oleh

Sayuran Penurun Darah Tinggi

Sayuran Penurun Darah Tinggi Ampuh

Sayuran Penurun Darah Tinggi
Sayuran Penurun Darah Tinggi

Sayuran yang identik dengan rasa pahit atau hambarnya sering terlewatkan dalam menu makanan sehari-hari. Padahal sayuran sangat baik untuk Anda konsumsi demi menjaga ketahanan tubuh Anda.

Baca Juga : penyebab tekanan darah tinggi

Berikut adalah beberapa kandungan dalam sayuran yang bisa menurunkan gejala darah tinggi, sehingga mengonsumsi sayuran ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat:

1 . Tomat

Tomat sayuran penurun darah tinggi
Tomat sayuran penurun darah tinggi

Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen (lycopene), salah satu antioksidan alami paling kuat yang membantu memerangi radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, tomat juga kaya akan alfa-karoten, beta-karoten, lutein, kalori, gula, vitamin A, dan vitamin C. Tak heran jika manfaat tomat juga melimpah ruah.

Jenis sayuran yang satu ini memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh. Selain vitamin C yang banyak terkandung di dalamnya, tomat juga memiliki kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan kadar tinggi pada tekanan darah Anda.

2 . Buncis

buncis
buncis

Buncis biasanya banyak dimasak dengan ditumis, atau dicampurkan dalamsayur sop. Dalam beberapa sajian steak, buncis ditambahkan pada hotplate bersama denganjenis sayuran lain seperti kentang dan wortel. Buncis lebih sering dimasak setengah matang untuk menghindari kehilangan nutrisi yang banyak.

Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buncis diantaranya: Protein, vitamin A, B, antioksidan, serat, manfaat zat besi, enzim penurun badan, sumber energi, lemak, karbohidrat, asam folat dan juga asam amino. Kandungan inilah yang berperan untuk menjaga kesuburan dan menjaga kesehatan tubuh.

yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang tentunya sangat membantu Anda dalam upaya menurunkan tekanan darah.

3 . Bayam

bayam
bayam

Sayuran yang berasal dari Asia ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah Magnesium, zat besi, Asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak. Dengan kandungan serat yang tinggi dan juga kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Bayam mengandung banyak nutrisi dan antioksidan. Kandungan ini tidak hanya menyehatkan, tapi juga berkemungkinan menjaga kesehatan jika dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah cukup. Mencegah stres, mencegah kanker, dan membantu kesehatan tulang adalah 3 dari sekian banyak manfaat kesehatan dari sayur bayam.

4 . Bawang Putih

 

bawang putih
bawang putih

Manfaat bawang putih terkenal bukan hanya untuk menambah rasa masakan, tapi juga dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih sendiri telah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, India bahkan Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung. Bawang putih dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah yang biasanya di akibatkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : mengatasi darah tinggi

5 . Mentimun

Timun
Timun

Mentimun atau cucumis sativus L., adalah tanaman yang termasuk suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Ditilik dari sejarahnya mentimun berasal dari daerah pegunungan Himalaya, di India Utara. Mentimun memiliki banyak varietas tapi pada umumnya mentimun sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Mentimun biasanya dikonsumsi sebagai lalapan, pelengkap menu makanan sehari-hari. Mentimun, salah sayuran juga yang dikenal sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Kandungan potasium yang tinggilah yang membuat mentimun wajib masuk pada daftar pelengkap makanan Anda sehari-hari.

6 . Kentang

Kentang
Kentang

Kentang kaya akan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran ini juga mengandung zat kimia yang disebut kukoamines, yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, serat yang ditemukan dalam kentang dapat mengikat kolesterol dalam darah.

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf, yakni dengan menciptakan zat kimia otak, termasuk serotonindopamin, dan norepinephrine. Dengan kata lain, mengkonsumsi kentang akan membatu mengurunkan depresi dan stres.

Di lain pihak, karbohidrat di dalam kentang dapat mempertahankan tingkat glukosa yang diperlukan untuk menjaga kinerja otak. Kentang, salah satu sayuran berkarbohidrat dengan kandungan magnesium dan potasium yang tentunya bermanfaat bagi Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

7 . Kedelai

kacang kedelai
kacang kedelai

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial.

Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Kedelai memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dan tentunya sangat bermanfaat untuk mengontrol peredaran darah Anda.

8 . Seledri

Seledri
Seledri

Manfaat seledri sudah menjadi sahabat bagi para ibu rumah tangga. Daun seledri sering dijadikan bumbu penyedap dalam masakan berkuah, karena aromanya yang khas, dapat mengeluarkan aroma masakan hangat. Seledri juga sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan masakan saat penyajiannya.

Namun daun seledri biasanya tidak terlalu dipentingkan dalam penggunaannya, tidak seperti pada manfaat daun salam atau manfaat dau singkong yang difavoritkan untuk ditanam.

Seledri menjadi alternatif yang berguna juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Kandungan kalsium dan kalium lah yang menjadikan seledri bermanfaat untuk Anda penderita hipertensi.

Baca Juga : cara cepat menurunkan darah tinggi

Semoga anda terinspirasi dengan membaca artikel ini, dan selalu menjaga kesehatan Anda mengenai sayuran penurun darah tinggi. Semoga bermanfaat.

Komentar

News Feed