oleh

Pengertian, Fungsi dan Manfaat NFT

Baru-baru ini pemuda bernama Ghozali telah mengejutkan publik lantaran bisa mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah berkat bisnisnya melalui NFT. Lantas, apa itu NFT?

NFT adalah kepanjangan dari non-fungible token, yakni merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata. Adapun beberapa contoh dari NFT diantaranya adalah video pendek, lukisan, seni musik, item dalam game, dan lain sebagainya.

Adapun sistem transaksi jual beli NFT adalah dengan cara online dengan menggunakan Cryptocurrency (uang mata kripto) sebagai salah satu mata uang yang digunakannya.

Secara sederhanya NFT bisa diartikan sebagai aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukar. Dan setiap produk NFT memiliki data catatan transaksi yang berada di dalam blockhain. Dimana, data tersebut menginformasikan tentang siapa pembuatnya, harga, dan histori kepemilikan.

Perbedaan NFT Dengan Aset Kripto Lainnya

Dalam hal ini, NFT memiliki bentuk, tujuan, dan penggunaan yang berbeda daripada aset lainnya, misalnya Bitcoin. Soalnya, tiap-tiap NFT hanya dibuat sekali saja dan tidak bisa ditukarkan atau diperdagangkan dengan barang lain. 

Selain itu, NFT mempunyai data unik seperti sidik jari yang bekerja guna memudahkan verifikasi pemiliknya. Bukan hanya itu, pemilik NFT juga dapat menyimpan informasi tertentu seperti membubuhkan tanda tangan pada karya seni mereka dengan memasukkannya ke dalam metadata NFT.

Produk NFT juga sangat terbatas, dan kepemilikannya bersifat mutlak. Dimana, pemiliknya adalah satunya-satunya pihak yang mempunyai karya orisinil NFT walaupun ia memiliki hak cipta untuk memperbanyak hasil karyanya tersebut. Sejatinya, pemilik NFT mempunyai hak milik penuh.

Bukan hanya itu, NFT juga tidak bisa dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil, seperti sathosi BTC atau wei ETH. Soalnya, mereka ada sebagai suatu keseluruhan secara eksklusif.

Fungi NFT

Lantas, apa fungsi NFT? Ada beberapa fungsi dari NFT sebagai berikut ini:

  • Industri Seni

Dalam hal ini, karakteristik serta keunikan NFT akan mengevaluasi kembali sektor seni digital. Selain itu, NFT juga menawarkan keamanan yang dibutuhkan pengguna untuk karya yang dipubilkasikan secara online. Yang mana, konten bisa disebar bebas serta bisa diklaim dengan mudah oleh pihak lain, yang tentunya bisa merugikan orang yang membuatnya.

  • Bisnis

Selain industri seni, NFT juga bermanfaat untuk bisnis properti, aset, lisensi dan olahraga. Pasalnya, dengan adanya NFT sehingga setiap transaksi yang terjadi akan tercatat di dalam blockchain. Dengan demikian, dapat meminimalisir terjadinya pencurian, penipuan dan kehilangan aset.

  • Hobi dan Hiburan

Fungsi NFT dalam sektor hiburan dan hobi cukup banyak. Dengan adanya NFT anda bisa menyaksikan cuplikan-cuplikan dari NBA Top Shot, Kucing virtual daari CryptoKitties, dan avatar-avatar unik dari CryptoPunks, serta CryptoKiites dan Axie Infinity.

Manfaat NFT

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa NFT saat ini sedang ramai diperbincangkan di seluruh dunia, khusunya di Indonesia. Sehingga tidak heran, kepopuleran NFT menjadikan semua orang penasaran dan ingin berusaha untuk mendapatkannya.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, sebab NFT memiliki banya manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Salah satu manfaat NFT adalah dapat mempermudah content creator maupun artis guna mempromosikan serta menjual karya-karya digitalnya. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan komisi dari setiap aset NFT yang dijual dan berpindah kepemilikan semakin besar. Itulah yang dialami oleh Ghozali sang miliarder dadakan dari Indonesia.