oleh

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing Dijamin Cuan!

Sebelum memulai sebuah bisnis, mengetahui pasar serta kompetitor adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan. Tak hanya modal serta analisis risiko, seorang pebisnis juga perlu mempelajari seluruh faktor yang akan berpengaruh bagi bisnisnya dari semua sisi. Dengan strategi yang tepat, sebuah bisnis akan dapat berkembang dan mencapai target serta potensi yang maksimal. 

Selain itu, modal ataupun budget yang dimiliki juga sangat berpengaruh pada jenis bisnis yang akan dijalani. Semakin besar modal yang dimiliki, tentu saja peluang bisnis dalam berbagai bidang akan semakin terbuka lebar.

Dalam berbisnis di era modern seperti saat ini, jangan lupa juga untuk memanfaatkan peran teknologi dalam bisnis Anda. Manfaatkan akses dari berbagai platform media sosial untuk meningkatkan branding serta awareness dari bisnis Anda. Berikut ini adalah contoh peluang usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, namun berpotensi untuk mendatangkan keuntungan yang besar:

1. Bisnis Makanan Ringan

Di era pandemi seperti saat ini, berbagai kegiatan serta aktivitas masyarakat memang cenderung terhambat dan memaksa kita semua untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dengan begitu, peluang untuk berbisnis makanan ringan atau snack sangatlah terbuka lebar. Karena semakin sering orang berada di rumah, tentu saja kebutuhan asupan makanan ringan semakin tinggi, seperti makaroni kering, kerupuk kulit, dan popcorn. Sehingga, bisnis makanan ringan bisa menjadi salah satu bisnis yang patut Anda coba.

Hanya saja, ingat bahwa bisnis ini sifatnya mengikuti trend. Solusinya, Anda bisa mencari snack yang kemungkinan dari waktu ke waktu tetap diminati, contohnya seperti keripik singkong. Ini bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan tentunya berlaku bagi setiap daerah. Sehingga, ini bisa dijadikan peluan bisnis kecil di berbagai daerah.

2. Bisnis Frozen Food

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing selanjutnya adalah bisnis Frozen Food. Hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, permintaan akan produk frozen food pun semakin meningkat di era pandemi. Semakin banyak orang memerlukan makanan yang praktis dan bisa disimpan lama di dalam kulkas. Tak heran bisnis frozen food untuk produk-produk seperti sosis, nugget, dan french fries semakin ramai peminat. 

Terbukti di beberapa belahan negara seperti wilayah negara Eropa mendeteksi bahwa seiring dengan berkembangnya food delivery business permintaan menu french fries semakin meningkat. Berkaca dari pasar Eropa, maka hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga di beberapa negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

3. Bisnis Katering Sehat

Tren pola hidup sehat yang terus berkembang di seluruh lapisan masyarakat membuat permintaan akan makanan yang sehat terus melonjak. Semakin banyak orang yang sadar akan kebutuhan gizi serta kesehatan tubuh dapat Anda jadikan peluang untuk membuka bisnis katering makanan sehat. Menurut Bisnis.com justru dengan adanya pandemi ini membuat banyak pihak sadar bahwa sekalipun mengkonsumsi fast food, konsumen tetap mengedepankan higienis dan kualitas makanan yang berbobot. 

4. Bisnis Minuman Kesehatan

Imunitas menjadi salah satu hal yang paling krusial di era pandemi seperti sekarang ini. Kebutuhan masyarakat akan berbagai vitamin serta nutrisi pun semakin meningkat setiap harinya. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dari sisi bisnis dengan mencoba untuk melakukan produksi minuman kesehatan seperti empon-empon dan jamu.

Dengan modal yang kecil, bisnis minuman kesehatan ini layak untuk dicoba. Produk olahan jamu di saat pandemi ini terbukti memberikan keuntungan bagi sebagian orang. Dilansir melalui detik.com, modal pembuatan jamu hanya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, namun hasil yang diterima bisa dua kali lipatnya.

5. Bisnis LPG dan Air Minum Galon

Rasanya hampir seluruh keluarga saat ini menggunakan gas LPG untuk keperluan di dapur. Dengan mencoba bisnis LPG serta isi ulang air minum galon, Anda tak perlu menyewa tempat usaha ataupun menyiapkan modal yang besar. Dengan modal yang terbatas, bisnis LPG serta air minum galon memang menjadi salah satu bisnis yang dipastikan akan laku setiap harinya.

6. Bisnis Toko Online

Sebenarnya toko online memang sudah mulai ramai diminati sejak beberapa tahun terakhir, namun dengan adanya pandemi membuat tren toko online kembali naik. Semakin banyak orang yang lebih suka berbelanja dan membeli barang serta kebutuhan sehari-harinya secara online membuat peluang.