oleh

Keunggulan Bata Ringan Sebagai Bahan Bangunan Berkualitas

Bata hebel dikenal sebagai bata ringan untuk pembuatan dinding atau tembok bangunan karena kekuatannya mumpuni. Jenis bata tersebut cocok digunakan berbagai bangunan, baik rumah, perkantoran maupun gedung. Selain itu harganya kompetitif sehingga bisa dijangkau semua orang.

Kelebihan Bata Hebel Sebagai Bahan Bangunan

Setiap konstruksi bangunan memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi daya tarik konsumen. Sama halnya bata hebel yang memiliki keunggulan, berikut ada keunggulannya:

Bobotnya Ringan

Bata hebel memiliki bobot ringan sehingga beban struktur lebih kecil. Bobot kecil terjadi karena didalam bata memiliki banyak rongga dan menjamin keamanan bangunan, bahan membuat bangunan lebih kokoh terhadap guncangan. Alhasil, cocok dijadikan konstruksi di wilayah yang rawan bencana alam. Bata hebel mampu menjaga keamanan rumah dan penghuni rumah saat terjadi bencana alam, misalnya terdapat getaran atau guncangan akibat gempa di wilayah lain.

Kekuatannya Setara dengan Beton

Jenis bata ringan lebih diminati karena kekuatannya setara dengan beton walaupun bobot dan bentuknya ringan. Alasannya karena bata hebel terbuat dari campuran beton, hebatnya lagi bata hebel sudah memenuhi standar bahan bangunan anti gempa.

Keunggulan tersebut membuat bata hebel menjadi bahan konstruksi andalan di perkotaan untuk membuat gedung bertingkat. Mayoritas gedung yang menjulang tinggi menggunakan bata hebel.

Memiliki Insulator Suhu Baik

Bata ringan memiliki insulator suhu terbaik sehingga menjaga bangunan tetap kokoh walaupun sudah dibangun lama. Selain itu, pori-pori dari permukaan bata hebel bisa menyerap udara panas dari luar ruangan sehingga bisa udara di dalam ruangan tetap dingin, kesejukan AC dalam ruangan selalu terjaga karena keunggulan bata hebel.

Pemasangan Mudah

Proses pemasangan bata hebel mudah karena memiliki sisi lebih presisi dengan tingkat kerataan permukaan yang halus. Alhasil, pemasangannya mudah dan cepat, bangunan Anda cepat selesai karena pekerja tidak kesulitan membuat tembok atau dinding walaupun bertingkat.

Finishing Dinding Mudah

Keunggulan bata ringan selanjutnya adalah finishing lebih cepat dan mudah. Tak ayal bata hebel kerap digunakan untuk berbagai proyek bangunan yang deadline pengerjaannya cepat, namun hasilnya tetap maksimal dan bertahan lama.

Menariknya lagi, bata hebel tidak membutuhkan pelapisan tebal di permukaannya. Bahkan permukaannya bisa dicat langsung jika Anda menginginkan tampilan dinding yang ekspos.

Jenis-jenis Bata Hebel

Bata hebel menjadi bahan konstruksi bangunan andalan di era modern karena memudahkan pembuatan bangunan. Bahkan proses pembuatan hebel sudah modern menggunakan mesin pabrik, Anda bisa membeli di dekat tempat tinggal karena sudah beredar di berbagai wilayah.

Selain itu, bata hebel memiliki beberapa jenis. Sebelum membelinya, pastikan mengetahui jenisnya untuk memudahkan Anda membeli sesuai kebutuhan. Berikut ulasannya, yaitu:

Bata hebel AAC

Jenis bata hebel AAC termasuk beton seluler yang bergelembung. Sementara udaranya terbentuk karena reaksi kimia. Untuk bahan pembuatan hebel jenis itu cukup kompleks, yaitu kapur, pasir kuarsa, semen, air, bahan pengembang atau pengisi udara secara kimiawi, aluminium dan gypsum secukupnya.

Bata hebel CLC

Sementara bata hebel CLC termasuk beton konvensional pengganti material kerikil menggunakan gelembung udara. Proses produksi hebel tersebut menggunakan busa organik yang tidak stabil sehingga tidak ada reaksi kimia saat pencampuran bahan hebel. Apalagi bahan busa hanya media pembukus udara.

Jenis bata hebel tersebut berwarna abu-abu karena materialnya dari pasir sungai atau pasir tambang. Anda bisa membeli di toko bangunan yang menyediakan bata hebel maupun membeli secara online di toko bangunan besar.

Membeli batasemakin mudah dan bisa kapan saja. Anda bisa membeli hebel maupun bahan kontruski lain di https://scgcbm.id/ untuk mendapatkan harga kompetitif. Toko tersebut menyediakan bahan bangunan bata hebel, pipa pracetak beton, beton readymix dan bahan konstruksi lain. Dijamin tak akan kecewa karena kualitasnya terjamin dan pelayanannya ramah sehingga cocok menjadi langganan.

Bata ringan yang diproduksi SCG menjadi pilihan terbaik karena bisa meredam suara dan lebih baik dari jenis bata lainnya. Bahkan produk tersebut tidak beracun dan lebih tahan lama, bangunan yang menggunakan jenis bata tersebut diklaim mampu menghemat energi dalam rumah mencapai 30 % sehingga biaya tagihan listrik tidak membengkak.