oleh

Sudah Tahu Belum? Ternyata Ada Program Sertifikasi Terbaik Untuk Ilmu Komputer Loh!

Setelah lulus kuliah S1 kelas karyawan kemudian dilanjutkan dengan melakukan kursus untuk mendapatkan sertifikasi tentu merupakan langkah yang tepat, karena dengan sertifikasi biasanya akan lebih mudah dalam mendapatkan lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan besar sekalipun.

Selain itu dengan sertifikasi kemampuan anda akan dianggap lebih berkualitas, banyak perusahaan yang menanyakan sertifikasi ini dalam wawancara sebagai nilai tambah pengakuan kualifikasi peserta.  Ada banyak jenis sertifikasi untuk Ilmu Komputer ini, bahkan beberapa diantaranya merupakan jenis sertifikasi terbaik seperti:

CCP-V (Citrix Certified Professional D Virtualization)

Orang yang memiliki sertifikasi jenis ini dinyatakan telah melengkapi profesional IT dengan berbagai pengetahuan serta keterampilan untuk melakukan instal, konfigurasi, dan melakukan implementasi solusi XenDesktop berbeda, untuk mendapatkan sertifikasi ini tentunya peserta diwajibkan lulus ujian CCP-V. Untuk lulus ujian tersebut, peserta diwajibkan untuk memiliki keterampilan dalam melakukan optimalisasi, melakukan penskalaan, mengatasi masalah, serta melakukan konfigurasi pada desktop virtual.

Sebelum mengikuti ujian CCP-V, peserta diharuskan mendapatkan Kredensial Associate-Virtualization Citrix Certified yang di dalam ujiannya terdapat beberapa bidang cakupan seperti WEM (Workspace Environment Management), User Environment, dan Intermediate FlexCast Management Architecture. Dengan adanya sertifikasi ini prospek kerja Teknik Informatika akan lebih mudah didapatkan bahkan di berbagai perusahaan besar sekalipun.

CCA-N (Citrix Certified Associate D Networking)

Ada banyak sertifikasi yang menarik untuk didapatkan, gunanya untuk menambah profesionalisme ketika melamar pekerjaan Hyuga menjadi salah satu bukti bahwa orang tersebut memberi kualifikasi yang baik. Salah satu sertifikasi menarik yang bisa diambil oleh mereka yang berkecimpung dalam bidang IT ialah CCA-N sebuah sertifikasi yang membekali pemegangnya pengetahuan serta keterampilan untuk digunakan dalam melakukan pengelolaan lingkungan perusahaan yang memiliki NetScaler yang berguna untuk membantu mengamankan akses jarak jauh data dan juga aplikasi.

Persyaratan untuk bisa mengikuti sertifikasi ini tidak terlalu sulit dan bahkan terbilang mudah, dengan memiliki gelar ilmu komputer sudah bisa mengikuti kursus yang satu ini dan mendapatkan sertifikat jika nilai ujian memenuhi target.

PMP (Project Management Professional)

Setelah lulus kuliah S1 kelas karyawan di bidang Ilmu Komputer, untuk mempermudah pencarian kerja sebaiknya mengambil ujian sertifikasi di bidang ini. Salah satu jenis ujian sertifikasi yang bisa diambil dan terbilang terbaik ialah sertifikasi PMP, ujian sertifikasi yang sangat cocok diambil untuk mereka yang ingin mendapatkan posisi manajer proyek dengan sertifikasi yang mumpuni.

Meski tidak masuk kategori sertifikasi elit atau eksklusif, namun sertifikasi PMP ini disetting agar sesuai dengan tuntutan proyek TI yang pengelolaannya sendiri dilakukan oleh Project Management Institute (PMI). Dengan adanya sertifikasi ini menunjukkan bahwa orang tersebut bukan hanya memiliki kemampuan teknis yang baik, namun ia juga juga bisa melakukan pengelolaan proyek dengan baik.

CCNP-R & P (Cisco Certified Networking Professional – Routing And Switching)

Orang yang memiliki sertifikat Cisco tentu telah enggak kali dirinya dengan pengetahuan serta keterampilan beralih pada  konfigurasi, pemasangan, pemecahan masalah, dan perencanaan. Training yang satu ini merupakan training lanjutan setelah peserta mendapatkan sertifikasi CCNA dengan tujuan untuk meraih sertifikasi CCNP. Ada 3 modul untuk mendapatkan sertifikasi yang satu ini, yakni ROUTE, SWITCH, dan TSHOOT yang di dalam modulnya terdapat jenis ujian tersendiri yang harus diselesaikan.

Untuk mendapatkan prospek kerja Teknik Informatika yang luas di berbagai perusahaan besar, sertifikasi ini tentu akan menjadi nilai tambah kualifikasi yang dimiliki terutama saat mengajukan lamaran pekerjaan.

CISSP (Certified Information Systems Security Professional)

Bagi yang memiliki kemampuan dalam hal pengamanan sistem, jenis sertifikasi yang satu ini sangat cocok untuk dimiliki. Orang yang memiliki sertifikasi ini menandakan bahwa ia telah memiliki pengalaman dengan masalah keamanan sistem, sebuah sertifikasi ideal untuk seorang yang ingin memfokuskan dirinya dalam merancang, membangun, serta memelihara infrastruktur keamanan sistem di dalam sebuah organisasi.

Sertifikasi ini mengharuskan pesertanya untuk memahami ancaman keamanan terbaru, untuk bisa lulus sertifikasi ini harus memiliki setidaknya total kumulatif 5 tahun pengalaman dalam hal pengembangan perangkat lunak atau keamanan sistem (gelar Ilmu Komputer menjadi nilai tambah).

Selain dari jenis sertifikasi di atas, sebenarnya masih ada banyak jenis sertifikasi lain di bidang IT yang patut dipertimbangkan seperti Sertifikasi Vendor Based, MCDST (Microsoft Certified Desktop Support Technician), RHCE (Red Hat Certified Engineer), MCSA (Microsoft Certified System Administrator), CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert), MCAD (Microsoft Certified Application Developer), dan masih banyak lagi jenis sertifikasi menarik lainnya di bidang IT yang bisa diambil untuk memantapkan kualifikasi setelah lulus kuliah S1 kelas karyawan jurusan IT.

Komentar

News Feed