oleh

Gejala Demam Berdarah yang Jarang Diketahui

Tak cuma demam, penderita demam berdarah juga akan merasakan gejala lain yang sangat mengganggu.

Penyakit demam berdarah seakan tak henti-hentinya menghantui banyak orang di Indonesia. Parahnya, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti ini tak pandang bulu dalam mengincar korbannya. Anak, dewasa, bahkan lanjut usia bisa saja menjadi korbannya.

Meski ancamannya nyata, tak sedikit orang yang paham betul gejala yang terjadi akibat demam berdarah. Hal ini wajar, karena penyakit tersebut memang memberikan gejala yang mirip dengan penyakit lain, misalnya demam tifoid.

Kendati begitu, satu hal yang bisa Anda jadikan acuan bahwa suatu gangguan kesehatan terjadi akibat demam berdarah adalah terjadinya demam tinggi secara tiba-tiba.

“Gejala awal demam berdarah adalah munculnya demam bersuhu tinggi secara mendadak. Demam bisa mencapai hingga suhu 39 derajat Celsius atau lebih,” kata dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter.

Selain demam tinggi yang terjadi mendadak, demam berdarah juga biasanya akan memberikan gejala penyerta. Gejala-gejala tersebut, antara lain:

  • Pusing atau sakit kepala

Demam berdarah memberikan gejala pusing atau sakit kepala yang sangat terasa di belakang mata. Keluhan biasanya terasa tidak tertahankan dan membuat mata terasa benar-benar berat.

  • Nyeri sendi atau otot

Penderita demam berdarah akan merasakan keluhan ngilu pada sendi dan tulang-tulang di sekujur tubuhnya. Inilah mengapa penderita demam berdarah mengalami badan lemas hingga kesulitan untuk melakukan aktivitas.

  • Mual dan muntah

Pada beberapa kasus, penderita demam berdarah mungkin saja mengalami keluhan mual dan muntah. Kondisi ini harus diwaspadai, karena kemungkinan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan yang berujung kematian menjadi semakin tinggi.

  • Perdarahan

Gejala demam berdarah yang tergolong berat adalah perdarahan di dalam tubuh. Saat mengalami kondisi ini, bintik-bintik merah akan mulai bermunculan di kulit sekujur tubuh.

Di samping itu, penderita juga bisa mengeluhkan adanya mimisan atau gusi berdarah yang parah. Pada kasus lebih lanjut, penderita juga bisa mengeluarkan feses disertai darah.

Jika Anda menemukan adanya gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter supaya bisa ditindak dengan cepat dan tepat. Jangan abai, apalagi sampai menganggapnya sepele. Demam berdarah yang terlambat ditangani bisa berujung pada kematian.

Komentar

News Feed