oleh

Selain Harga Cat Tembok, Inilah Poin-Poin yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Cat Rumah

Momen mendekorasi rumah memang selalu mengasyikkan. Anda bisa bebas berkreasi menuangkan segala inovasi untuk membuat hunian menjadi lebih cantik dan menarik. Apalagi menjelang akhir tahun, biasanya orang ramai mengganti cat rumah demi mendapatkan suasana baru di tahun baru. Ketika memilih cat, tentu harga cat tembok menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan. Namun selain harga, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan saat memilih cat rumah.

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Cat Selain Aspek Harga Cat Tembok

  1. Perhatikan Kualitas Ketahanan Cat

Selain harga harga cat tembok, kualitas ketahanan cat menjadi aspek penting yang wajib Anda pertimbangkan saat memilih cat tembok. Apabila cat yang Anda pilih mudah pudar atau cepat mengelupas, bisa dipastikan perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pengecatan ulang. Oleh karena itu, pilihlah cat yang bisa bertahan lama. Cat dengan kualitas bagus akan mampu menghasilkan warna yang tetap tajam meskipun telah diaplikasikan dalam jangka waktu lama. Selain itu juga tahan terhadap pergantian cuaca dan jamur yang menyerang.

  1. Perhatikan Daya Sebar Cat

Daya sebar cat penting Anda perhatikan selain aspek harga cat tembok. Anda bisa membuat rancangan sederhana berapa banyak cat yang diperlukan untuk sebuah ruangan. Hal ini berguna agar Anda memiliki estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pengecatan. Anda bisa memulai dengan menghitung luas ruangan terlebih dahulu. Caranya ialah hitung luas dinding dikurangi luas pintu dan jendela. Setelah itu lihat pada kemasan cat untuk melihat daya sebarnya dan pilih cat dengan daya sebar paling banyak.

  1. Gunakan Cat secara Tepat Sesuai Fungsinya

Yang tidak kalah penting diperhatikan dalam pemilihan cat rumah adalah penggunaannya harus disesuaikan dengan fungsi. Misalnya, jika Anda ingin mengecat bagian eksterior rumah maka fokuslah dalam memilih cat yang memang dikhususkan untuk eksterior. Spesifikasi cat eksterior sedikit beda dengan cat interior karena dilengkapi bahan yang harus tahan terhadap cuaca. Sedangkan jika Anda ingin mengecat bagian dalam rumah, pilihlah cat yang dikhususkan untuk interior dengan kandungan yang bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

  1. Perhatikan Skema dan Gradien Warna

Anda bebas menentukan warna apa yang akan digunakan untuk mengecat rumah. Namun, alangkah lebih baik jika Anda juga mempertimbangkan skema dan gradien warna, terutama untuk pengecatan pada bagian dalam rumah. Anda perlu menyesuaikan warna cat dengan warna furnitur rumah, agar lebih indah dipandang. Perpaduan warna yang pas bisa semakin mempercantik tampilan interior Anda.

  1. Berapa Estimasi Biaya yang Diperlukan untuk Pengecatan

Anda perlu mempertimbangkan estimasi biaya yang diperlukan untuk pengecatan. Anda perlu menyusun perencanaan anggaran untuk pengecatan, agar bisa memilih cat berkualitas dengan harga paling terjangkau yang sesuai budget. Bukan hanya harga cat tembok saja, termasuk biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan jasa orang lain untuk pengecatan. Inilah mengapa Anda perlu mengetahui daya sebar cat, yaitu agar cat yang dibeli sesuai anggaran bisa digunakan secara maksimal tanpa sisa terlalu banyak.

Itulah poin-poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan ketika akan memilih cat rumah. Selain harga cat tembok, 5 aspek tersebut penting diperhatikan agar Anda bisa memilih cat yang paling tepat untuk memperindah hunian. Pemilihan cat yang berkualitas akan membuat rumah Anda tampak lebih hidup, baik pada bagian interior maupun eksterior. Oleh karena itu, pilihlah cat tembok dengan kualitas terbaik yang memiliki warna tajam dan tahan lama seperti Asian Paints.

Komentar

News Feed