oleh

Kenali Penyebab Pembengkakan Gusi Pada Anak, Ini Penyebabnya

Perlu kita ketahui bahwa Gusi Bengkak Pada Anak pada bagian gusi mengalami pembesaran, menonjol dan menggelembung. Anak pada umumnya menyukai makanan yang manis-manis seperti permen, coklat, es krim dan yang lainnya yang berasa manis. Jika orang tuanya kurang memperhatikan pola makan pada si anak, bisa saja anak akan sembarang mengonsumsi makan. Gigi menjadi salah satu organ bagian pertembuhan pada anak. Gusi bengkak yang dialami anak merupakan salah satu masalah yang terjadi pada kesehatan rongga mulut. Apabila anak-anak mengalami pembengkakan pada gigi akan ditandai dengan perubahan sifatnya yang sangat rewel. Tentu saja hal ini membuat setiap orang tua kebingungan.

Kita kenali penyebab gusi bengkak pada anak terlebih dahulu, agar kita tidak kebingungan dalam menanganinya dan cara memberi obatnya.

Penyebab pembengkakan gusi anak

Ada dua kondisi yang menjadi penyebab gusi bengkak pada anak. Pertama, abses gigi terjadi karena gusi yang bengkak pada seorang anak yang memiliki lubang pada giginya. Masalah ini terjadi di sebabkan karena anak yang tidak teratur dan rajin dalam menggosok giginya. Abses ini terjadi karena disebabkan oleh bakteri yang menumpuk pada lapisan terdalam dalam gigi anak, terletak diujung akar gigi. Abses ini juga akan menyebabkan nyeri sampai pada kondisi demam.

Kedua, radang gusi timbul pada gigi anak yang mana akan terjadi pembengkakan. Nama lain dari radang gigi ini ialah gingivitis, gingivitis ini akan menyebabkan pada gusi anak mengalami pembengkakan, gusi mudah berdarah, dan berwarna kemerahan. Hal ini terjadi karena tidak rajinnya anak dalam menggosok gigi dan terjadi suatu trauma pada gigi akibat terjatuh atau mengalami cidera seperti benturan yang terjadi pada rongga gigi. Penyebab terjadinya radang gusi seorang anak mengalami kurangnya gizi, dan juga melemahnya imun (kekebalan) tubuh pada anak. Jika sudah terjadi seperti itu, maka bawalah anak anak untuk diperiksakan pada dokter gigi.

Cara mengobatinya

Setelah kita mengetahui penyebab gusi bengkak pada anak, kita akan berlanjut membahas tentang cara penanggulangannya atau cara mengobati gusi bengkak pada anak tersebut.

Pengobatan gusi bengkak pada anak yang disebabkan oleh abses ialah dengan melakukan pencabutan gigi dan melakukan perwatan saluran akar. Dalam melakukan hal tersebut, anda harus pergi ke dokter gigi dan mengkonsultasikannya. Selanjutnya pengobatan gusi bengkak pada anak dengan menyebabkan radang pada gusi untuk menanganinya dengan membersihkan karang gigimyang disebabkan oleh plak-plak sisa makanan pada gigi, orang tua harus selalu menjaga kebersihan mulut anak dan mengajarkannya menggosok gigi 2 kali dalam sehari agar gigi tetap sehat dan terawat, anak harus menajalani pemeriksaan rutin kepada dokter gigi setiap 6 bulan sekali, yang terakhir adalah mengganti sikat gigi anak secara berkala setiap 2-3 bulan sekali jika diketahui sudah rusk sebelum waktu yang di anjurkan maka orang tua untuk segera menggantikan sikat gigi pada anak.

Tetap awasi dan rawat anda dengan mengingatkan untuk selalu rajin dalam menggosok gigi. Karena sekarang banyak sikat gigi dan pasta gigi yang menarik perhatian anak-anak untuk dapat rutin membersihkan giginya. Jika dirasa anak anda mengeluh pada giginya, segeralah konsultasi pada dokter gigi yang anda percaya dan mintalah arahan agar merawat gigi anak dengan baik, guna menanggulangi terjadinya Gusi Bengkak Pada Anak.

News Feed