oleh

Inilah Cara Memasukkan Lagu di Aplikasi VN

Saat mengedit sebuah video di aplikasi VN, salah satu unsur yang biasanya kita tambahkan adalah lagu atau yang biasa juga dikenal dengan istilah backsound. Backsound pada video fungsinya agar pesan pada video yang dibuat semakin menonjol dan mudah dipahami. 

Disamping itu, backsound juga bisa membangun psikologi penonton sehingga penonton akan larut ketika menonton video yang kita buat. Tanpa adanya sound / lagu pada video rasanya sangat hampa dan tidak menarik saat ditonton. Jadi menambahkan backsound juga bisa membuat video kamu menjadi lebih keren dan menarik.

Menambahkan lagu atau sound di aplikasi VN sebenarnya sangatlah mudah, namun bagi beberapa pengguna yang masih baru pasti akan kesulitan karena belum paham mengenai fungsi setiap alat yang ada di aplikasi VN.

Cara Memasukkan Lagu di VN Android dan iPhone

Sebelum memasukkan atau menambahkan lagu di aplikasi VN video editor, terlebih dahulu kamu harus mempunyai lagu / sound tersebut dalam HPmu. Lagunya bisa kamu dapatkan dari Tiktok, Youtube, Instagram dan berbagai macam platform berbagi video dan musik lainnya.

Jika sudah ada, berikut ini cara memasukkan lagu di aplikasi VN:

  • Buka aplikasi VN di HP android atau iOS (iPhone / Apple)
  • Kemudian buat Proyek Baru dengan menambahkan video atau foto yang akan diedit.
  • Di halaman pengeditan, silahkan Ketuk untuk menambahkan musik lalu klik Musik
  • Pilih sound atau audio yang ingin kamu tambahkan 
  • Selanjutnya sesuaikan musik yang dipilih tadi. Disini kamu bisa menyesuaikan volume, efek pudar masuk & keluar, menambah atau mengurangi durasi lagu, serta menambah ketukan musik. Jika sudah klik icon untuk menyimpan pengaturan
  • Dengan demikian musikpun telah ditambahkan ke halaman pengeditan VN untuk disesuaikan lebih lanjut.

Menu Studio

Setelah memasuki aplikasi VN Editor, kamu akan secara langsung dibawa pada halaman Studio. Di menu Studio ini kamu dapat melihat secara langsung project yang pernah kamu buat sebelumnya dan juga sejumlah Creation Kits.

Pada bagian Creation Kits ini terdapat sejumlah fitur yang kamu gunakan loh Guys seperti Tutorials, Templates, Filters, Music, Sound FX, dan Fonts.

  • Tutorials tentu untuk melihat sejumlah video tutorial yang disediakan oleh Youtube resmi VN Video Editor.
  • Templates untuk melihat-lihat template video yang sedang hits dan banyak digunakan oleh orang lain. Kamupun juga bisa menggunakan dan membuat template loh Guys.
  • Filters merupakan sebuah fitur untuk meng-import filter warna yang dapat digunakan pada video baik dari aplikasi lain atau pun filter milik orang lain.
  • Music berfungsi untuk meng-import file audio yang ingin kamu gunakan pada proses editing.
  • Sound FX memiliki fungsi yang hampir sama dengan Music, hanya saja yang di-import adalah efek suara untuk kamu masukan pada proses editing.
  • Fonts tentu saja untuk meng-import jenis font lainnya yang ingin kamu gunakan.

Tab Projec

Selanjutnya ada halaman Project yang menjadi halaman sebelum kamu memasuki halaman editing video. Para halaman ini kamu bisa menemukan New Project, Story, dan Template.

  • New Project merupakan fitur utama dari VN, yaitu akan membawa kamu pada halaman video editing atau istilahnya Workspace.
  • Story adalah fitur yang disediakan oleh VN untuk membuat sebuah album berkelanjutan dari video-video kamu.
  • Template adalah fitur andalan lainnya yang dimiliki oleh VN yang memungkinkan penggunanya menggunakan template editan video orang lain, jadi kamu hanya perlu memasukkan video tanpa harus mengeditnya. Kamu juga bisa membuat template kamu sendiri dan membagikannya ke orang lain.

Nah bagaimana? Mudah bukan? Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memasukkan Lagu di Aplikasi VN Android dan iOS, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.