oleh

Inilah Tips Memilih Kasur Bayi yang Bagus, Aman dan Berkualitas Tinggi

Apa saja yang harus dipersiapkan ibu untuk bayi baru lahir? Selain pakaiannya, ibu juga harus memikirkan tempat tidur bayi. Salah satunya adalah membeli kasur bayi baru lahir. Tentunya, memilih kasur bayi yang baru lahir tidak boleh sembarangan. Salah-salah, matras bayi yang dipilih jutsru dapat menghalangi tumbuh kembangnya atau menimbulkan masalah kesehatan.

Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Saat bayi baru dilahirkan adalah saat-saat yang berharga dan membuat bahagia bagi orang tua. Tidak heran jika para orang tua akan mempersiapkan segala perlengkapan atas kelahiran bayinya.

Salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilupakan dan penting bagi bayi itu sendiri adalah tempat tidur bayi.

Terdapat banyak jenis tempat tidur bayi yang tersedia di pasaran baik pasar offline maupun online, sehingga orang tua harus pintar-pintar dalam memilih jenis tempat tidur bayi yang pas untuk si baby.

Pada saat Anda ingin membeli tempat tidur bayi untuk sang buah hati, alangkah lebih baiknya tidak hanya memperhatikan apakah tempat tidur bayi tersebut lucu saat dilihat saja. Karena yang paling penting dari tempat tidur bayi adalah apakah tempat tersebut bisa membuat tenang dan nyaman si kecil.

Oleh karena itu Anda harus membaca terlebih dahulu tips-tips memilih tempat tidur bayi yang nyaman dan aman berikut ini:

Pilih Kasur Anti Berisiko Kematian

Pemilihan tempat tidur bayi khususnya matras atau kasur bayi yang salah dapat meningkatkan risiko terjadi kematian bayi secara mendadak atau SSID (Suddent Infant Death Syndrome).

Hal ini dapat terjadi karena pemilihan kasur yang “dianggap” terbaik adalah kasur yang paling dan sangat empuk untuk tempat tidur bayi sehingga membuat wajah bayi terbenam ke dalam kasur ketika bayi tersebut bergerak atau menoleh pada saat dia tidur.

Pilih Kasur Sesuai Ukuran

Biasanya, matras atau kasur bayi yang telah dibeli akan diletakkan di dalam boks bayi. Pilihlah kasur yang ukurannya pas dengan ranjang bayi Anda. Jangan sampai di bagian sisi ranjang bayi akan ada celah yang tersisa, hal ini akan memungkinkan untuk kasur atau matras bayi tersebut jadi geser-geser.

Akan lebih baik jika Anda bisa membeli ranjang bayi yang lebarnya sama dan sesuai dengan lebar kasur bayi. Kasur bayi yang ukurannya sesuai akan membuat bayi Anda terasa nyaman pada saat tidur.

Lebih Baik Membeli yang Baru

Sangat disarankan kepada orang tua bayi untuk mengusahakan agar membeli kasur bayi yang baru.

Hal ini dilakukan untuk dapat menghindari adanya zat-zat atau organisme berbahaya seperti bakteri yang berkembang di permukaan kasur bayi yang sudah berusia lama, belum lagi jika kasur bayi bekas atau second tersebut ternyata pernah sakit, entah sakit kulit atau sakit apapun.

Justru nanti akan ditakutkan menular kepada bayi Anda. Zat atau organisme berbahaya seperti ini akan dapat membahayakan kesehatan bayi Anda. Kalaupun Anda sudah membeli kasur bayi yang baru.

Jangan lupa untuk mengangin-anginkan kasur bayi tersebut terlebih dahulu sebelum dipakai agar bau zat kimia yang ada di kain bayi (yang mungkin masih ada) bisa hilang terlebih dahulu sebelum digunakan oleh bayi Anda untuk tidur.

Perhatikan Harga Kasur Bayi

Memilih kasur bayi tentunya banyak pertimbangan, apalagi jika harus membeli kasur bayi yang masih baru. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah terkait harga. Tapi jangan khawatir,  harga kasur bayi berkualitas tinggi yang terjangkau bisa kamu temukan di online shop kesayangan.