oleh

Sekilas Tentang Esim dan Penerapannya di Indonesia

Perkembangan teknologi semakin lama semakin pesat. Hal tersebut tentu membawa keuntungan karena banyak inovasi baru yang bermanfaat untuk memudahkan aktivitas manusia. Belakangan ini provider di Indonesia mulai sibuk mencari investasi guna menciptakan produk terbaru berupa kartu perdana esim. Jenis kartu ini memiliki fungsi yang sama dengan simcard. Hanya saja tidak bisa dilepas dan bentuknya digital.

Guna memuaskan keinginan pelanggannya, smartfren juga sudah memperkenalkan eSIM. Sistem kerjanya tidak berbeda jauh dari SIMcard. Hanya saja pemasanganya tertanam langsung pada perangkat. Sistem keamananya juga lebih tinggi. eSIM hanya bisa digunakan pada perangkat tertentu yang sudah mendukung penanaman eSIM. Misalnya seperti iPhone XS dan iPhone XS Max. Secara fisik, ukurannya juga lebih kecil dari nano card. Inilah yang membuat eSIM bisa juga dipasang pada perangkat kecil seperti smartwatch, IoT, bahkan alat kesehatan portable.

Jadi jika kamu ingin membeli iPhone seri XS atau XS MAX, bisa gunakan eSIM Smartfren. Seperti halnya SIMcard, dalam Esim juga tercacat nomer telepon. Jadi prinsip kerjanya tidak berbeda, hanya bentuknya saja yang lebih kecil. Dengan menggunakan eSIM Smartfren, kamu berkesempatan mengikuti undian Smartfren Wow yang hadiah utamanya berupa 1 unit rumah. Program ini akan terus diadakan setiap bulan.

Kelebihan lain dari kartu perdana esim adalah bisa dipakai untuk beberapa perangkat sekaligus. Jadi kamu bisa memakai nomer yang sama pada dua perangkat yang berbeda. Misalnya saja pada iPhone, nomer SIM yang dipakai sama dengan yang dipasang pada Apple Watch.

Lantas bagaimana instalasi nomer eSIM pada gadget? Proses pembuatan eSIM sejatinya sama dengan pembuatan profil SIM fisik. Operator akan memberikan rincian otentifikasi kepada vendor SIM guna menghasilkan jaringan yang unik. Hadirnya eSIM pun tidak akan mematikan bisnis retail di Indonesia. Para retailer bisa menjual nomer perdana dalam bentuk digital. Selain itu retailer juga bisa membuat paket khusus untuk memasarkan eSIM ini.

Jadi jika kamu masih asing dengan eSIM, tak perlu bingung karena fungsinya sama persis dengan SIMcard. Dengan memakai eSIM smartfren, ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan. Salah satunya mengikuti undian Smartfren Wow dengan total hadiah mencapai milyaran rupiah.

News Feed