oleh

Hukum Bagi Orang Muslim yang Enggan Menunaikan Zakat Wajib Untuk Diketahui

Tentunya jika anda mengerti dan mengetahui bahwa saat ini sudah menjadi barang pasti dengan kemajuan. Di bidang teknologi serta informasi menambah kita dalam kaitanya memudahkan dalam melaksanakan zakat profesi online sehingga membuat kita tidak boleh ketinggalan serta dilewatkan. Oleh sebab itu kita harus terbuka dengan lebar dan fleksibel. Sehingga membuat kita pastinya harus dengan cara apapun tidak boleh sekalipun meninggalkan zakat. Yang merupakan sebuah kewajiban kita dalam kaitanya sebagai pribadi muslim unggul dan sejati pastinya. Oleh sebab itu tanpa berlama-lama berikut ini adalah kaitanya dengan hukum bagi orang muslim yang enggan menunaikan zakat wajib untuk diketahui yaitu diantaranya adalahsebagai berikut:

Orang Yang Mengingkari Kewajiban Zakat

Pastinya kita pun akan sangat sadar dan mengetahui bahwa zakat ini merupakan kewajiban rukun islam tidak hanya sekedar tunai menggugurkan kewajiban tetapi akan berdampak positif kedalam diri serta lingkungan sosial disekitar kita yang akan terciptanya sebuah rukun harmoni. Oleh sebab itu jika anda mengingkari serta tidak mau berzakat artinya merupakan bukan kalangan umat nabi muhammad SAW tentunya kita tidak mau jika terjadi maka jika dibiarkan akan termasuk orang yang merugi tiada tara.  Tentunya kaitanya dengan  orang yang mengingkari kewajiban zakat ini sebenernya  sudah mendapatkan perhatian ketika para ulama sudah bersepakat (berijma’) bahwa sidapa yang mengingkari dan menentang kewajiban zakat maka dia sudah tergolong kafir atau bahkan sudah murtad dan tidak diakui lagi keislamanya.  Pastinya jika itu menimpa kita tidak akan pernah dibayangkan jika mengingkari kewajiban zakat ini sudah dianggap murtad dari islam yang ini merupakan sebuah kerugian sangat besar sekali dan amat celaka sudah barang tentu.  Tidak hanya itu saja bahkan Imam nawawi rahimullah berkata” barangsiapa yang mengingkari kewajiban zakat di zaman ini, ia kafir berdasarkan kesepakatan para ulama. Oleh sebab itu jangan pernah anda sedikitpun berusaha menunda-nunda zakat segera mungkin tunaikan dan tidak boleh hingga mengingkari atau melaksanakan maka niscaya kelak anda akan rugi dan sengsara pastinya.

Orang Yang Enggan Menunaikan Zakat Karena Bakhil Serta Pelit

Tidak hanya itu saja tentunya anda harus sangat mengerti dan jeli bahwa hukum bagi orang muslim yang enggan menunaikan zakat wajib untuk diketahui yaitu salah satunya yang termasuk orang yang mampu berzakat tapi enggan menunaikan zakat karena bakhil serta pelit maka sangatlah merugi. Hal ini sudah barang tentu pastinya sudah dijelaskan dalam firman allah yang berbunyi dalam (QS. At taubah: 34-35). “ Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak tidak menafkahkanya pada jalan Allah, maka beritahukanlah  kepada mereka,(bahwa mereka akan mendapatkan siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar denganya dahi mereka, lambung dan pungung mereka lalu dikatakan kepada mereka:”Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari apa yang kamu simpan itu.” Tentunya ini merupakan sebuah teguran dan peringatan dari Allah SWT langsung rabb kita semesta alam maka oleh karena itu kita sebagai hamba hakikatnya harus sangat patuh dan taat dalam kaitanya harus menunaikan kewajiban berzakat. Pastinya hal demikian dimaksudkan juga agar kita dapat selamat dunia akhirat dan tidak akan pernah merugi dan menyesal di dunia atau bahkan nanti di akhirat kelak.

Komentar

News Feed