oleh

Mari Berkenalan dengan 5 Jenis Oleh-oleh Khas Bali

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki segudang oleh-oleh mulai dari kerajinan tangan, pakaian, hingga makanan. Tak heran, kadang wisatawan yang ke Bali menginginkan oleh-oleh yang cukup banyak karena hampir semuanya unik dan khas.

Memangnya ada apa saja oleh-oleh dari Bali? Simak pada ulasan di bawah berikut.

Kain pantai

Jika Anda sedang berlibur di resort terbaik di Bali, pasti sering menemukan wisatawan menggunakan kain pantai ini di private beach. Selain bisa dikenakan sebagai outer pantai, ternyata kain ini juga memiliki fungsi yang lain. Kain ini bisa digunakan sebagai alas duduk, selimut tidur, dan sampai fungsi dekoratif yaitu sebagai hiasan di atas sofa.

 Untuk mendapatkan kain pantai ini, Anda bisa ke pasar tradisional, penjaja kain di pantai, dan juga pusat oleh-oleh khas Bali.

Udeng

Ikat kepala khas Bali ini biasanya digunakan hanya pada acara keagamaan Hindu saja. Namun semakin ke sini, udeng pun bisa digunakan oleh semua orang dan bahkan tidak harus untuk upacara adat. Udeng yang hanya bisa digunakan oleh kaum pria ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh khas Bali atau pasar tradisional.

Baju Barong

Siapa yang tidak tahu baju santai ini? Baju berbahan rayon tipis ini memiliki gambar Barongan yang merupakan tokoh populer dalam mitologi Bali. Warna baju Barong sangat beragam, mulai dari yang satu warna, kombinasi dua warna, hingga tie dye yang berwarna-warni. Biasanya baju barong dipilih sebagai oleh-oleh karena bahannya yang nyaman dikenakan untuk tidur dan beraktivitas di rumah. Bagaimana cara mendapatkannya? Baju ini pasti ada di setiap toko oleh-oleh, kok.

Kain tenun Bali

Meski kain tenun terkenal sebagai predikatnya Lombok, namun Pulau Dewata pun juga memiliki kain tenun Bali yang khas. Ada beberapa jenis kain tenun Bali seperti kain endek, kain songket, kain cepuk, kain kling, dan juga kain gendongan. Aneka kain tenun Bali ini bisa dengan mudah Anda temukan di beberapa pusat oleh-oleh dan pasar seni Ubud.

Kopi Kintamani

Para pecinta kopi, mari merapat! Kopi Kintamani adalah kopi yang sangat terkenal yang berasal dari Bali. Saking populernya, kopi Kintamani ini sering sekali diburu oleh wisatawan mancanegara. Pasalnya, cita rasa biji kopi arabika yang dimiliki kopi Kintamani sangatlah khas. Tak hanya itu saja, kopi ini pun memiliki aroma lembut dan fruity karena berasal dari pohon jeruk yang ditanam berdekatan dengan pohon kopi. Rasa yang dihasilkan oleh kopi Kintamani tidak terlalu pahit dan asam, jadi cocok bagi Anda yang kurang suka dengan rasa pahit kopi.

Sudah tahu oleh-olehnya, lalu kapan rencananya Anda ke Pulau Dewata?