oleh

Ini 5 Pesawat Terbesar Di Dunia Berkapasitas Ratusan Penumpang Sekali Penerbangan

Selama ini kamu biasanya hanya naik pesawat dengan kapasitas penumpang sedang atau biasa saja kan? Padahal kamu harus tahu bahwa rupanya ada pesawat dengan kapasitas penumpang lebih besar dibandingkan dengan pesawat yang biasa kamu tumpangi saat melakukan perjalanan udara.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mencoba untuk naik pesawat dengan kapasitas penumpang terbesar yang ada di dunia ini. Namun, jika kamu termasuk salah satu orang beruntung yang berhasil naik, tentunya hal itu akan menjadi pengalaman yang tak bisa terlupakan bagi hidupmu kan?

Di zaman serba modern ini terdapat banyak pesawat yang memiliki badan besar. Namun, pesawat – pesawat berbadan besar ini tidak semuanya bisa dibilang pesawat dengan kapasitas penumpang terbesar.

Salah satu hal menarik dari pesawat raksasa ini yaitu kemampuan mesinnya. Kamu tentunya penasaran kan pesawat – pesawat apa saja sih yang termasuk dalam kategori pesawat besar dengan kapasitas hingga ratusan penumpang dalam sekali penerbangan? Simak penjelasan berikut ini !

  • Airbus A380-800

Airbus A380 termasuk pesawat terbesar di dunia dengan badannya yang lebar dua tingkat dan dilengkapi empat mesin yang mampu menampung hingga 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 orang penumpang dalam konfigurasi 3 kelas.

Pesawat yang diproduksi oleh Airbus S.A.S ini melakukan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan kemudian memulai penerbangan komersial pada akhir 2007 setelah sempat ditunda beberapa kali.

Mendapat julukan “Superjumbo”, karena pesawat komersial ini memang merupakan pesawat penumpang terbesar yang pernah dibuat.

  • Boeing 747

Dikenal sebagai Jumbo Jet, Boeing 747 merupakan pesawat penumpang berbadan lebar terbesar kedua saat ini usai pesawat A380 beroperasi pada akhir Oktober 2007. Boeing Commercial Airplanes membekali pesawat ini dengan empat mesin. Digunakannya konfigurasi dua dek dimana dek bagian atas digunakan untuk kelas bisnis. Sementara konfigurasi 3-kelas (kelas pertama, kelas bisnis, dan kelas ekonomi) mampu menampung hingga 400 penumpang, serta konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi) yang mampu menampung hingga 600 penumpang.

  • Boeing 747-400

Boeing 747-400 merupakan pengembangan dari pesawat terdahulunya yaitu Boeing 747. Sama seperti pendahulunya, pesawat ini juga memiliki bodi yang besar.

  • Boeing 777

Boeing 777 juga termasuk keluarga dari pesawat berbadan bongsor yang diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes. Boeing 777 juga merupakan salah satu pesawat terbesar di Dunia bermesin jet dengan kapasitas penumpang sebanyak 314 hingga 451 orang untuk penerbangan sepanjang 9.695 hingga 17.594 km.

Garuda Indonesia yang merupakan perusahaan penerbangan asal Indonesia ternyata memiliki pesawat yang satu ini. Dan menariknya lagi, dengan menggunakan mesin yang diproduksi oleh General Electric yaitu GE90, pesawat Boeing 777 milik Garuda Indonesia ini mampu menjangkau jarak jauh.

  • Airbus A340

Airbus A340 merupakan pesawat penumpang komersial berukuran jumbo yang diproduksi oleh Airbus. Pesawat ini memiliki desain yang serupa dengan tipe Airbus A330, namun tipe A340 ini menggunakan empat mesin tidak seperti tipe A330 yang hanya menggunakan dua mesin. Dihadirkan untuk menggantikan pesawat generasi sebelumnya seperti Boeing 747, namun varian terakhir yang satu ini sekarang bersaing dengan Boeing 777. Lebih dari itu, A340 juga dioperasikan di seluruh dunia pada September tahun 2010. Dan produksi A340 resmi ditutup pada paruh ketiga 2011 lalu.