oleh

Ciri Hamil Muda

Ciri-Ciri Hamil Muda

Ciri-ciri orang hamil
Ciri-ciri orang hamil

Bagi sebagian wanita, ciri-ciri hamil muda kadang memang menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu, apalagi jika Anda dan pasangan memang sedang berusaha hamil. Berbeda wanita, berbeda pula ciri-ciri kehamilan yang dialami. Semua itu tergantung kondisi dan ketahanan tubuh para calon ibu. Lalu apa saja ciri hamil muda yang biasa muncul pada wanita? Simak 6 ciri hamil muda yang umum dan wajib diketahui tiap pasangan.

Baca Juga : ciri ciri orang hamil

Beberapa ciri hamil muda yang umum dialami

Morning sickness

mual dan muntah
mual dan muntah

Ciri-ciri hamil morning sickness ini, merupakan gejala paling umum yang ada pada trimester pertama. Kondisi mual dan berakhir muntah wajar dirasakan dari 85 persen calon ibu di pagi hari (kadang bisa sehari terasa mual). Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan morning sickness, banyak yang yakin bahwa mual dan muntah disebabkan hormon kehamilan yang berubah, yaitu hormon HCG (human chorionic gonadotropin).

Ngidam tapi malas makan

Ngidam tapi malas makan
Ngidam tapi malas makan

Kadang seseorang yang sedang mengandung, akan merasakan ingin makan makanan tertentu dilain sisi juga akan merasakan malas makan. Hal tersebut biasanya sangat berkaitan dengan ciri hamil muda, morning sickness.

Baca Juga : cara menghitung usia kehamilan

Ngidam pada hamil muda lebih mungkin dikarenakan oleh perubahan hormon. Tingginya kadar hormon saat hamil dapat mengubah persepsi ibu hamil terhadap aroma dan rasa. Hal ini mengakibatkan ibu hamil menginginkan jenis makanan tertentu atau malah menghindari makanan tertentu. Fluktuasi hormon ini menyebabkan berlanjutnya beberapa fase selama kehamilan.

Peka terhadap segala bentuk bau

Penciuman Sensitif

Semakin tingginya indra penciuman wanita, bisa jadi Anda mengalami ciri hamil muda. Banyak wanita yang mengakui, ketika dinyatakan hamil, indera penciuman mereka akan meningkat. Hal ini berkaitan dengan fase awal, morning sickness.

Semakin banyak calon ibu yang mencium berbagai aroma, semakin gencar kondisi tubuh yang akan menyebabkan mual dan muntah saat hamil. Fase ini biasanya akan berakhir setelah lewat trimester pertama kehamilan.

Sering buang air kecil

Buang air kecil

Mengapa hamil muda menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi sering? Begini, saat janin mulai berkembang dalam rahim, janin akan menempati sebagian besar area rahim dan menyebabkan tekanan pada kandung kemih. Posisi kandung kemih dan rahim nyatanya bersebelahan.

Selain itu pada masa kehamilan awal, ginjal Anda akan meningkatkan fungsi pembersihan racun-racun dalam tubuh untuk segera dikeluarkan. Hasilnya Anda akan sering buang air kecil. Disarankan untuk yang sedang hamil muda untuk tidak mengurangi asupan cairan tubuh saat hamil pada ciri-ciri kehamilan ini.

Payudara bengkak

Perubahan Payudara
Perubahan Payudara

Ciri hamil muda yang satu ini, akan menyebabkan payudara Anda membesar ditambah sensitif serta sakit ketika disentuh. Mengapa payudara jadi bengkak dan sakit? Perubahan hormon memengaruhi segala kondisi tubuh ibu. Pada kasus payudara yang berubah, hormon tubuh akan memperluas saluran susu dan menghasilkan pertumbuhan kelenjar susu yang lebih cepat. Hal ini biasanya terjadi saat 2-6 minggu masa kehamilan awal.

Bercak darah atau flek mulai muncul

Bercak darah
Bercak darah

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantasi bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi padahal bercak darah ini merupakan ciri hamil muda yang jarang disadari wanita hamil.

Semoga Bermanfaat.

Sumber: Hellosehat

Komentar

News Feed