oleh

Macam-macam Broker Saham

Pialang adalah individu atau perusahaan yang membebankan biaya atau komisi untuk melaksanakan pesanan beli dan jual yang diajukan oleh investor. Pialang juga mengacu pada peran perusahaan ketika bertindak sebagai agen untuk pelanggan dan membebani pelanggan komisi untuk layanannya. Seluruh proses ini direvolusi oleh perubahan paradigma yang disebabkan oleh internet.

Dasar-dasar Pialang

Selain mengeksekusi pesanan klien, broker saham dapat memberikan penelitian, rencana investasi, dan intelijen pasar kepada investor. Mereka juga dapat melakukan cross-selling produk dan layanan keuangan lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pialang mereka, seperti akses ke penawaran klien pribadi yang menyediakan solusi khusus untuk klien bernilai tinggi.

 Di masa lalu, hanya orang kaya yang mampu menggunakan jasa broker dan mengakses pasar saham. Namun dewasa ini, pialang saham online mulai hadir dan membuat pialang diskon menjadi banyak diminati. Hal ini memungkinkan semua kalangan untuk menjadi investor dan berbisnis saham dengan biaya lebih rendah.

Pialang Diskon vs Pialang Lengkap

Pialang diskon dapat mengeksekusi banyak jenis perdagangan atas nama klien, di mana mereka mengenakan komisi yang dikurangi di kisaran Rp 70.000,- hingga Rp 20.000,- per perdagangan. Struktur biaya rendah mereka didasarkan pada volume dan biaya yang lebih rendah. Mereka tidak menawarkan nasihat investasi dan broker biasanya menerima gaji daripada komisi. Kebanyakan broker saham diskon menawarkan platform perdagangan online yang menarik semakin banyak investor mandiri.

Pialang layanan lengkap menawarkan berbagai layanan, termasuk riset pasar, saran investasi, dan perencanaan pensiun, di atas serangkaian produk investasi lengkap. Untuk itu, investor dapat mengharapkan untuk membayar komisi yang lebih tinggi untuk perdagangan mereka. Pialang menerima kompensasi dari perusahaan pialang berdasarkan volume perdagangan mereka serta untuk penjualan produk investasi. Semakin banyak broker menawarkan produk investasi berbasis biaya, seperti akun investasi yang dikelola.

Pialang Saham Syariah

Sebagai negeri dengan mayoritas penduduk Muslim maka investasi syariah semakin diminati. Beberapa pialang saham konvensional memberikan layanan jasa broker untuk investasi saham secara syariah. Maksud dari pialang saham syariah adalah perusahaan sekuritas yang telah memperoleh sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional MUI yang terhubung dengan Shariah Online Trading System (SOTS). Untuk saat ini, jumlah pialang saham yang menyediakan platform perdagangan syariah belum banyak dan belum menyediakan fasilitas yang memadai seperti pialang saham konvensional.

Peraturan

Pialang yang bekerjasama dengan investor harus berada di bawah pengawasan BAPPEBTI yakni Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Sebuah lembaga resmi yang beroperasi di bawah Kementrian Perdagangan RI dan terkoneksi dengan Bank Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Dalam melayani klien mereka, pialang harus mematuhi standar perilaku berdasarkan “aturan kesesuaian,” yang mengharuskan adanya alasan yang masuk akal untuk merekomendasikan produk atau investasi tertentu.

Bagian kedua dari aturan ini, yang biasa disebut sebagai “kenali pelanggan Anda” yang membahas langkah-langkah yang harus digunakan broker untuk mengidentifikasi klien mereka dan tujuan tabungan mereka, yang membantu mereka menentukan dasar rekomendasi yang masuk akal. Pialang harus melakukan upaya yang wajar untuk mendapatkan informasi tentang status keuangan pelanggan, status pajak, tujuan investasi, dan informasi lain yang digunakan dalam membuat rekomendasi.

Dalam memilih pialang saham, Anda harus menyeleksi dengan baik. Mandiri sekuritas bisa jadi pilihan sebagai pialang saham Anda. Keamanan dan integritas Mandiri Sekuritas tidak perlu Anda ragukan lagi karena legal, terpercaya dan memiliki track record yang baik. Hindari pialang yang beresiko menyeret Anda pada kerugian investasi. Untuk itu Anda harus memilih dengan bijak.

News Feed