oleh

Kilas Balik Debat Capres Cawapres 2019

https://www.jokowi.link/Debat yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung Bidakarta, Jakarta pada Kamis (17/01/19) lalu begitu menarik untuk dicermati.

Debat ini merupakan debat perdana dan kedua paslon saling menyampaikan beberapa pertanyaan. Berikut adalah fakta yang diungkap dari debat tersebut.

Debat Capres Cawapres 2019

  1. Luas Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto sempat menyinggung masalah kesejahteraan pejabat suatu daerah, menurutnya tidak seimbang dengan luas wilayah yang ditangani.

Prabowo Subianto juga menyebut, luas Jawa Tengah melebihi luas Malaysia. Padahal gaji dari pejabat tersebut tidak tinggi.

“Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi, umpamanya, Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar,” Kata Prabowo.

Untuk diketahui, luas Jawa tengah pada tahu 2017 adalah 32.544,12 km persegi. Sedangkan luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

  1. Sembilan Menteri Perempuan

Jokowi menyebutkan, bahwa ada Sembilan menteri perempuan di kabinetnya, yakni kabinet kerja.

“Di Kabinet saya ada 9 menteri perempuan yang menempati tempat strategis. Misalnya Menlu, Menteri BUMN, Menteri Keuangan, Menteri LHK, Menteri Kelautan dan Perikanan.” Ujar Jokowi.

Menteri perempuan Jokowi tersebut antara lain:

  • Retno Marsudi : Menteri Luar Negeri
  • Rini Soemarno : Menteri BUMN
  • Nila F Moeloek : Menteri Kesehatan
  • Susi Pudjiastuti : Menteri Kelautan dan Perikanan
  • Sri Mulyani : Menteri Keuangan
  • Puan Maharani : Menteri Koordinator Pembangunan Manusia & Kebudayaan
  • Siti Nurbaya Bakar : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  • Yohana Susana Yembise : Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak
  1. Bonus Atlet Asian Para Games

Jokowi menyebutkan bahwa bonus untuk Asian Para Games 2018 sama besarnya dengan bonus atlet Asian Games 2018.

“Misalnya, yang mendapatkan emas dapat Rp 1,5 miliar, yang mendapat perak bisa kita berikan bonus Rp 500 juta, yang dapat perunggu kita berikan Rp 250 juta, sama seperti atlet-atlet yang berlaga di Asian Games,” Ucap Jokowi.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 63 Tahun 2018, peraih emas atlet tunggal Rp1,5 M, atlet ganda Rp1 M, dan atlet beregu Rp750 Juta.

Peraih medali perak untuk tunggal Rp 500 juta, ganda Rp 400 juta, dan beregu Rp 300 juta. Sementara, peraih medali perunggu untuk tunggal Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta, dan beregu Rp 150 juta

  1. Pernyataan Prabowo Soal “Tax Ratio” Indonesia

Prabowo berasumsi bahwa tingginya angka korupsi di Indonesia dikareenakan gaji pejabat yang terbilang kecil. Ia juga berjanji akan menaikkan rasio pajak agar bisa menaikkan gaji ASN.

“Kita tingkatkan tax ratio yang sekarang berada 10 persen bahkan lebih rendah, saya akan kembalikan ke 16 (persen) tax ratio,” Ujar Prabowo

Sedangkan dari data direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan, pada tahun 2018 indexs tax ratio, mengalami peningkatan hingga 0,8%, menjadi 11,5%.

Antara debat perdana dan debat kedua sangat menarik untuk dijadikan sorotan dan bahan pertimbangan para pemilih. Diharapkan dari hasil debat ini, masyarakat Indonesia dapat dengan cermat mengenali lebih dalam sosok capres yang didukung.

Bukan malah dijadikan sebagai bahan untuk menjatuhkan satu sama lain, atau bahan perdebatan dengan sesama. Berdebat itu wajar asal masih dalam konteks yang relevan dan tidak cenderung menjatuhkan. Mari menjadi rakyat yang kritis dalam perdamaian.

Komentar

News Feed