oleh

Rumus Persegi Panjang Lengkap dengan Soal dan Jawabannya

Persegi panjang adalah suatu bangun datar dengan sisi yang berjumlah empat. Pada bangun datar dua dimensi, persegi panjang ini memiliki sisi yang berhadapan dan memiliki ukuran yang sama. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai persegi panjang, Anda harus mengetahui rumus luas persegi panjang.

Perbedaan Persegi dan Persegi Panjang

Persegi panjang cukup berbeda dengan persegi. Jika pada persegi, keempat sisinya memiliki ukuran yang sama, sedangkan pada sisi persegi panjang, hanya sisi sejajar saja yang memiliki ukuran yang sama.

Secara umum, persegi panjang memiliki ukuran panjang rusuk yang berbeda pada kedua sisinya. Sisi atas dan sisi bawah akan memiliki ukuran yang berbeda dengan sisi kanan dan sisi kiri.

Ciri-ciri Persegi Panjang

Sebelum mengetahui rumus untuk mencari luas persegi panjang, mari mengenal lebih dekat mengenai bangun datar persegi panjang. Persegi panjang memiliki ciri-ciri yaitu memiliki sudut yang berbentuk siku-siku sebanyak empat buah. Selain itu, persegi panjang juga memiliki dua diagonal dengan panjang bagian yang sama.

Rumus Luas Persegi Panjang

Setelah mengetahui mengenai persegi panjang, berikut ini adalah rumus untuk mencari luas persegi panjang. Luas persegi panjang bisa dicari dengan mengalikan panjang dan lebar pada persegi panjang. Biasanya pada soal akan diketahui suatu persegi panjang dengan ukuran panjang dan lebar. Rumus tersebut bisa dituliskan sebagai berikut:

L = p x l

Keterangan:

L = Luas

p = panjang

l = lebar

Rumus Panjang dan Lebar

Selain rumus untuk mencari luas persegi panjang, tak jarang beberapa soal ditujukan untuk mencari panjang maupun lebar pada suatu persegi panjang. Berikut ini adalah rumus untuk mencari panjang dan lebar pada persegi panjang.

P = L : l

P = (K : 2) – l

Rumus mencari lebar

l = L : p

l = (K : 2) – p

Keterangan:

P = Panjang

l = lebar

L = luas

K = Keliling

  • Contoh Soal dan Pembahasan
  • Diketahui sebuah persegi panjang dengan ukuran panjang 18cm dan memiliki lebar 12cm. Berapakah luas dari persegi panjang tersebut?

Pembahasan:

Diketahui: p = 18cm; l = 12cm

Rumus luas persegi panjang: L = p x l

L = 18cm x 12cm

L = 216 cm2

Sehingga dengan menggunakan rumus mencari luas persegi panjang didapatkan bangun datar pada soal 1 memiliki luas 216cm2.

  • Diketahui suatu persegi panjang dengan luas 20cm2 dan memiliki panjang 5cm, berapakah lebar persegi panjang tersebut?

Pembahasan:

Diketahui: L = 20cm2 p = 5cm

Rumus mencari lebar persegi panjang: l = L : p

l = 20cm2 : 5

l =  4cm

Jadi, dengan menggunakan rumus mencari lebar didapatkan lebar suatu persegi panjang pada contoh soal nomor 2 yaitu 4cm.

  • Jika pada suatu persegi panjang yang memiliki ukuran lebar 3cm dan keliling 16cm, berapakah panjangnya?

Pembahasan:

Diketahui: l = 3cm, K = 16cm

Rumus menghitung panjang jika yang diketahui lebar dan keliling persegi panjangnya adalah sebagai berikut:

p = (K : 2) – l

maka: p = (16 : 2) – 3

p = 8 – 3

p = 5cm

Sehingga dapat disimpulkan dengan menghitung keliling pada persegi panjang dibagi dua dan dikurangi dengan lebar, panjang pada bidang persegi panjang tersebut yaitu 5cm.