oleh

Cara Mudah Mengatasi Masalah Gangguan Pendengaran

Memiliki masalah gangguan pendengaran, baik sejak lahir ataupun ketika dewasa dan manula, dapat mempengaruhi cara berkomunikasi hingga kewaspadaan diri seseorang. Dengan indra pendengaran yang baik atau normal, manusia bisa berkomunikasi dengan baik dan mampu mencerna berbagai suara yang masuk sehingga respon yang diberikan juga tepat. Sebaliknya, jika indra pendengaran tidak bisa berfungsi normal, selain kurangnya cara berkomunikasi, seseorang dapat berada dalam bahaya akibat tidak bisa merespon suara.

Kini dengan majunya teknologi kedokteran, gangguan pendengaran bisa diminimalisir efeknya menggunakan alat bantu dengar. Bagi Anda yang memiliki masalah gangguan pendengaran atau memiliki anggota keluarga dengan gangguan pendengaran, menggunakan ABD bisa menjadi solusi yang paling tepat dan efektif untuk mengembalikan fungsi pendengaran. Namun penggunaan ABD juga harus ditunjang dengan terapi gangguan pendengaran sehingga telinga bagian dalam dan otak dapat beradaptasi dengan penggunaan alat baru ini sehingga bisa menghasilkan respon seperti yang diinginkan. Terapi juga berfungsi untuk melihat apakah penggunaan ABD jenis tertentu sudah tepat ataukah harus diganti dengan jenis lain yang lebih sesuai untuk memberikan manfaat yang maksimal.

Ada beberapa metode yang dilakukan pada sesi terapi bagi pengguna ABD baru antara lain:

  1. Melatih menggunakan kata-kata yang memiliki kosakata sulit didengar atau dibedakan.
  2. Terapi untuk meredam kebisingan atau suara-suara yang tidak diperlukan.
  3. Terapi untuk melatih cara mengontrol ABD bagi pengguna baru.
  4. Terapi untuk menyeimbangkan pendengaran antara telinga kanan dan kiri.

Pada beberapa kasus, menurunnya pendengaran tidak dialami di kedua telinga namun hanya di salah satu telinga saja. Seseorang bahkan tidak menyadarinya, di telinga sebelah mana ia mengalami penurunan daya dengar sehingga diperlukan terapi untuk mengetahuinya dan untuk mengatasinya memakai ABD. Kurang pendengaran sebelah juga bisa ditimbulkan karena adanya penyakit di telinga tersebut sehingga setelah penyakit disembuhkan, penderita dapat melakukan terapi untuk mengembalikan fungsi telinga menjadi normal kembali. Terapi dan pembelian ABD ini bisa Anda lakukan di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai yang memiliki tenaga ahli untuk membantu Anda mengetahui apa cara yang paling tepat untuk mengembalikan fungsi pendengaran.

Komentar

News Feed