oleh

Obat Sembelit dan Susah Bab, Obat Polip Hidung Modexa

Kenali Pemicu Sembelit Yang Jarang Diketahui

Kebanyakan orang menilai bahwa sembelit, konstipasi atau susah buang air besar disebabkan oleh kurangnya asupan serat dalam tubuh seseorang. Padahal selain itu, banyak pemicu yang mengakibatkan seseorang menderita penyakit tersebut. Walau sudah banyak beredar obat sembelit dan susah BAB, tapi tak ada salahnya mengetahui apa saja pemicu penyakit tersebut agar Anda bisa menghindarinya.

4 Hal Ini Membuat Sembelit Rentan Terjadi

Kalau Anda mengalami salah satu dari empat kondisi ini, maka jangan kaget jika beberapa waktu ke depan sembelit menyerang. Pertama yaitu sering mengkonsumsi obat tertentu seperti obat maag, atau nyeri lambung, kedua sedang mengalami stress atau kecemasan yang meningkat, ketiga pola hidup tidak sehat, dan terakhir adalah sering menunda buang air besar.

  1. Mengkonsumsi Obat

Pada kondisi penyakit tertentu seperti nyeri lambung atau infeksi, penderita akan mengkonsumsi obat khusus yang mengandung zat penghambat BAB. Alhasil, sembelitpun datang bahkan hingga berhari-hari. Jika sudah semakin parah, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

  1. Stress dan Cemas

Ketika banyak pekerjaan menumpuk, ada masalah keluarga, mendapatkan pelecehan dari orang lain atau berbagai masalah psikologis lainnya, akan berdampak pada sistem pencernaan terutama poses BAB. Sebab metabolisme tubuh terganggu akibat kinerja otak yang tidak stabil.

  1. Pola Hidup Buruk

Suka merokok, mengkonsumsi minuman keras, kurang istirahat, tidak pernah olahraga merupakan hal-hal yang jadi alasan seseorang sering mengalami sembelit. Sebab hal-hal tersebut memicu terhambatnya sistem pencernaan dan berujung pada kondisi susah BAB.

  1. Sering Tunda BAB

Menunda BAB juga memicu sembelit, karena proses pembuangan ampas makanan dalam usus menuju anus terganggu. Sebagai ilustrasi, ketika Anda flu maka ingus merupakan cairan yang sering keluar dari hidung, jika ditahan maka akan menyebabkan pembengkakan tulang hidung atau polip yang akhirnya harus diobati dengan obat polip hidung modexa hingga operasi.

Begitu juga saat Anda menahan BAB, dimana akan terdapat penumpukan ampas makanan yang berakibat pada kondisi anus dan tulang pinggul yang jadi bermasalah dan sulit mengeluarkan tinja.

Setelah mengetahui faktor yang memicu terjadinya sembelit atau susah BAB, alangkah baiknya Anda menghindari hal-hal tersebut, sehingga BAB tetap lancar. Jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dan menjaga pola hidup tetap sehat, agar sembelit tak mudah menyerang.

Komentar

News Feed