oleh

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Otot untuk Hindari Nyeri dan Pegal

Manusia menggunakan otot-otot tubuhnya sejak bangun pagi hingga kembali tidur. Otot tubuh yang sehat dan kuat membuat Anda bisa bergerak bebas dan menikmati berbagai aktivitas. Agar Anda terhindari dari berbagai gangguan otot, seperti nyeri otot, kram otot, otot lemah, berikut beberapa cara menjaga kesehatan otot yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Otot yang Patut Dicoba

Menjaga kesehatan otot tidak melulu harus dengan mengolah tubuh di gym yang memakan banyak biaya. Ada beberapa tips lain cara menjaga kesehatan otot, seperti berikut:

1. Pertahankan Berat Badan Ideal

Percaya atau tidak, ternyata berat badan berlebih juga tidak baik untuk kesehatan otot Anda. Hal ini disebabkan, berat badan yang berada di atas batas normal dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada otot tubuh. Oleh sebab itu, tubuh menjadi harus bekerja lebih keras.

Hal tersebut juga menyebabkan otot tubuh menjadi lebih mudah lelah dan cepat tegang. Dampaknya, Anda akan merasa tidak nyaman pada otot saat sedang beraktivitas.

Untuk menjaga kesehatan otot, Anda perlu menjaga berat badan tetap ideal. Caranya, cobalah untuk menjalani pola makan bergizi seimbang serta membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Selain itu, untuk menghindari salah satu penyebab dari nyeri otot ini, Anda juga perlu rutin berolahraga minimal selama 30 menit dalam sehari. Anda bisa melakukan setidaknya sebanyak lima kali dalam seminggu. Tujuannya, untuk membakar kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Saat berat badan berada pada angka normal, Anda telah berusaha agar otot tidak mudah merasa nyeri dan mencegah berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Mencukupi Kebutuhan Air

Kekurangan asupan air dapat berimbas pada gangguan penyerapan nutrisi oleh otot. Otot tubuh Anda akhirnya tidak dapat menyerap kalium dan magnesium yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Kekurangan asupan air, khususnya setelah berolahraga, akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan menimbulkan kram otot. Bahkan, dehidrasi juga bisa memicu lemah otot dan hilangnya koordinasi tubuh.

Maka itu, untuk menjaga kesehatan otot, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air atau setara dengan delapan gelas air mineral.

Dengan memerhatikan asupan cairan tubuh, Anda telah berupaya untuk menjaga kesehatan otot sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mempraktikkan Postur Tubuh yang Benar

Salah satu penyebab nyeri otot adalah kebiasaan melakukan postur tubuh yang salah, baik saat sedang berdiri, duduk, maupun berbaring. Jika Anda ingin mengatasi rasa sakit tanpa menggunakan obat nyeri otot, cobalah untuk membiasakan diri melakukan postur tubuh yang baik.

Salah satu cara menjaga kesehatan otot yang paling sederhana bisa diawali dengan membetulkan postur duduk. Bila Anda terbiasa duduk membungkuk, maka sudah saatnya menghentikan kebiasaan buruk ini. Pasalnya, postur tubuh yang salah akan memberikan beban tambahan pada tulang dan otot sehingga keduanya perlu bekerja lebih keras.

Saat berada dalam posisi duduk, cobalah untuk duduk dengan tegak sambil merilekskan pundak. Selama mengendarai mobil, gunakan sandaran jok untuk menopang punggung Anda. Ketika berdiri, jangan membungkuk dan bertumpu pada lutut. Biasakan diri Anda untuk berdiri tegak dengan pundak yang rileks.

News Feed