Sebelum membahas tentang bagaimana cara perawatan wajah berjerawat, mari kita simak ulasan mengenai pengertian jerawat berikut ini. Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Disamping itu jerawat adalah penyakit yang cukup besar jumlah penderitanya. Seorang peneliti bernama Kligman peneliti jerawat ternama di dunia berpendapat “Tak ada satu orangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Penyebab jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang menjadi pemicu timbulnya  jerawat adalah pada masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB dan stres. Berikut beberapa perawat wajah yang wajib anda ketahui. (Baca Juga : cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami)

Perawatan Wajah Berjerawat Dengan Obat-Obatan

obat-obatan
Obat-obatan mengatasi jerawat

Masalah jerawat memang menjadi dilema, karena kita tidak dapat tampil maksimal jika ada jerawat diwajah kita. Untuk itu tak jarang orang menggunakan obat-obatan untuk menghilangkannnya, berikut cara perawatan menggunakan obat-obatan untuk mengatasi jerawat.

1 . Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide
Benzoyl Peroxide mengobati jerawat

Bahan yang satu ini rupanya sudah lama digunakan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Bahkan benzoyl peroxide menjadi bahan utama pada sejumlah salep atau krim khusus untuk jerawat. Dan dilansir dari halaman Web MD, benzoyl Peroxide ampuh dalam meredakan jerawat meradang ini menyasar bakteri yang ada pada kulit.

2 . Retinoid

Retinoid
Retinoid

Retinoid merupakan salah satu hasil olahan dari vitamin A. Vitamin A dalam retinoid dapat membuat jerawat hilang, sekaligus dapat menjadi perawatan untuk wajah. Sama seperti benzoyl peroxide obat-obatan yang mengandung retinoid juga sudah terjual bebas di pasaran. Tidak hanya ampuh untuk menangani jerawat, retinoid juga ampuh dalam menyingkirkan komedo.

Kendati demikian, ternyata penggunaan retinoid sebagai salah satu perawatan wajah berjerawat juga tidak boleh sembarang. Bagi Anda yang menggunakan krim dengan kandungan retinoid dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahri secara langsung. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat kulit terbakar. Tidak hanya itu saja, retinoid juga menyebabkan iritasi pada kulit yang diolesi bahan ini.

3 . Antibiotik

portalpintar.com antibiotik

Obat-obatan yang kerap digunakan sebagai antibiotic seperti erythromycin atau tetracycline ternyata juga dapat mengatasi masalah jerawat. Dilansir dari laman kesehatan milik Web MD, antibiotic dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat pada kulit. Tidak hanya itu saja, menggunakan antibioyik baik yang dikemas dalam bentuk pil atau krim ternyata ampuh dalam meredakan jerawat yang meradang.

Mengatasi  Jerawat Dengan Terapi Hormon

terapi hormon

Seperti yang telah diketahui, salah satu penyebab kulit berjerawat adalah ketidakstabilan hormon. Mengonsumsi obat-obatan di atas ternyata tidak dapat mengatasi jerawat tipe satu ini dengan maksimal. Tidak ada salahnya jika satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan terapi hormon. Cara perawatan wajah berjerawat dengan terapi hormon ini juga telah dianjurkan oleh para dermatologist.

Namun, perawatan wajah berjerawat dengan terapi hormon hanya dianjurkan untuk Anda yang mengalami sejumlah gejala seperti berikut. Misalnya saja mengalami penipisan rambut hingga mengalami menstruasi yang tidak teratur setiap bulannya. Fakta lainya, terapi hormon ternyata melibatkan penggunaan hormon estrogen dan pil KB yang mengandung progesterone dalam dosis rendah. (Baca juga: cara-menghilangkan-bekas-jerawat)

Menghilangkan Jerawat Dengan Menjaga Asupan Makanan

menjaga asupan makanan

1 . Diet Rendah Karbo

Diet rendah karbo

Bukan sembarang diet, kali ini Anda diharuskan untuk menjalani diet rendah karbohidrat. Pasalnya, salah satu penyebab jerawat yang muncul adalah makanan. Dilansir dari laman Prevention, ternyata mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Albert Lefkovits, MD yang merupakan direktur dari Park Avenue Center untuk Advanced Medical and Cosmetic Dermatology di New York jika diet rendah karbo ampuh mengatasi jerawat. Bahkan, Albert menegaskan jika pelaku diet satu ini mengurangi risiko terkena jerawat sebesar 22%.

