oleh

Kapan Harus Datang ke Psikolog? Ini Kata SehatQ

Bukan hanya tubuh yang bisa sakit namun jiwa atau psikis juga bisa terganggu. Masalah yang terjadi membuat pikiran menjadi tidak stabil sehingga bisa mengganggu kesehatan jiwa. Banyak orang yang mengalami masalah kejiwaan akibat dari ketidakmampuan mengontrol diri dan menyelesaikan masalah dengan tenang. Apabila emosi tidak terkontrol sehingga sangat menyiksa diri sebaiknya segera datang ke psikolog.

Tanda Harus Berkunjung ke Psikologi

Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting. Banyak orang stress yang akhirnya mengalami gangguan jika jiwa yang parah karena terlambat datang ke psikolog. Penanganan yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengobatan kondisi mental. Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti berikut ini maka artinya harus segera berkunjung ke psikolog:

1. Sedih Terus Menerus

Ciri pertama jika Anda sebaiknya segera datang ke psikolog adalah ketika mengalami perasaan sedih yang terus-menerus atau berkepanjangan. Sedih yang terus-menerus dapat menyebabkan perasaan yang sangat menyiksa sehingga malas untuk beraktivitas dan bergaul. Perasaan seperti ini bisa terjadi karena berbagai macam masalah seperti ditinggal orang tersayang atau mengalami masalah sulit diselesaikan. Jangan biarkan rasa sedih berlangsung terus-menerus karena bisa berdampak serius terhadap kesehatan jiwa.

2. Stres Terus Menerus

Perasaan tertekan yang terlalu besar dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah mental yang serius. Apabila seseorang mengalami kesulitan dalam manajemen stres sebaiknya segera bawa ke psikolog.

Stress bukan hanya berdampak pada mental namun juga pada fisik. Orang yang stress rentan mengalami berbagai macam masalah kesehatan seperti nyeri dada, sakit kepala, kelelahan, sulit tidur, hipertensi dan bahkan penyakit jantung.

3. Cemas Berlebihan

Perasaan cemas yang berlebihan dan juga sulit diatasi menjadi tanda seseorang mengalami masalah mental. Rasa cemas biasanya ditandai dengan tubuh yang gemetar, sesak nafas, berkeringat dingin rumah sakit perut, sulit tidur dan yang lainnya. Jika mengalami perasaan ini secara terus-menerus sebaiknya jangan dibiarkan.

4. Mood Swing Parah

Ketika perasaan terkadang bahagia lalu tiba-tiba muncul perasaan marah, depresi dan mudah tersinggung sehingga menyebabkan kesulitan mengontrol diri maka sebaiknya juga segera datang ke psikolog. Mood swing ini bisa saja terjadi karena baru mengalami masalah yang berat atau memang karena ada masalah yang terjadi pada kejiwaan.

5. Ketakutan yang Berlebihan

Rasa takut yang berlebihan menyebabkan seseorang bisa melakukan hal-hal yang tidak wajar. Apabila Anda mengalami rasa takut berlebihan hingga menyakiti diri sendiri maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan psikologis.

6. Berhalusinasi

Tanda harus berkunjung ke psikolog berikutnya yaitu perasaan yang tidak jelas dan sering berhalusinasi. Halusinasi merupakan sebuah bentuk gangguan persepsi sehingga seseorang merasakan sesuatu yang tidak terjadi. ini nyata terjadi pada orang-orang yang memang mengalami gangguan mental.

Apabila telah muncul tanda-tanda di atas dan bahkan ada perasaan ingin melakukan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri sebaiknya jangan menunda untuk datang ke psikolog. Penanganan yang cepat dan tepat akan membantu menghindarkan dari resiko masalah kejiwaan yang lebih serius. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar kesehatan, dokter, psikolog dan informasi lainnya maka bisa membuka aplikasi SehatQ.

Aplikasi SehatQ bisa menjadi asisten kesehatan yang terpercaya. Anda dapat melakukan chat dengan dokter dan bahkan psikolog secara gratis melalui aplikasi ini. Langsung saja unduh dan instal aplikasi SehatQ di semua ukurannya.

News Feed