oleh

Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Mitos dan Fakta Seputar 

Mitos

Masyarakat Zaman dahulu mungkin mengenal daun kelor sebagai daun yang mistik, dan terkenal sebagai daun pengusir mahluk halus. Sampai sekarangpun daun ini masih bisa kita jumpai diikat di atas pintu rumah-rumah masyarakat. Tetapi memang orang dahulu mempercayai daun kelor sebagai penangkal roh halus.

daun kelor

Seiring berkembangnya Zaman sedikit demi sedikit keyakinan itupun terkikis. Namun tidak semua daerah sudah menghilangkan mitos mereka. Kita mengambil sampel contoh Masyarakat Probolinggo menjadikan daun kelor sebagai sayur, teman dengan nasi untuk makan sehari-hari.

Mereka berpendapat bahwa sudah menjadi hal yang biasa memakan sayur dengan Kelor. Bagi mereka tidak ada hal mistik terjadi saat memakan daun ini, bahkan daun ini sangat murah dan mudah didapat.

Fakta

Jika mengetahui lebih lanjut sisi kandungan daun kelor, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari daun yang satu ini. Daun Kelor atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Moringa Oleifera ini, biasanya mempunyai tinggi antara 7 sampai 11 meter.

Daunnya berbentuk bulat telur kecil untuk ukuran pohonnya yang cukup tinggi. Bunganya biasanya berwarna putih kekuningan dengan tudung pelepah bunga berwarna hijau. Bunga pohon kelor ini tumbuh sepanjang tahun dengan aroma semerbak yang khas.

Sementara buahnya berbentuk segitiga memanjang yang kadang oleh masyarakat disebut Kelentang yang juga bisa dimasak. Daun ini sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Hasil penelitian organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa daun kelor adalah alternative kesehatan paling murah di dunia selama ini. Bahkan mereka menganjurkan agar bayi dan balita bisa mengonsumsi daun kelor untuk membantu pertumbuhan mereka.

Tercatat lebih dari 300 penyakit bisa disembuhkan dengan daun kelor ini. Penyakit asam urat yang biasanya menyerang lansia bahkan bisa berkurang jika rutin mengonsumsi daun ini. Kembali pada pernyataan bahwa daun ini merupakan alternative kesehatan paling murah.

Sepanjang sejarah kesehatan dunia daun ini terbukti obat alternatif kesehatan. Dari pernyataan ini masyarakat bisa mengembangkan pohon kelor ini sebagai komoditi yang bisa di ekspor ke luar negeri.

Kabar Tentang Daun Kelor?

daun kelor

Khasiatnya yang sangat banyak membuat para investor pun turut tertarik untuk membayar mahal daun ini. Mereka percaya jika daun ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, hal ini bisa membuat mereka mendapatkan untung dengan menjualnya kembali.

Saat ini ada kabupaten yang sudah menjadikan pohon kelor sebagai komoditi untuk diperjualbelikan. Kabupaten Timor Tengah Utara, sebuah wilayah yang berbatasan dengan Timor Leste sudah mengalokasikan lahan seluas 125 hektar untuk tanaman ini.

Mereka sengaja menanam pohon kelor untuk dikonsumsi dan diekspor ke Jerman, Amerika Serikat bahkan Perancis. Semoga langkah sukses ini ditempuh oleh para pemuda untuk melestarikan dan mengkonsumsi daun ini untuk kesehatan menuju masa depan.

Daun Kelor Mampu Mengobati Penyakit Ganas

Berdasarkan Penelitian

Dilansir dari tipssehat99.tk, daun kelor itu ternyata mengandung 3 kali potasium dari pada pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari bayam, 7 kali vitamin C jeruk, 4 kali kalsium susu, dan 3 kali protein yoghurt.

Sungguh sangat-sangat spektakuler yah daun yang satu ini? Daun yang satu ini asli Indonesia punya dan telah popular faedahnya hingga seluruh dunia. Banyak penelitian yang menemukan faedah daun kelor untuk kesehatan badan.

Berdasarkan Pembuktian

Daun kelor sudah dianggap juga sebagai tanaman ajaib yang bisa dipakai sebagai obat herbal semua penyakit.  Kandungan vitamin C daun kelor paling banyak dibandingkan dengan buah atau sayur lainnya. Diluar itu kandungan vitamin A dan potassium daun kelor sangatlah tinggi.

Tak mengherankan bila daun ini dianggap juga sebagai daun ajaib yang sangatlah bagus untuk badan.  Dan dapat  menyembuhkan berbagai penyakit ganas. Kandungan yang sangat banyak terdapat di dalam daun ini membuatnya memiliki banyak faedah.

Siapa yang masih Bingung mengkonsumsi?

Singkatnya mengenai daun ini terlalu banyak mitos-mitos yang sengaja dilesatarikan dalam belantara nusantara ini. Terkandung ribuan hal-hal yang sangat berguna dan penting menjadi tidak bernilai akibat mitos ini. Bahkan daun kelor yang mempunyai manfaat sebanyak ini menjadi mati kutu berkat mitos.

Dan sampai sekarangpun banyak masyarakat yang tidak tahu akan manfaat yang terkandung di dalam daun ini. Semoga artikel ini bisa meningkatkan pengetahuan Anda mengenai tanaman dan manfaat di dalamnya. Semoga bermanfaat!

(Sumber: tribunkaltim.co  dan minumkopi.com)

Komentar

News Feed