oleh

Mengenal Cefixime dari Pengertian Sampai Dosis Pemakaiannya

Bagi Anda yang sudah berada dalam dunia kesehatan tentu saja paham dengan obat yang disebut dengan cefixime. Ini merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam infeksi bakteri yang tumbuh akibat beberapa masalah. Jadi obat tersebut bekerja secara keras untuk menghentikan perkembangan dan pertumbuhan dari bakteri yang dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan Anda. Bagaimana, penasaran dengan khasiat dan cara penggunaan obat tersebut? Secara lengkap akan diulas melalui artikel berikut ini!

Cefixime merupakan jenis obat yang dapat dikonsumsi sebelum dan juga sesudah makan sesuai dengan petunjuk dari dokter. Umumnya untuk dosis penggunaan bisa disesuaikan seperti apa baik anak maupun dewasa. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai dosis penggunaan yang sesuai dengan jenis penyakit seperti:

  1. Untuk masalah infeksi saluran kencing yang dialami oleh mereka orang dewasa umumnya diminum setiap 12 jam sekali. Ukuran yang digunakan sendiri sangat beragam, mulai dari 400 mg ataupun yang lebih kecil 200 mg.
  2. Lalu untuk penderita otitis media, bisa dikunyah secara langsung ataupun melalui larutkan air. Tidak berbeda dengan sebelumnya, jenis ini juga diminum 12 jam sekali dalam beberapa jenis ukuran yang dapat disesuaikan.
  3. Selanjutnya bagi para penderita radang amandel atau radang tenggorokan, tidak berbeda dengan sebelum-sebelumnya.
  4. Penggunaan jenis obat tersebut juga bisa digunakan bagi mereka yang menderita masalah kesehatan seperti bronkitis yang sudah akut. Tetapi untuk lebih baiknya melihat saran dan juga rekomendasi dari dokter terlebih dahulu.
  5. Lalu masalah pada bagian serviks ataupun uretra ringan juga bisa minum jenis obat yang khusus untuk infeksi ini. Tetapi untuk penggunaan dosis sekali minum hanya 400 mg, kembali lagi melihat saran dokter.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui dari jenis obat Cefixime yang memang cukup familiar sekali di masyarakat ataupun dunia kesehatan. Setelah membahas mengenai dosis dan beberapa cara penggunaan seperti diatas, Anda perlu paham juga beberapa efek samping yang bisa didapatkan setelah mengkonsumsi jenis obat tersebut seperti adanya gatal-gatal, kesulitan bernafas, pembengkakan wajah, lidah, tenggorokan, bibir dan lain sebagainya. Jika sudah seperti itu tentu saja Anda sebagai orang yang mengkonsumsi tidak perlu cemas.

Tetapi ada saatnya untuk menghubungi dokter ketika sudah muncul beberapa masalah seperti diare atau berdarah, demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, mengelupas bagian kulit, melepuh, mati rasa, kulit terasa hangat, kaki dan tangan membengkak dan lain sebagainya. Karena dokter akan lebih paham seperti apa cara penanganan yang tepat setelah mengalami masalah tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut dan lebih jelas bisa langsung konsultasikan dengan dokter ahli. Sekian, terima kasih.

Komentar

News Feed