni menggunakan metalurgi padat.

  1. Suspensi pada Bahan Padat

Seringkali pada saat pengerjaan dewatering tambang jasa dewatering akan mengalami tantangan berupa terjadinya penyumbatan dari material pasir ataupun padatan yang tersuspensi. Untuk material yang telah menjadi padatan abrasive ini harus dikumpulkan pada satu tempat khusus terpisah dari air bersih. Pengumpulan padatan abrasive ini dilakukan dalam satu bak khusus. Oleh sebab itu kesuksesan dewatering ditentukan oleh desain pemisahan air yang tepat.

Jasa dewatering di areal-areal terpencil tentu membutuhkan sumber daya listrik yang memadai dalam pengerjaannya. PT Sumberdaya Sewatama adalah perusahaan yang telah selama 22 tahun lebih bergerak di bidang jasa penyewaan genset serta konstruksi pembangkit listrik siap memasok daya listrik untuk dewatering pada industri minyak dan gas di berbagai tempat. Sewatama telah berpengalaman dalam memasok genset ke berbagai tempat di seluruh nusantara.

News Feed