2 . Membatasi Asupan Dairy Product

Makanan Dairy Protect

Berbeda lagi bagi Anda yang gemar menyantap makanan dari dairy product. Kendati mengandung protein yang cukup tinggi, terlalu sering mengonsumsi makanan satu ini tidaklah baik. Bahkan, dairy product tergolong ke dalam jenis makanan yang dapat memicu munculnya jerawat.

Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan di Harvard pada tahun 2006. Dalam penelitian tersebut terungkap jika anak perempuan yang meminum dua gelas susu atau lebih dalam sehari memiliki risiko lebih besar sebanyak 20% dibanding anak perempuan yang meminum susu tidak lebih dari satu gelas perminggunya.

3 . Mengurangi Garam

garam

Satu lagi yang harus Anda perhatikan jika ingin mengatasi masalah jerawat. Salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Pasalnya, garam menjadi salah satu pemicu jerawat. Perawatan wajah berjerawat satu ini bahkan sudah dianjurkan oleh para dermatologist di berbagai belahan dunia.

Hal ini lantaran sodium menjadi salah satu bahan yang dapat memperparah keadaan jerawat. Untuk itu anda dapat mengurangi asupan garam per harinya.

Perawatan Wajah Berjerawat Secara Alami

khasiat alami

1 . Minyak Tea Tree

Minyak Tea Tree

Salah satu bahan yang ampuh dan banyak direkomendasikan oleh para ahlinya untuk mengatasi jerawat adalah minyak tea tree. Sebagai tambahan informasi, perawatan wajah berjerawat dengan minyak tea tree bahkan sudah banyak dilakukan oleh banyak orang.

Hal ini lantaran minyak tea tree memiliki kandungan anti peradangan yang dapat meredakan jerawat meradang. Tidak hanya itu saja, minyak tea tree juga ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Kendati demikian, ternyata minyak tea tree juga menimbulkan efek samping seperti krim atau obat khusus jerawat.

Bahkan, efek kulit kering yang ditimbulkan karena pemakaian minyak tea tree lebih parah dibanding obat-obatan tersebut. Khasiat Minyak Tea Tree Tidak hanya mengatasi jerawat, minyak olahan yang terbuat dari tea tree juga dapat mengatasi infeksi jamur atau pun bakteri yang menyerang kuku.

 Tea tree oil pun juga kerap digunakan oleh penderita ringworm yang kerap menimbulkan senasi panas sekaligus gatal. Usut punya usut, khasiat tea tree oil tersebut berkaitan dengan kandungan bahan antibakterinya yang ampuh menyingkirkan bakteri penyebab penyakit.

 Tidak heran mengoleskan minyak tea tree pada area yang berjerawat akan membuat kondisinya lebih baik. Bahkan, mengoleskan tea tree oil secara rutin pada kulit yang berjerawat akan meredakan peradangan dan menghilangkan jerawat dalam waktu singkat.

 Tak hanya itu saja, ternyata penggunaan tea tree oil ini juga aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitive karena mengandung bahan non-allergic.

Cara Penggunaan yang Tepat

Bagi Anda yang tertarik menggunakan minyak tea tree untuk mengatasi dan mengobati jerawat, tidak ada salahnya untuk mengetahui dosis yang tepat agar hasilnya lebih optimal. Dilansir dari laman kesehatan Web MD, Anda dianjurkan untuk mengoleskan gel tea tree dengan dosis 5%.

Terkait dengan dosis tersebut, ternyata minyak tea tree memberikan efek yang sama dengan penggunaan benzoyl peroxide dengan dosis 5%. Kendati hasil yang ditunjukkan lebih lambat dibandingkan dengan penggunaan benzoyl peroxide, tea tree oil tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

2 . Green Tea

Glass cups with green tea and tea leaves isolated on white.

