oleh

Hal Penting Terkait Pendaftaran Kartu SIM yang Patut Diketahui

Tercatat mulai tanggal 31 Oktober tahun 2017, pemerintah Indonesia telah mewajibkan para pengguna kartu SIM untuk melakukan registrasi kartu. Aturan ini dikeluarkan karena adanya kekhawatiran akan aktivitas kriminal yang sering dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. Dengan mendaftarkan NIK serta KK, maka pemilik kartu akan lebih mudah terlacak kepemilikannya.

Alasan Dilakukannya Aturan Pendaftaran Kartu

Perlindungan terhadap pengguna kartu SIM dapat diperoleh apabila dilakukan registrasi setiap kartu SIM. Upaya penipuan dan juga penyebaran berita bohong atau hoax seringkali dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab sehingga perlu dilakukannya pemantauan dari kepemilikan nomor kartu SIM.

Selain itu, dengan dilakukannya pendaftaran kartu SIM, pemerintah akan dapat melakukan visi National Single Identity agar setiap identitas kepemilikan kartu terhubung ke identitasnya di Dukcapil.

Cara Melakukan Pendaftaran Kartu

Kewajiban untuk melakukan pendaftaran kartu perdana harus dilakukan baik oleh pengguna baru ataupun pengguna lama kartu Smartfren dan kartu perdana lainnya. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan baik secara mandiri ataupun dengan meminta bantuan operator di gerai telekomunikasi resmi.

  1. Registrasi Melalui SMS

Registrasi lewat SMS tergolong cukup mudah. Anda hanya perlu mengetikkan format SMS yang meliputi nomor KK dan juga KTP. Format tulisannya adalah NIK KTP# Nomor KK#. Setelahnya SMS ini dikirimkan ke nomor 4444.

  1. Registrasi Melalui Website

Cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui website resmi provider telekomunikasi Smartfren yakni https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php. Pada laman ini, Anda akan diminta untuk mengisikan beberapa data di tempat yang telah disediakan.

Anda harus mengisi keterangan terkait nomor KK dan juga NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang ada pada KTP. Selain mengisi nomor KK, Anda juga bisa mengupload foto KK saja.

  1. Berkunjung ke Gerai Resmi Smartfren

Selanjutnya adalah registrasi resmi di gerai – gerai Smartfren yang ada di kota Anda. Para petugas akan membantu Anda dalam pengisian data yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP dan juga KK.

Informasi lengkap mengenai penawaran terbaru dari Smartfren bisa didapat dari laman resmi yakni www.smartfren.com.

News Feed