oleh

Jangan Salah Beli, Pilih Daging Ayam Berkualitas

Ayam merupakan hewan ternak yang banyak dipelihara di berbagai wilayah Indonesia. Pasalnya dinilai cukup menguntungkan, terutama dalam pemenuhan gizi masyarakat dan bernilai ekonomi, perawatannya pun relatif mudah.

Ada banyak jenis ayam. Ayam kampung dan ayam broiler merupakan dua jenis yang populer diternak dan dagingnya dikonsumsi masyakarat.

Ayam Kampung

Ayam kampung, merupakan jenis unggas. Habitat ayam ini di hutan kemudian didomestifikasi atau diternakan.

Untuk diketahui, ayam hutan sendiri ada 4 jenis. Yakni jenis gallus sonnerati, gallus gallus, gallys varius dan jenis hallus lafayetti. Salah satu jenis ini diyakini masih satu famili dengan ayam kampung.

Ayam kampung bisa dikenali dari beberapa hal. Ukuranya lebih kecil dibanding broiler dan jenis ayam lainnya, bobotnya sekitar 1.4 kg (umur 4 bulan). Satu ekor bisa hasilkan sebanyak 135 telur/tahun.

Ciri lainya ayam kampung yakni berbulu putih, ada yang hitam, merah kekuningan maupun kombinasi lainnya. Harga mulai dari Rp. Rp 53.000/kg.

Ayam Broiler

Ayam broiler, disebut ras pedaging dinilai sebagai jenis ras ayam unggulan. Hasil silang dari ayam ayam ras unggulan, broiler dimanfaatkan dagingnya. Ukuranya lebih besar dari ayam kampung.

Produktivitas ayam broiler akan maksimal jika perawatanya maksimal. Hidup di habitat tepat (sistem kandang baik), pakan kualitas tinggi,  dan perawatan kesehatan baik.

Membeli daging ayam broiler biasanya dikirim dalam kondisi beku. Jadi tidak bisa langsung dimasak, harus disimpan dulu di pendingin agar kualitas terjaga.  Harga daging broiler mulai dari Rp.35.000/kg.

Manfaat Daging Ayam

Semua orang suka daging ayam karena rasanya lezat dan gurih dan bisa diolah menjadi beragam menu sesuai selera. Dibalik rasanya yang gurih, daging ayam baik ayam kampung maupun broiler punya banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan.

Kandungan proteinya yang tinggi, mengonsumsi daging ayam dapat membantu pembentukan otot. Tak cuma untuk orang dewasa, konsumsi daging ayam dengan kandungan protein tinggi juga bagus untuk balita dan anak anak untuk bantu pembentukan dan perkembangan otot.

Konsumsi daging ayam juga bisa turunkan berat badan akibat kolesterol jahat. Namun harus diseimbangkan dengan konsumsi menu sehat lainya seperti buah, sayuran dan rajin olah raga.

Berkat kandungan vitamin B6 didalam daging ayam, mengonsumsinya bisa bantu tingkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Sementara itu, kandungan vitamin B3 didalamnya akan memperlancar peredaran darah.

Selain itu, masih banyak manfaat konsumsi daging ayam lainnya. Seperti bisa hilangkan stres, mengobati anemia, cegah penyakit alzeimer, kurangi risiko penyakit jantung, kanker dan bagus untuk pertumbuhan tulang.

Harga Daging Ayam Kampung dan Broiler

Harga ayam kampung dan broiler berbeda. Ayam kampung lebih mahal. Mulai dari Rp. 53.000 ribuan perkilo. Sedangkan ayam broiler harganya mulai dari Rp. 35.000/kg.

Ayam kampung bisa dikonsumsi dagingnya maupun diambil telurnya. Sedangkan broiler khusus pedaging. Harga sewaktu waktu bisa berubah tergantung situasi pasar dan tempat jual beli daging ayam.

Kalau anda ingin membeli daging ayam. Baik ayam kampung maupun ayam broiler, apalagi secara online, jangan salah pilih. Pastikan anda membeli daging berkualitas.

Tanihub merupakan startup atau perusahaan rintisan yang menyediakan berbagai produk hasil pertanian maupun peternakan, termasuk daging ayam kampung dan broiler.

Anda bisa memesan produk produk Tanihub di aplikasinya, bisa diunduh di google Playstore dengan nama sama. Setelah itu, instal lalu anda bisa mulai memesan daging ayam sesuai kebutuhan anda, tentunya dengan harga terjangkau, mulai dari Rp.30.000/kg dan pastinya dagingnya berkualitas.

alasan berbelanja di Tanihub, tidak hanya akan mendapatkan produk berkualitas dan harga terjangkau. Pembeli juga ikut membantu usaha lokal, utamanya di sektor pertanian dan peternakan di Indonesia. Sebab, ratusan produk produk di Tanihub merupakan produk hasil pertanian dan peternakan Indonesia.

News Feed