Sebagian dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan green tea. Green tea alias teh hijau merupakan teh khusus yang berasal dari Jepang. Green tea sendiri diklaim memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tidak heran jika green tea juga kerap digunakan sebagai bahan dalam perawatan wajah berjerawat secara alami.

Tidak hanya itu saja, green tea juga mengandung bahan anti bakteri dan mikroba yang dapat menjaga kebersihan kulit wajah. Anda dapat menggunakan skin care yang mengandung green tea atau pun menggunakan green tea kantongan atau bubuk.

 Jika menggunakan green tea celup atau bubuk, cukup encerkan dengan sedikit air hingga teksturnya seperti pasta. Selanjutnya, oleskan pasta tersebut pada area yang berjerawat selama beberapa jam dan bilas hingga bersih. Khasiat Green Tea Bicara soal green tea, tanaman satu ini ternyata memiliki beragam khasiat.

Mulai dari mengatasi penyakit kronis seperti kanker hingga merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Bicara soal kesehatan kulit, green tea yang kaya akan antioksidan tentu memiliki beragam khasiat. Tidak hanya mencegah efek negatif dari radikal bebas, mengonsumsi atau bahkan menggunakan produk yang mengandung green tea juga menjadikan kulit terlihat lebih segar.

Selain itu, green tea juga memiliki kandungan bahan aktif yang ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Sebagai tambahan informasi, green tea mengandung catechin, bahan aktif yang berfungsi sebagai antimikrobakterial.

 Tidak hanya itu saja, catechin juga ampuh dalam membasmi bakteri penyebab jerawat. Dilansir dari laman Stylecraze, green tea juga memiliki bahan anti peradangan yang.

Tips Menggunakan Green Tea

Selain mengonsumsinya dalam bentuk seduhan teh, kamu juga dapat menggunakan green tea sebagai toner alami. Seperti yang telah diketahui, toner merupakan salah satu skincare yang menjaga kebersihan dan kesegaran kulit.

Menggunakan toner berbahan green tea tidak hanya menjadikan kulit lebih segar. Namun, juga ampuh menjaga kebersihan kulit terutama dari bakteri dan mikroba penyebab jerawat. Anda hanya perlu membuat toner alami ini dari green tea yang telah diseduh dengan air mineral. Masukkan ke dalam botol khusus dan simpan di lemari es agar lebih awet.

3 . Madu

madu asli

Sebagai tambahan informasi, madu merupakan salah satu bahan yang dikenal akan beragam nutrisi dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu saja, madu juga terkenal akan kandungan anti bakteri yang baik dalam mengusir bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan moisturizer alami dalam madu juga ampuh dalam melembapkan kulit secara optimal.

Madu merupakan bahan alami yang dipercaya mengandung beragam bahan aktif dan bernutrisi untuk sel-sel kulit. Bahkan, madu sudah sejak lama digunakan sebagai bahan utama atau pun campuran dalam sejumlah perawatan kulit wajah dan tubuh.

Terkait dengan hal tersebut, ternyata madu memang memiliki sejumlah bahan aktif yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Sebut saja seperti antioksidan, moisturizer hingga anti bakteri yang ada di dalam madu.

Meredakan Jerawat Meradang

Manfaat penggunaan madu pada kulit yang berjerawat ternyata juga ampuh dalam meredakan peradangan. Apalagi, madu juga mengandung bahan antibakteri yang akan menjadikan kulit lebih steril dari bakteri.

Kondisi yang demikian tentu saja akan menegah jerawat mengalami iritasi atau pun infeksi yang lebih parah. Bagi kamu yang tertarik mencoba cara satu ini, banyak ahli yang menyarankan untuk menggunakan raw honey dibanding madu kemasan.

4 . Daun Mint

Daun Mint Cara sehat menghilangkan jerawat

Daun yang kerap digunakan sebagai pelengkap dalam sejumlah sajian ini memang memberikan sensasi rasa dingin. Namun, siapa yang menyangka jika rasa dingin tersebut juga ampuh dalam meredakan jerawat yang sedang meradang.

