oleh

Mempersiapkan Generasi Maju Maksimalkan Masa Keemasan

Generasi maju, ini merupakan sebagai salah satu istilah yang disematkan untuk anak di era milenial seperti sekarang ini, dalam fase keemasan anak tentu saja orang tua bisa memberikan berbagai stimulus yang baik, untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi bisa di lihat disini https://www.generasimaju.co.id/pertumbuhan-dan-perkembangan-bayi-di-periode-emas.

Berbicara mengenai masalah stimulasi jaringan otak tentunya hal ini sangatlah penting sekali selama periode emas di kecil. Dengan semakin banyaknya stimulasi yang ibu berikan kepada si kecil, tentunya jaringan otak juga akan berkembang dengan sangat baik mencapai 80% pada usia 3 tahun.  Namun akan sebaliknya kalai si kecil tidak pernah diberikan stimulasi yang cukup, maka jaringan otaknya akan mengecil sehingga mengenai masalah fungsi otak juga akan menurun. Sehingga hal ini menjadikan perkembangan si kecil menjadi sangat terhambat. Adanya stimulasi yang kurang untuk si kecil akan dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan otak.

Generasi Maju

Untuk Anda kini para orang tua tentunya sangat penting untuk mengetahui pendampingan anak tersebut dari masa ke masa, diantaranya yaitu:

  1. Usia 0 – 4 Bulan

Pada fase ini ibu sangat disarankan untuk sering menimbang dengan kasih sayang. Ibunda bisa menggantungkan benda yang memiliki warna cerah yang bergerak dan dalam hal ini tentunya juga bisa dilihat oleh si Kecil. Kemudian budan juga harus mengajak si Kecil tersenyum, bicara, serta mendengarkan musik.

  1. Usia 4-6 Bulan

Pada fase ini sikecil akan sering tengkurapan, Anda bisa menggerakkan benda ke kiri dan ke kanan di depan matanya. Nah untuk melatih pendengaran bayi maka ibu bisa memberikan perdengaran dengan berbagai bunyi-bunyian. Tak lupa bunda juga bisa memberi mainan benda yang besar dan berwarna.

  1. Usia 6-12 Bulan

Pada fase ini ibu bisa mengajari si kecil untuk duduk, ajak bermain missal seperti ciluk ba, kemudian bisa juga ajari memegang dan makan biscuit, kemudian ajari memegang dua jari, berdiri berjalan dan berpegangan dan jangan lupa untuk mengajari bicara sesering mungkin. Pada fase ini berikan mainan yang aman untuk dipukul.

  1. Usia 1 – 2 Tahun

Mengajari anak berjalan pada undakan atau pada tangga, dan jangan lupa untuk mengajaknya untuk membersihkan meja serta menyapu, membereskan mainannya, ajari mencoret-coret, menyebut bagian tubuhnya, bernyanyi, baca cerita, ajak bermain. Dalam fase ini yaitu mengenalkan anak dengan hal yang lebih luas dari sebelumnya supaya anak lebhih aktif.

  1. Usia 2 – 3 Tahun

Pada fase ini merupakan salah satu fase anak mulai berkembang melakukan banyak aktifitasnya. Dalam fase ini ibu bisa mengajari anak berpakaian sendiri, ajak untuk melihat buku gambar, membacakan cerita anak, ajari juga anak makan di piringnya sendiri, kemudian yang tak lupa dan penting mengajari nak buang air besar dan kecil berada di tempatnya.

  1. Usia 3 – 5 Tahun

Meminta untuk si kecil menceritakan mengenai apa yang dia lakukan, bisa dengan mendengarkan bicara, kalau anak gagap maka ibu bisa mengajari secara pelan-pelan, dan jangan lupa untuk mengawasi si kecel pada saat mencoba hal-hal yang baru.

nah itulah cara mempersiapkan generasi maju, pastikan ibu memahami bagaimana memperlakukan anak di era milenial ini. Untuk ibu yang ingin referensi lengkapnya bisa langsung mengunjungi di https://www.generasimaju.co.id/pertumbuhan-dan-perkembangan-bayi-di-periode-emas.

Demikian informasi mengenai cara mempersiapkan generasi maju, semoga informasi yang kami berikan bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda semuanya, terutama para ibu dan calon ibu.

Komentar

News Feed