oleh

Sewa Load Bank untuk Uji Kemampuan Genset

Saat ini kebutuhan energi listrik adalah hal yang mutlak yang diperlukan oleh perusahaan maupun industri agar dapat bekerja dengan optimal. Hampir semua mesin yang digunakan oleh perusahaan dan industri membutuhkan energi listrik agar dapat menjalankan tugasnya.

Bahkan, terkadang perusahaan sering menggunakan energi listrik secara berlebihan, dan tidak hemat energi, sehingga berdampak pada keuangan perusahaan. Hal ini mengakibatkan tagihan biaya listrik setiap bulannya menjadi sangat besar. Oleh sebab itu, penggunaan energi listrik diperusahaan maupun industri membutuhkan pengelolaan dengan energy management yang tepat.

Salah satu cara agar perusahaan atau industri dapat menghemat energi listrik adalah dengan menggunakan load bank. Load bank adalah alat atau mesin yang digunakan untuk test load genset, serta mengetes kinerja battery dan transromer. Penggunaan load bank bertujuan untuk mengetahui besar kemampuan genset sebelum dioperasikan ke beban yang nyata.

Load bank memiliki beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk mengetes mesin diesel.
  2. Untuk mengetes mesin turbin.
  3. Untuk mengetes gas engine.
  4. Untuk memindahkan beban.
  5. Untuk mengetes sistem baterai.
  6. Untuk mengetes sistem UPS.

Dalam melakukan uji load genset untuk mengetahui kemampuan kapasitas dari suatu genset, biasanya sebagai petunjuk untuk service overhaul genset. Service overhaul genset adalah perbaikan Generator Set, yang meliputi pembongkaran keseluruhan mesin, dimana hal ini dilakukan jika engine sudah mencapai 12.000 jam operational kerja mesin.

Jadi, genset bisa di check dengan load bank. Pengecekan bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak atau sedikit presentase penurunan kemampuan kapasitas suatu diesel genset, gas engine, dan mesin turbin tersebut. Indikasi dari pengecekan ini dapat digunakan sebagai acuan untuk service overhaul, sehingga performa mesin dapat mencapai kondisi yang prima dan aman untuk digunakan.

Load bank juga dapat digunakan untuk simulasi pengetesan yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perubahan karakteristik pada alat yang dites dan mengecek kesesuaian dengan label kapasitas. Misalnya, untuk mengetahui kestabilan kinerja genset dalam pembebanan frekuensi genset.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan uji load genset, Anda dapat menyewa load bank yang ada di Sewatama. Untuk informasi lebih lengkap mengenai load bank untuk mengetes kemampuan kapasitas load bank ini, Anda dapat mengunjungi website https://sewatama.com/id/.

Komentar

News Feed