Dilansir dari laman Readers’ Digest, daun mint merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan dalam perawatan wajah berjerawat. Selain itu, penggunaan masker dari daun mint juga ampuh dalam mengurangi produksi minyak berlebih.

Khasiat Daun Mint

Daun yang kerap digunakan sebagai tambahan dalam sejumlah sajian ini memang memiliki rasa yang dingin menyegarkan. Bahkan, daun mint  juga kerap digunakan sebagai campuran dari sejumlah obat-obatan.

Salah satu khasiat dari daun mint adalah membersihkan kulit, terutama dari bekas jerawat yang membandel. Sebagai tambahan informasi, kandungan bahan anti jerawat yang ada di dalam daun mint ternyata ampuh dalam mengeringkan jerawat yang sudah meradang. Selain itu daun mint juga dapat menghalau radikal bebas.

5 . Bunga Echinacea

Jenis bunga satu ini rupanya sudah dikenal sebagai salah satu bahan obat herbal. Bahkan, bunga Echinacea kerap digunakan untuk mengatasi dan mengobati penyakit flu. Namun, bunga Echinacea juga dapat dijadikan salah satu bahan ampuh dalam perawatan wajah berjerawat.

Pasalnya, Echinacea memiliki kandungan bahan anti bakteri dan anti peradangan yang dapat menjadikan kulit lebih bersih dan sehat. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membasuh wajah berjerawat dengan air rendaman teh Echinacea sebanyak dua kali dalam sehari.

Pengobatan Tradisional

Bunga Echinacea sendiri sudah sejak lama dikenal oleh para penduduk asli America sebagai salah satu obat herbal untuk menangani beragam masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Tidak heran jika banyak dari penduduk yang juga memanfaatkannya dalam mengatasi masalah jerawat.

Sebagai tambahan informasi, penggunaan bunga Echinacea dalam mengatasi masalah jerawat ternyata ampuh dalam merapatkan kembali pori-pori kulit. Tidak hanya itu saja, penggunaan bunga Echinacea juga mencegah jerawat semakin meradang.

Konsultasikan Terlebih Dahulu

Kendati dikenal sebagai salah satu obat herbal tradisional, ternyata pengunaan bunga Echinacea tidak boleh sembarangan. Anda diminta untuk mengonsultasikannya dengan dokter untuk menghindari risiko yang serius.

Apalagi jika Anda saat ini tengah mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu atau baru saja menjalani operasi. Dilansir dari laman kesehatan Livestrong, pasien yang baru saja menjalani operasi transplantasi organ dilarang keras mengonsumsi ramuan atau pun obat yang berbahan bunga satu ini.

Selain itu, produk yang berbahan dasar bunga Echinacea juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil atau pun yang tengah menyusui.

Tambahan khusus, bagi Anda yang saat ini tengah menderita kanker, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi bunga Echinacea untuk mengatasi masalah jerawat. Hal ini rupanya dilakukan untuk menghindari adanya efek yang dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda.

6 . Witch Hazel

Witch Hazel

Tanaman lain yang dapat membantu Anda dalam perawatan wajah berjerawat adalah witch hazel. Tanaman yang juga termasuk ke dalam obat herbal ini ternyata bersifat sebagai astringen alami. Fungsi astringen sendiri ternyata dapat mengeringkan jerawat yang matang lebih cepat.

Tidak hanya itu, membasuhkan air rendaman witch hazel juga efektik dalam menyusutkan jerawat yang meradang lebih cepat.

7 . Lemon

lemon

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah satu ini? Lemon bahkan kerap dianjurkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan lantaran kandungan vitamin C dan antioksidannya yang cukup tinggi. Tidak heran jika banyak perawatan wajah berjerawat yang akhirnya juga menggunakan lemon.

Namun, siapa yang menyangka jika lemon tidak hanya menjadikan jerawat memudar lebih cepat. Lemon juga ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat hingga mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, lemon ternyata juga dapat menjaga kulit Anda tetap bersih dari ancaman bakteri penyebab jerawat. ( Baca juga : www.portalpintar.com/cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami )

 

(Sumber: sehatly)

Komentar

News Feed