oleh

Pentingnya Mengganti Oli Mesin Kendaraan Secara Berkala

Mesin merupakan komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Untuk mendapatkan performa mesin yang optimal, Anda harus merawatnya dengan baik. Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga performa mesin adalah mengganti oli secara berkala. Fungsi oli yaitu untuk menjaga mesin dari gesekan komponen-komponen di dalamnya saat sedang bekerja. Dengan adanya oli tersebut, mesin akan tetap bekerja dengan baik dan bagian lain di dalam kendaraan tidak akan rusak. Fungsi oli mesin yang cukup krusial membuat Anda harus menggantinya secara berkala agar performa mesin tetap terjaga.

Pentingnya Mengganti Oli Mesin Kendaraan Anda

Tidak sedikit orang yang merasa malas untuk mengganti oli kendaraanya selama belum ada kerusakan berarti misalnya mogok, performa menurun, atau yang lainnya. Hal tersebut sebenarnya harus Anda hindari karena mengganti oli dalam jangka waktu yang lama dapat merusak mesin sehingga berakibat pada kerusakan kendaraan. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus mengganti oli secara berkala:

  1. Menjaga Suara dari Mesin

Oli mesin yang terlambat diganti akan berubah warna menjadi kehitaman dimana sebelumnya berwarna kuning. Oli yang sudah menghitam tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik saat menempel pada onderdil mesin sehingga gesekan mesin yang terjadi akan menyebabkan aus. Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama dan tidak segera diganti maka beberapa komponen mesin akan retak atau berkarat jadi suara yang dihasilkan lebih berisik. Suara yang berisik tersebut akan terasa mendengkur jika berada di jalanan sehingga menyebabkan kendaraan Anda tidak lagi nyaman untuk digunakan.

  1. Meningkatkan Ketahanan Onderdil Mesin

Oli sebagai pelumas komponen mesin yang bergesekan saat sedang bekerja merupakan peran yang sangat penting. Jika oli tidak diganti secara berkala maka komponen yang bergesekan tersebut tidak memiliki pelumas sehingga bisa menimbulkan kerusakan. Mengganti oli mesin secara berkala akan membantu Anda menjaga ketahanan onderdil karena proses pelumasan komponen mesin terjadi tanpa henti. Dengan begitu onderdil mesin tidak akan mudah aus dan berkarat sehingga memiliki umur yang lebih panjang. Jadi Anda tidak perlu mengganti onderdil yang memiliki harga lebih mahal dibanding oli.

  1. Mencegah Mesin Berkarat

Oli sebagai pelumas dapat mencegah terjadinya karat pada onderdil atau komponen kendaraan sehingga lebih awet dan dapat bekerja dengan baik. Karat dapat menurunkan performa dari mesin kendaraan Anda. Selain itu, komponen mesin yang berkarat biasanya mudah rusak atau patah. Dengan mengganti oli secara berkala Anda bisa lebih hemat karena tidak perlu service mesin kendaraan lagi. Buatlah jadwal penggantian oli secara rutin untuk menghindari masalah yang lebih parah.

  1. Menjaga Performa Mesin

Anda harus mengganti oli mesin secara berkala dalam tiga bulan sekali atau 5000 km dari angka speedometer kendaraan. Oli yang baru dapat menunjang kinerja mesin sehingga performa kendaraan akan terasa jauh lebih baik. Dengan performa yang baik tersebut Anda bisa menggunakan kendaraan untuk aktivitas yang lebih berat tanpa takut terjadi masalah di jalanan. Berbeda jika Anda tidak sering mengganti oli maka performa kendaraan menurun sehingga sulit untuk diajak beraktivitas panjang.

Itulah pentingnya mengganti oli mesin secara berkala untuk berbagai jenis kendaraan Anda. Selain mengganti oli secara berkala, Anda juga harus memilih oli berkualitas untuk menjaga performa mesin kendaraan tetap baik. Rekomendasi oli terbaik untuk kendaraan Anda adalah oli Mobil. Ada berbagai macam oli untuk berbagai macam kendaraan Anda. Kunjungi mobil.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap dan melakukan pemesanan.

Komentar

News Feed