oleh

Pengertian dan Kegunaan Domain yang Perlu Anda Ketahui

Untuk Anda yang  baru memasuki dunia website dan hosting, pastinya nama domain masih sangat asing di telinga anda, di dalam dunia internet atau website domain sangat di perlukan, pada dasarnya domain di asumsikan sebagai alamat fisik, sebagai contoh, navigasi satelit membutuhkan nama jalan atau kode pos untuk sistem dapat menyediakan arah, ini sama dengan Wet browser yang membutuhkan nama domain untuk mengarahkan anda atau para pengunjung ke website, bagaimana sudah jelas tentang apa itu domain? Masih kurang jelas saya akan bahas kembali.

Ok pada dasarnya nama domain terdiri dari dua elemen utama yaitu, nama website dan juga nama ekstensi nama domain, contohnya domainesia.com “domanesia” sebagai nama website dan “.com” adalah nama domain. Pada saat anda membeli nama domain maka anda bisa membuat atau menentukan server, guna nama domain bisa di arahkan.

Nah untuk kamu yang ingin membeli nama domain untuk website, Anda bisa beli di www.domainesia.com, setiap website yang anda buat harus memiliki dua elemen utama yaitu: nama domain dan juga Wet server. Nama domain dapat mengarahkan pengunjung untuk mencari website Anda, tanpa nama domain para pengunjung akan akan menuliskan alamat IP server di mesin pencari untuk mengakses situs anda dan tentunya hal ini sangat merepotkan. Dan Wet server adalah mesin fisik untuk menyimpan file dan juga database yang menyusun website Anda dan menampilkannya kepada para pengunjung situs Anda.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari domain, di antaranya yaitu:

  1. Domain sebagai wakil identitas pemilik website, nama domain bisa di jadikan wakil identitas nama pemilik website. Karena dalam nama domain akan memuat info tentang website tersebut seperti tanggal pembuatan, nama pembuat dari website dan lain sebagainya, dan hal ini bisa di jadikan sebagai wakil identitas anda.
  2. Domain sebagai identitas dari kegiatan organisasi atau individu, nama domain bukan hanya bisa di jadikan wakil identitas dari pemilik website, nama domain di sini juga bisa sebagai identitas dari bentuk kegiatan organisasi.
  3. Domain sebagai nama unik untuk situs atau website anda, dalam pengertian di atas, nama domain bisa menggantikan alat IP website Anda, coba tuliskan alamat IP sebuah server dan juga dalam tab berikutnya tuliskan nama domain dari website yang sama dan lakukan penelusuran, apakah hasilnya sama dan pastinya akan sama.

Itulah beberapa fungsi utama dari pada nama domain, tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk website Anda lebih mudah di akses dan juga dapat memberikan peluang g banyak untuk website Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung. Berikutnya yaitu fungsi dari Wet server, di bawah ini adalah beberapa fungsi dari pada web server.

Fungsi yang utama yang di miliki Web server yaitu untuk melakukan atau mentransfer berkat atau data permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah di tentukan, permintaan tersebut terdiri dari berkas video, file, gambar, berkas teks dan lain sebagainya, server ini dapat di manfaatkan untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman Wet termasuk yang berupa gambar, video dan file-file lainnya.

Itulah beberapa ulasan tentang nama domain dan juga Web server, cara juga informasi lainnya membuat daftar isi dengan mudah dan cepat otomatis. Semoga bermanfaat.

Komentar

News Feed