oleh

Tanda Tanda Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Ketika terjadi penumpukan kolesterol (plak), pembuluh darah koroner akan menyempit sehingga aliran darah dan suplai oksigen menuju jantung pun akan terhambat. Kurangnya aliran darah ini akan menyebabkan rasa nyeri pada dada (angina) dan sesak napas, hingga suatu saat terjadi hambatan total pada aliran darah menuju jantung atau yang disebut juga dengan serangan jantung.

Baca juga : gejala penyakit jantung

Tanda-tanda Penyakit Jantung

Serangan jantung termasuk penyebab kematian terumum di dunia. Kondisi ini terjadi saat ada bagian otot jantung yang terhenti akibat kehilangan suplai darah.

Biasanya, darah terhalang masuk ke jantung akibat pembuluh darah pemasok (arteri) tersumbat karena adanya gumpalan darah. Kejadian ini perlu ditangani segera dalam kurun waktu sekitar 5 menit karena bisa mematikan.

Agar dapat cepat tanggap akan kondisi tersebut, mari kenali tanda serangan jantung berikut.

Nyeri Dada

Nyeri pada bagian dada
Nyeri pada bagian dada

 

Dada terasa tidak nyaman hingga sakit. Di mana dada bagian tengah seperti ditekan dan diremas.

Sayangnya, meski rasa nyeri di dada dapat menjadi ciri utama serangan jantung, tidak semua orang mengalaminya. Terutama pada orang tua, wanita, dan penderita diabetes.

Sakit Perut Bagian Tengah Atas

Sakit perut bagian atas
Sakit perut bagian atas

Setelah mengalami nyeri dada, rasa sakit dapat meluas ke area perut bagian tengah atas. Di mana penderita menggambarkannya mirip gangguan pencernaan dengan sensasi rasa terbakar di dada (heartburn).

Beberapa juga mengalami sendawa dan mendeskripsikan kondisi hanya berupa rasa tidak nyaman. Di mana, bagian atas perut terasa berat bukan sakit seperti ditusuk-tusuk.

Gejala sakit perut ini dapat terjadi tanpa melewati nyeri dada terlebih dahulu.

Tubuh Bagian Atas Terasa Sakit

bahu dan leher terasa sakit
bahu dan leher terasa sakit

Gejala serangan jantung dapat ditandai dengan rasa nyeri yang menjalar dari dada ke daerah bahu, leher, ataupun rahang.

Punggung bagian atas hingga lengan terutama bagian sebelah kiri juga dapat terasa sakit. Rasa sakit ini bisa menyebar setelah nyeri dada atau tanpa nyeri dada.

Pusing, Mual dan Muntah

pusing dan mual mau muntah
pusing dan mual mau muntah

Pusing seperti ingin pingsan, mual hingga muntah juga dapat terjadi selama serangan jantung. Kondisi ini lebih sering di alami wanita. Beberapa juga mengatakan bahwa mereka merasa tidak enak badan seperti akan terserang flu.

Sesak Napas, Cemas dan Berkeringat

Sesak nafas dan berkeringat
Sesak nafas dan berkeringat

Sesak napas dapat terjadi sebelum atau tanpa nyeri dada. Kamu juga mungkin merasa cemas, gelisah hingga berkeringat dingin seperti bencana akan datang atau mengalami serangan panik.

Tanda lain yang mungkin terjadi saat serangan jantung adalah jantung berbedar dan wajah tampak pucat.

Semua gejala serangan jantung tidak menjadi lebih baik meski kamu berganti posisi dan dapat berlangsung secara konstan ataupun datang dan pergi.

Bila kamu atau orang di dekatmu mengalami satu atau lebih gejala tersebut, segeralah pergi ke rumah sakit agar dapat ditangani dengan cepat. Bila dibiarkan, kondisi bisa berakibat fatal.

Semoga dengan membaca, anda paham akan tanda serangan jantung, yang suatu saat bisa terjadi pada anda. Lebih baik tau lebih awal supaya anda dapat memeriksakannya ke dokter. Dan semoga anda lebih mencintai jantung kita, menjaga jantung untuk masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Komentar

News Feed