oleh

Inilah Tips Mengatasi Rasa Minder Agar Lebih Percaya Diri, Salah Satunya Berani Tidak Disukai

Minder adalah hal yang pernah dirasakan oleh sebagian besar orang. Rasa minder ini biasanya muncul saat kamu merasa kurang mendalami sesuatu, baik itu dalam segi pendidikan, sosial, hubungan, dan lain-lain. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya kamu harus melawan rasa minder itu.

Sebab, rasa minder hanya akan membuatmu terus-terusan terdiam di tempat dan tak melakukan perubahan apa pun. Tentunya hal ini akan menghambat kemampuanmu untuk berkembang dan menghambatmu belajar sesuatu yang baru. Jika kamu masih sering merasa minder, yuk simak empat tips percaya diri ini sampai habis! Inilah cara mengatasi kurang percaya diri sebagai berikut:

1. Ubah Mindset

Pertama dan yang paling penting adalah rubah pemikiranmu. Pikiran bisa dibilang sebuah pusat yang membuat tubuhmu melakukan banyak hal. Jika pikiranmu dipenuhi oleh banyak pemikiran negatif, tentunya otakmu akan terhambat dalam hal pengiriman sinyal untuk melakukan suatu aksi pada tubuh.

Dampaknya, kamu akan terus hanyut dalam pemikiran negatif itu dan tidak melakukan apa-apa. Bila pemikiran negatif itu datang, cobalah untuk mengusirnya untuk pergi. 

Bila pikiranmu berkata “Aku tidak bisa, aku lemah, atau aku tidak pantas di situasi ini,” sangkallah dengan perkataan positif seperti “Aku bisa, aku kuat, dan aku pantas berada di situasi ini. Aku pasti bisa melewati semua ini.”

Perlahan rasa mindermu akan berkurang dan kamu bisa dengan tenang menghadapi berbagai situasi menyulitkan dengan kepercayaan diri. Tentunya juga dengan kemampuan yang kamu miliki. Sebab kepercayaan diri tanpa kemampuan hanya akan menjerumuskan dan kemampuan tanpa kepercayaan diri akan sia-sia.

2. Percaya pada Kemampuan dan Kembangkan

Bila kamu memiliki kemampuan yang mumpuni, kenapa masih merasa tidak percaya diri? Apa karena di luar sana ada yang lebih hebat? Kalau iya, berarti kamu harus belajar dari orang hebat itu dan kembangkan kemampuamu. Bukannya semakin minder dan memilih mundur. 

3. Berani untuk Tidak Disukai

Berani untuk tidak disukai adalah hal yang harus diterapkan untuk menjalani hidup dengan tenang. Tentunya juga untuk terus mengembangkan kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sebab, di hidup ini selalu ada dua tipe orang yakni, yang menyukaimu dan tidak menyukaimu. Fokuslah pada orang-orang yang menyukaimu dan hiraukan mereka yang tidak menyukaimu. Belajarlah berani untuk menghadapi situasi tersebut. 

4. Latih Terus Kepercayaan Diri dengan Hal-hal Kecil

Cara yang terakhir ini juga sangat penting untuk dilakukan dan harus terus diterapkan. Kegiatan-kegiatan kecil untuk melatih percaya diri bisa dengan mengungkapkan pendapat, mengobrol dengan orang asing untuk meminta bantuan, maju di depan kelas untuk mengerjakan soal, dan lain-lain.