oleh

Cara Mengobati Sariawan

Penyebab Sariawan

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncuk pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Penyakit ini sering disebut juga dengan aphthous ulcer, aphthous stomatitiscanker sores, atau mouth ulcer. Penyakit ini bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, namun sariawan tidak menular.

Penyebab penyakit satu ini yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadang, perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul.

Siapapun dapat mengalami penyakit ini, tapi memang lebih sering terjadi pada remaja dan wanita dewasa muda. Beberapa orang yang rentan sariawan bisa mengalami sariawan yang lebih parah.

Baca juga : Manfaat daun kelor 

Obat Sariawan Alami

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Entah itu di pipi dalam, bibir, atau lidah,  bisa terasa sangat sakit hingga bikin malas makan dan bicara. Nah, tahukah Anda obat penyakit ini yang ampuh tidak melulu harus pakai resep dokter? Beberapa pilihan obat alami ini bahkan mungkin sudah Anda miliki di rumah.

Meski penyakit ini tidak berbahaya, rasa perihnya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini pun bisa sangat lama sembuhnya, sekitar satu sampai dua minggu. Maka, bukannya tidak mungkin bikin Anda jadi tidak nafsu makan dan malas ngobrol dengan orang sekitar.

Inilah berbagai pilihan obat yang ampuh berikut ini:

1 . Madu

Madu
Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

Dilansir dari prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan penyakit ini. Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

2 . Air garam

Air garam
Air garam

Berkumur dengan air garam selama kurang lebih 1-2 menit menit dapat meredakan sariawan tanpa obat. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah penyakit ini berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain sebagai obat alami, garam bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut.

Untuk membuat air larutan garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan kumur-kumur air di dalam mulut. Jangan ditelan. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam untuk beberapa kali dalam sehari sampai penyakit ini terlihat mengempis.

3 . Kelapa

Kelapa
Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat alami atasi penyakit mulut ini. Kelapa bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat penyakit ini. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyembuh timbulnya penyakit yang satu ini.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

4 . Kantong teh bekas

Kantong teh bekas
teh bekas

Menggunakan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan obat alami di lidah dan bibir. Kantong teh bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat penyakit ini.

Daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi menurut American Academy of Periodontology.

Caranya cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

5 . Lidah buaya

Lidah Buaya
Lidah Buaya

Penyakit ini bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih sebagai obat alami penyakit ini di lidah. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada penyakit.

Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami.

6 . Es batu

es batu
es batu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar penyakit ini cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut.

Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat alami yang meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

Semoga artikel tentang cara mengobati Sariawan ini dapat membuat anda, paham dan menambah wawasan anda mengenai cara mengobatinya. Semoga bermanfaat.

Komentar

News Feed