oleh

Ini Dia 5 Tips Jual Ayam Goreng Laris Manis

Menu olahan ayam memang menjadi hidangan andalan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain cita rasa yang gurih dan enak, harga olahan ayam lebih murah daripada daging lainnya. Tidak heran jika banyak orang tertarik berbisnis kuliner olahan ayam. Tertarik bisnis jual ayam goreng? Yuk, simak tips berikut agar jualan laris manis dan menguntungkan.

Tips Jual Ayam Goreng Agar Menguntungkan dan Laris Manis

Ayam merupakan bahan makanan yang paling mudah kamu temui. Mulai di pinggiran jalan, hingga restoran besar banyak sekali kamu temukan menu ayam goreng. Untuk memulai bisnis kuliner dibutuhkan tips atau strategi penjualan yang menguntungkan. Nah, berikut ini strategi jual ayam agar laris manis.

Menentukan Segmentasi Pasar

Tips pertama sebelum memulai jual ayam adalah menentukan segmen pasar, misalnya setaraf kaki lima atau ekonomi ke atas. Jika target market kamu adalah level menengah, maka siapkan konsep booth dengan desain yang sederhana namun tetap menarik konsumen.

Menentukan Lokasi Berjualan

Selanjutnya, tentukan lokasi berjualan. Pastikan kamu berjualan di tempat keramaian. Seperti stasiun, di dalam mall, pinggir jalan raya atau kompleks perumahan.  Ide jual ayam yang bisa kamu coba adalah bisnis ayam goreng lalapan.

Nah, seiring perkembangan teknologi kamu bisa lebih mudah memasarkan produk tanpa harus membuka booth. Caranya menjadi mitra ojek online. Dengan begitu, kamu bisa melebarkan sayap bisnis lebih cepat. Agar konsumen lebih tertarik, kamu bisa menawarkan promo diskon atau cashback tanpa mengurangi keuntungan.

Lebih Mengutamakan Rasa serta Kualitas

Hal terpenting bagi seorang pebisnis kuliner adalah mengutamakan rasa serta kualitas sebuah produk. Apabila kamu hanya fokus pada lokasi dan mengesampingkan rasa maupun kualitas, maka tidak akan membuahkan hasil yang bagus.

Nah, sebelum mulai berjualan, sebaiknya kamu mencari resep ayam goreng yang enak. Dan mintalah kritik dari beberapa kerabat sebelum memasarkan secara luas. Dengan kritikan atau saran tersebut, kamu dapat mengetahui bagaimana selera pasar. Tentu saja hal ini dapat membantu bisnis lebih berkembang.

Mencari Bahan Masakan Dengan Harga Murah

Untuk mendapatkan keuntungan, tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah mencari bahan masakan dengan harga miring. Kamu bisa mendatangi tempat pemotongan ayam langsung atau berbelanja ke pasar tradisional. 

Membuat Merek Dagang Yang Gampang Diingat

Tips jual ayam goreng selanjutnya adalah membuat merek dagang yang mudah diingat dan jelas apa yang sedang kamu tawarkan. Upayakan nama brand tidak terlalu sulit pengucapannya.

Perhitungan Modal Jual Ayam Goreng

Berikut adalah asumsi perhitungan modal jual ayam goreng yang perlu kamu keluarkan. Untuk memulai jual ayam goreng, modal yang sekitar 5 juta, untuk peralatan memasak, seperti kompor, wajan dan lainnya. 

Berikutnya,, kamu harus mengeluarkan dana sekitar 1 juta per hari, untuk membeli bahan baku ayam, bumbu, kemasan dan lainnya. Sedangkan biaya bulanan untuk gaji 1 orang karyawan maka dana yang harus kamu keluarkan sekitar 3 juta rupiah/ bulan.

Perhitungan tersebut hanya sebatas asumsi yang dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk memulai bisnis kuliner ayam goreng. Dengan biaya di atas, kamu bisa menghitung estimasi omzet yang akan kamu peroleh, jika menjual 30 potong ayam per hari.

Lantas bagaimana cara menghitung harga jual ayam goreng? Maka hitung total modal ditambah dengan persentase laba yang ingin kamu dapatkan. Semisal kamu menginginkan laba 20%, maka perhitungannya sebagai berikut:

Harga jual = modal + laba = 1.000.000 + 200.000 = 1.200.000

Maka harga jual ayam, jika minimal terjual 100 porsi adalah Rp. 12.000

Kesimpulan

Tertarik membuka usaha ini? Yuk, belanja grocery atau kebutuhan lain usaha kamu di sayurbox. Sayurbox merupakan toko jual ayam online serta bahan dapur lainnya yang disuplai dari petani lokal secara langsung. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot mendatangi pemotong ayam atau ke pasar tradisional. Cukup unduh, lalu buka aplikasi sayurbox, dan temukan segala kebutuhan kamu di sini.

Demikian tips memulai jual ayam goreng yang bisa menjadi inspirasi usaha kamu. Kunjungi https://www.sayurbox.com/category/anekaayam-1-9a7726d0 untuk mendapatkan ayam dengan kualitas terbaik dengan hemat dan efisien. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.