oleh

Pengertian dan Manfaat Deposito Bank

Dalam dunia perbankan deposito bukanlah kata yang asing, tapi selama ini kita hanya tahu tentang menabung dan juga meminjam uang, tanpa kita ketahui bahwa dalam dunia perbankan ada yang namanya deposito, apa sih deposito? Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikan hanya di lakukan pada waktu waktu tertentu, apa bila dana di ambil sebelum waktu yang telah di tentukan maka siap siap untuk terkena denda penalti.

Ciri khas deposito, deposito memiliki ciri ciri yang dapat anda kenali, berikut ini adalah beberapa ciri khas dari deposito, di antaranya yaitu:

  1. Jangka waktu, seperti kita bahas pada pengertian deposito, deposito memiliki jangka waktu baik untuk penyetoran ataupun penarikannya, biasanya nasabah akan di berikan oposisi untuk jangka waktu mulai dari 1,3,6,12 atau 24 bulan, jangka waktu ini sangat penting untuk kita perhatikan, karena ini akan menentukan bagaimana kita menggunakan simpanan kita.
  2. Dana seoran yang kecil, di dunia perbankan ketika anda membuat atau membuka rekening di bank maka ada batas setoran minimal yang harus di bayar untuk pertama kali, begitu juga dengan deposito, ada setoran minimal yang harus di bayarkan, biasanya deposito menyarankan untuk setoran minimal senilai 5 juta rupiah, tapi itu juga tergantung kebijakan bank masing-masing.
  3. Bunga deposito, bunga yang ada pada deposito memiliki bunga yang lebih tinggi di bandingkan dengan tabungan, hal ini sangat masuk akal karena menyangkut masalah jangka waktu yang di berikan.
  4. Pencarian dana, pencarian dana dalam deposito tidak di lakukan dengan sembarangan, setelah Anda menentukan jangka waktu yang telah di tawarkan, maka pencarian dana deposito harus sesuai dengan jangka waktu tersebut.
  5. Kena pajak, deposito merupakan produk kena pajak, sehingga keuntungan yang anda peroleh di kenakan pemotongan pajak yang besarnya hingga 20 persen keuntungan anda.

Selain dari pada ciri khas deposito saya juga akan membahas tentang manfaat dari deposito, dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda melakukan deposito, di antaranya yaitu:

  • Suku bunga yang lebih besar, produk keuangan ini menjamin suku bunga yang lebih besar di bandingkan dengan tabungan pada umumnya, sebagai gambaran, biasanya tabungan biasa memiliki suku bunga rata rata hanya 2,05% sedangkan deposito sudah mencapai 3,5 %.
  • Memiliki tingkat resiko yang rendah, deposito memiliki tingkat resiko yang rendah, hal ini yang menjadi alasan para investor pemula menggunakan deposito. Selain menjamin suku bunga yang besar deposito juga terbilang memiliki resiko yang rendah.
  • Memiliki jaminan keamanan, tentunya ketika kita menginvestasikan uang, kita selalu khawatir uang kita akan di bawa kabur oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab, tapi tidak usah khawatir dalam produk deposito ini memberikan jaminan keamanan yang di idamkan oleh investor, karena uang yang di masukan ke dalam deposito di jamin oleh lembaga penjamin simpanan.
  • Kemudahan akses terhadap bunga, salah satu manfaat yang di idamkan oleh para investor yaitu mengenai bunga, hal ini bisa menjadi tambahan penghasilan pasif, bukan hanya itu deposito juga memberikan penghasilan lainnya.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari produk deposito, ayo gabung bersama kami HSBC dengan dengan suku bunga deposito bank sampai dengan 3,5 persen, semoga bermanfaat.

Komentar

News Feed