Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut adalah mahkota kebanggaan bagi para perempuan dan laki-laki. Khususnya wanita rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting. Disamping dapat mempercantik tampilan, rambut juga dapat dijadikan sebagai ajang bergaya bagi seseorang.

Saat ini sudah banyak sekali produk perawatan rambut yang menawarkan dapat mengatasi rambut rontok, tetapi masih banyak orang yang memakai cara tradisional dikarenakan mudah dan aman. Meskipun menggunakan bahan alami tetapi hasilnya sangat efektif bagi rambut kita.

Menurut penelitian para ahli, rambut rontok merupakan hal yang wajar dan normal. Setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai. Sedangkan jumlah rambut kita adalah sekitar 100 ribu helai. Tetapi semua itu akan sia-sia jika anda mengalami rambut rontok.

Ketika kerontokan sudah parah anda dapat mengalami kebotakan. Hal ini tentunya tidak boleh terjadi dong? Untuk itu mari kita simak ulasan mengenai cara mengatasi Rambut Rontok berikut ini. Semoga informasi ini menginspirasi anda untuk selalu menjaga kesehatan rambut anda.

Bahan-bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

1 . Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini memiliki banyak kandungan yang diperlukan untuk rambut. Kandungan dalam lidah buaya ini tak hanya membuat rambut menjadi lebih sehat tetapi juga dapat membuat rambut menjadi kuat. Tak mengherankan banyak merk shampoo yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Cara memakai Lidah buaya bagi rambut:

Sebelum menerapkan cara ini, terlebih dahulu basahi rambut anda dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lender yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan 15-20 menit. Lakukan cara ini 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

2 . Kemiri

Orang tua zaman dahulu menggunakan kemiri sebagai bahan bahan masakan unggulan dengan cirri khas aroma yang lezat. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kemiri juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kerontokan.

Kandungan minyak kemiri sangat berguna menutrisi rambut kita. Membuat rambut kita menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan mampu merangsang rambut pada bagian kulit kepala anda.

Cara memakai Kemiri bagi rambut:

Cara menggunakannya yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyaknya. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut anda. Langkah terakhir yakni keramas dengan shampoo agar rambut anda bersih.

3 . Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung protein tinggi yang bermanfaat dan sangat efektif bagi rambut Anda. Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut. Karena kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat efektif untuk menguat rambut.

Cara memakai Alpukat bagi rambut.

Haluskan buah alpukat kemudian balurkanlah pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampoo agar bersih. Lakukan cara ini secara rutin agar anda cepat mendapatkan manfaatnya.

4 . Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Anda harus memasukkan daftar Yogurt ke dalam daftar cara mengatasi rambut rontok anda karena yogurt mempunyai banyak manfaat yang dapat membuat rambut kuat, bersih dan bersinar.

Cara memakai Yogurt bagi rambut:

Caranya sederhana anda dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10-15 menit agar nutrisi yogurt meresap ke dalam kulit anda. Setelah itu bersihkan dengan air bersih dan pakai sampo. Cara ini cocok anda terapkan 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar anda cepat mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

5 . Minyak Esensial

Minyak esensial terbuat dari bahan-bahan alami yang dibutuhkan oleh kepala dan rambut anda. Cara memakai minyak esensial ini cocok untuk cara mengatasi rambut rontok. Beberapa minyak esensial yang terbukti dapat mengatasi rambut rontok yakni seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa.

Cara memakai Minyak esensial bagi rambut:

Anda dapat membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya dan lakukan juga pemijatan di areal kulit kepala agar minyak cepat meresap. Cara ini sangat cocok bagi anda yang mengalami kerontokan rambut, terapkan secara rutin 2 kali dalam seminggu agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

6 . Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat aktif alliin dan allicin yang sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami kerontokan rambut.  Kedua zat tersebut merupakan senyawa sulfur yang bisa menunjang kesehatan rambut anda. Manfaat allicin pada bawang putih secara khusus telah diteliti melalui berbagai studi kajian kesehatan.

Cara memakai Bawang putih bagi rambut:

Caranya adalah haluskan bawang putih dan gunakan sebagai masker rambut. Setelah itu balurkan dan tunggu beberapa menit dan langkah terakhir adalah keramas menggunakan shampo agar rambut anda bersih. Lakukan cara ini secara rutin agar anda cepat mendapatkan manfaatnya.

7 . Teh Hijau

Teh hijau sangat bagus untuk kesehatan. The Journal of Alternative and Complementari medicine di Amerika mengungkapkan bahwa the hijau mampu menurunkan berat badan dan menambah nutrisi melalui kandungan antioksidan yang disebut dengan polifenol.

Cara memakai Teh hijau bagi rambut:

Caranya yakni buatlah the hijau panas seperti biasa dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin basuhlah air the tersebut keseluruh rambut Anda. Diamkan kurang lebih selama 1 Jam dan bilas rambut anda menggunakan shampoo. Lakukan lah secara rutin agar mendapatkan manfaatnya.

8 . Jahe

Jahe atau Ginger mengandung berbagai nutrisi atau gizi serta mineral dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Jahe mengandung berbagai nutrisi atau gizi dan mineral yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi rambut rontok.

Cara memakai Jahe bagi rambut:

Cara menggunakan Jahe untuk mengatasi rambut rontok anda. Caranya hamper sama sepeti menggunakan bawang putih atau dapat mengkombinasikannya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. Setelah itu keramas dengan menggunakan shampo.

9 . Jeruk Nipis

Kandungan kimia utama Jeruk nipis adalah Synephrine, yaitu  senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium ini. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin ditemukan di banyak obat tumor,  suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi rontok secara alami.

Cara memakai Jeruk nipis bagi rambut:

Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan dan usapakan pada kulit kepala. Jika anda memiliki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

Demikian trik dan tips mengatasi rambut rontok semoga artikel ini berguna bagi para pembaca yang memiliki permasalahan pada rambut. Semoga menambah pengetahuan anda agar selalu menjaga kulit kepala dan rambut dengan baik. Karena rambut adalah mahkota kita maka dari itu, jaga dan rawat ia.

 

(Sumber: blog.manjadda.com)

Komentar

News Feed