oleh

Cari Mobil Bekas? Berikut Tips dan Trik Memilih Mobil Bekas Terbaik Berkualitas

Mobil Bekas JakartaBukan sebuah rahasia lagi, jika mobil adalah sebuah kendaraan yang status kebutuhannya telah bergeser dari tersier ke sekunder. Bahkan bukan tidak mungkin jika kemudian menjadi kebutuhan primer. Mengingat dijaman ini, kendaraan pribadi bukan hanya sebatas gaya hidup dan kemewahan, melainkan menjadi sebuah kebutuhan penting untuk keluarga.

Nah, jika Anda berniat untuk membeli sebuah mobil baru, sebaiknya Anda pikirkan untuk membeli mobil bekas saja. Karena disamping kualitas dan harganya yang memuaskan, harga jual kembalinya juga tidak begitu mengecewakan. Berikut beberapa poin yang harus Anda ketahui sebelum membeli sebuah mobil bekas:

1. Kenali background alias latar belakang mobil

Sebelum Anda menentukan untuk membeli mobil bekas, perhatikan juga latar belakang atau seluk beluk mobil tersebut. Bertanyalah secara detail mengenai latar belakang mobil yang akan Anda beli. Seperti kapan membeli mobil, kemana biasanya membawa mobil, frekuensi menggunakan mobil, riwayat kerusaka,  kecelakaan, dan seberapa sering melakukan service dan perawatan, juga mengenai alasan penjualan.

Jika anda puas dengan jawaban-jawabannya, anda dapat langsung melakukan pengecekan mobil.

2. Periksa bodi dan teliti saat mengecek performa mobil

Sebelum membeli mobil, periksalah kendarannya. Bagian pertama yang mudah dicek adalah fisik atau bodi mobil. Dari sinikah terlihat kejujuran pemilik kendaraan. Bagian fisik mobil yang perlu diperhatikan adalah kondisi cat mobil, apakah ada goresan, karat, penyok, ataukah masih mulus.

Setelah itu, perhatikan dan cek dengan cermat setiap detail dari bodi mobil, termasuk plafon. Ciri plafon yang masih bagus adalah ia masih tebal. Plafon ini perlu diperhatikan karena akan melindungi suhu udara di dalam mobil, terutama siang hari. Ban mobil juga jangan luput dari perhatian Anda. Jika ban sudah menipis, berarti anda kemungkinan sudah harus menggantinya. Lampu, kolong mobil, juga harus Anda perhatikan. Jangan sampai luput dari perhatian Anda.

Mesin adalah bagian penting dari proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin harus dengan cermat dan teliti. Caranya yaitu :

  • hidupkan mesin mobil.
  • Kemudian, perhatikan bunyi mesin yang menyala.
  • Kalau mesin masih terdengar halus, tidak kasar, dan mobil mudah distarter, artinya kondisi mesin masih bagus.
  • Namun, jika mobil terasa bersuara kasar, maka tanyakan kepada si penjual, kenapa hal seperti ini terjadi dan cek kerusakannya.

3. Periksa dengan teliti kelengkapan dan kondisi fisik surat-surat kendaraan

Surat-surat kendaraan wajib anda perhatikan saat membeli mobil. Cek dengan teliti keaslian STNK dan BPKB mobil, karena tidak dapat dipungkiri, saat ini banyak orang yang memalsukan STNK dan BPKB untuk menjual mobil hasil curian. Anda harus memastikan bahwa  mobil yang akan anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka anda akan mudah jika akan mengurus urusan balik nama dan administrasi lainnya.

Supaya lebih meyakinkan, Anda bisa melakukan cek fisik di kantor samsat. Melalui cek fisik ini, anda bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang tertera. Jika Anda akan cek fisik mobil bekas, berkomunikasilah terlebih dulu dengan sang pemilik. Jika Anda yakin akan membeli, maka sang pemilik akan dengan senang hati mengijinkan.

4. Selalu lakukan riset dan tentukan tempat pembelian

Sebelum anda membeli mobil, prioritaskan untuk mengecek dengan teliti luar dan dalam mengenai mobil bekas. Riset mengenai mobil bekas ini dapat anda temukan sumbernya dari mana saja, baik dari teman, keluarga, majalah-majalah otomotif, ataupun dari situs-situs otomotif, dan media sosial.

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memilih tempat membeli mobil. Saat ini terdapat banyak pilihan, baik dari penjualnya langsung, showroom, atau melalui perantara. Mobil bekas jakarta bisa menjadi pilihan yang tepat dan menyediakan layanan khusus untuk Anda yang berniat membeli mobil bekas dengan kualitas terbaik.

Komentar

News Feed