oleh

Elemen Air yang Penting Bagi Kehidupan Manusia

Bisa dikatakan bahwa air merupakan elemen terpenting dalam kehidupan kita. Sebab, jika tidak ada air, maka kita tentu tidak bisa hidup secara normal. Sebab, air merupakan elemen penting yang harus dijaga seperti di dalam tubuh yang terkandung mayoritas air hingga 60%. Untuk itu, kita perlu memastikan ketersediaan sumber mata air bersih tetap tercukup hingga di masa yang akan datang. Agar bisa mewujudkan hal tersebut, beberapa hal berikut bisa Anda lakukan di lingkungan sekitar.

Mencegah penebangan hutan

Hutan merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia. Seringkali, hutan digambarkan sebagai paru-paru dunia karena menjadi produsen oksigen yang sangat dibutuhkan manusia. Kelestarian hutan yang terjaga juga bisa membantu melindungi hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya mengingat hutan merupakan tempat tinggal beragam jenis makhluk hidup didalamnya.

Tidak hanya berperan sebagai paru-paru dunia, hutan juga berperan dalam menjaga sumber mata air yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan banyaknya pohon, kadar air dalam tanah di hutan akan tetap terjaga dan membuat pasokan air bersih bisa tetap terpenuhi dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, kita perlu senantiasa menjaga kelestarian hutan dengan melakukan berbagai macam cara. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mencegah penebangan hutan secara liar hingga akhirnya membuka lahan baru yang bisa merusak kelestarian sumber mata air untuk setiap makhluk hidup.

Menciptakan sanitasi yang bersih

Sanitasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan pada lingkungan sekitar kita. Sebab, sanitasi yang buruk bisa menjadi sumber masalah yang perlu diwaspadai. Saat sanitasi di lingkungan Anda tergolong buruk, beragam penyakit bisa hadir dan mengganggu kesehatan masyarakat yang tinggal disekitarnya. Semakin parah, sumber mata air yang ada di sekitar kita juga akan tercemar karena sanitasi yang buruk.

Untuk menciptakan sanitasi yang bersih, ada beragam cara yang bisa dilakukan. Beberapa hal tersebut antara lain membuat septic tank secara terpadu, tidak buang air sembarangan dan menjaga kebersihan kamar mandi. Saat sanitasi berada dalam kondisi yang bersih, niscaya penyebaran penyakit bisa ditekan dan kebersihan sumber mata air tetap akan terjaga.

Melalui kampanye sehat Aqua, air mineral paling laris di Indonesia ini mengajak serta Anda untuk melakukan konservasi Sumber air AQUA secara berkelanjutan. Program sehat aqua ini semata-mata agar air bersih yang dibutuhkan manusia tetap tercukup hingga ratusan atau bahkan ribuan tahun kedepannya.

Komentar

News Feed