oleh

Fungsi dan Komponen Harddisk yang Perlu Kamu Tahu

Harddisk adalah salah satu perangkat keras yang ada pada komputer yang berfungsi untuk menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data yang ada pada komputer. Harddisk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan. Berbeda dengan media penyimpanan RAM yang hanya berfungsi untuk menyimpan data selama perangkat tersebut memiliki daya saja.

Fungsi Harddisk:

Harddisk merupakan salah satu jenis memori berkapasitas besar yang terdapat pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Data yang disimpan pada komputer tersebut seperti pada sistem operasi anda (windows, linux), software (browser, office dll) serta data pribadi milik anda yang tersimpan pada komputer (dokumen, foto, lagu dll).

Harddisk hadir dengan berbagai macam ukuran kapasitas penyimpanan yang mampu untuk menyimpan data pada komputer hingga milyaran bytes. Biasanya semakin besar  ukuran kapasitas penyimpanan dari sebuah harddisk maka semakin rendah pula kecepatan RPM (rotate per minute) harddisknya. RPM disini mengacu pada kecepatan putar harddisk dalam jangka waktu satu menit yang dilakukan oleh salah satu komponen harddisk yang disebut juga platter. Setiap harddisk memiliki kecepatan putar yang berbeda-beda tergantung pada jenis harddisknya, namun kecepatan yang banyak digunakan saat ini adalah 5.400 rpm.

Komponen-Komponen pada Harddisk:

Harddisk terdiri dari beberapa komponen penyusun yang mampu untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Adapun komponen tersebut diantaranya ialah :

  1. Platter

Platter terbuat dari bahan keras seperti aluminium, kaca atau keramik yang kemudian diselimuti dengan bahan magnetis yang berfungsi untuk menyimpan data dikomputer anda. Sebuah harddisk berkapasitas besar biasanya dilengkapi dengan platter yang di mana lebih dari satu, yang disusun secara bertumpuk di tengah spindle.

  1. Spindle

Spindle merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan platter agar tetap berada diposisinya pada saat platter diputar. Selain itu pada spindle juga terdapat motor yang berfungsi untuk memutar platter dengan kecepatan yang tinggi.

  1. Read/write head

Read/write head adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk membaca, menulis atau menghapus data yang ada pada platter. Terdapat satu head di tiap sisi platter, satu sisi diatas yang berfungsi untuk membaca dan satu sisi dibawah yang berfungsi untuk menulis. Dalam hal menjalankan setiap fungsinya read/write head ini dibantu dengan komponen perangkat actuator arm.

  1. Read/write actuator arm

Read/write actuator arm berperan layaknya sebuah lengan pada jenis pemutar musik yang dulu. Arm ini berfungsi untuk menyesuaikan posisi read/write head sesuai dengan lokasi data yang akan tulis pada pattern.

Cara menyimpan data dalam harddisk:

Data disimpan pada permukaan dari piringan. Piringan tersebut terbai 2 hal penting, yaitu Sector dan Track. Track adalah lingkaran konsentrisnya, sedangkan sector adalah potongan dari track itu sendiri, yang mirip seperti irisan kue pie.

Track pada gambar disamping diwakilkan dengan warna kuning. Sedangkan sector ditampilkan berwarna biru. Sebuah sector berisi data dalam bentuk bytes, contohnya 256 atau 512. Tergantung dari drive ataupun sistem operasinya, sector dapat digrupkan menjadi satu menjadi clusters.

Kemudian, komputer akan menginstruksikan kepada komponen hardware pada hard disk untuk menuliskan data yang akan disimpan. Lalu, motor dari piringan akan berjalan dan membuat piringan akan berputar. Kemudian, head berfungsi untuk menulis atau write akan mulai memberikan efek magnetis terhadap sector. Dan data yang sudah dibuat akan tersimpan pada sector tersebut. Ketika data yang sudah ditulis telah selesai disimpan, komponen motor akan tetap bergerak terus. Motor akan berhenti hanya jika komputer berhenti menyala.

Komentar

News Feed