oleh

Mengenal Manfaat Omnichannel untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

Saat ini perkembangan teknologi semakin maju, aktivitas berbelanja konsumen pun ikut berubah, dimana mereka semakin cermat dan jeli dalam membeli produk. Perilaku konsumen ini sangat berpengaruh terhadap pebisnis, khususnya yang menjalankan bisnis online. Untuk mengimbangi hal ini, Anda bisa menggunakan platform omnichannel dan rasakan manfaat omnichannel.

Bagi Anda yang masih baru merintis usaha, mungkin bertanya apa itu Omnichannel? Omnichannel adalah sistem bisnis yang menghubungkan beberapa channel penjualan, tujuannya yaitu memudahkan pelanggan dalam berbelanja serta meningkatkan pengalaman belanja mereka. Misalnya, seorang konsumen berkunjung ke toko online Anda di internet, mereka dapat mengakses katalog, memesan melalui WhatsApp, mengklik marketplace lainnya, social media marketing dan lainnya.

Manfaat Omnichannel untuk Mengoptimalkan Bisnis Online

Dengan menggunakan Omnichannel maka informasi produk atau data pelanggan bisa dikumpulkan dalam satu tempat dan selaras dengan masing-masing channel, sehingga pelanggan dapat mengeksplor di channel mana pun. Hal tersebut dapat mengoptimalkan bisnis online yang Anda jalankan. Adapun berikut ini merupakan beberapa manfaat omnichannel, di antaranya yaitu:

  1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan menggunakan omnichannel, maka bisnis online akan lebih produktif. Dimana kamu tidak perlu lagi memantau atau melayani transaksi di setiap laporan penjualan satu persatu, karena dengan teknologi omnichannel kamu dapat melakukannya dengan mudah. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih fokus dan produktif membangun usaha.

  1. Mendorong Traffic dan Penjualan

Manfaat omnichannel selanjutnya yaitu traffic dan penjualan akan meningkat. Karena konsumen bisa mengakses toko online melalui apa saja, sehingga memudahkan mereka dalam membeli produk yang dijual. Teknologi omnichannel  juga memudahkan Anda untuk melihat ketersediaan stok, mengakses informasi mengenai platform belanja yang disukai konsumen data juga akan terupdate kepada konsumen.

Berdasarkan beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan omnichannel dapat menghasilkan konsumen berbelanja yang lebih tinggi 15 sampai 30% dibandingkan dengan satu platform. Studi yang dilakukan Google dan beberapa lembaga riset lainnya juga menunjukkan sebanyak 75% konsumen cenderung mengunjungi toko yang mereka temukan secara online di web. Maka tidak heran jika online channel dapat mendorong trafik dan penjualan.

  1. Mengelola Penjualan Melalui Sistem Manajemen Digital

Dengan menggunakan genie omni-channel, Anda bisa mengelola penjualan melalui sistem manajemen digital, di mana database dan membership pelanggan terhubung secara menyeluruh. Cara kerja Omnichannel di platform genie juga dapat memantau laporan dengan menyesuaikan data keuntungan serta laporan pelanggan.

  1. Data yang Lebih Komprehensif

Dengan banyaknya platform penjualan yang digunakan, Anda harus mengumpulkan dan menganalisis banyak data untuk memahami pelanggan. Semakin banyak informasi yang bisa Anda dapatkan, semakin mudah untuk memahami target audiens mulai dari kebiasaan atau perilaku, preferensi dan demografi mereka.

Melalui omnichannel platform, seperti Genie, Anda bisa mendapatkan data yang lebih komprehensif, karena anda bisa membandingkan serta mengakses data antar platform penjualan. Bukan hanya itu, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang lebih personal kepada para pembeli. Misalnya, melalui data Anda dapat mengetahui preferensi pelanggan, Sehingga Anda lebih mengetahui apa yang disuka dan dibutuhkan pelanggan dan merekomendasikan sesuai yang dibutuhkannya.

Itulah beberapa manfaat Omnichannel untuk mengoptimalkan bisnis online. Anda bisa menggunakan Genie, platform Omnichannel dengan sistem All-in-One yang berbasis cloud dan menyediakan rangkaian lengkap manajemen ritel e-commerce. Sistem ini bagus untuk meningkatkan penjualan serta efisiensi kerja online dan offline. Genie Omnichannel membantu Anda meningkatkan penjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem.

News Feed