oleh

Cara Menemukan Financial Service yang Tepat

Dana yang cukup besar pasti dibutuhkan saat ingin mengembangkan usaha atau pemenuhan kebutuhan yang mendesak. Atau Anda butuh tempat untuk berinvestasi? Lalu mucul pertanyaan, bagaimana cara memperoleh dana tersebut? Bagaimana pula memastikan dana yang diinvestasikan tidak dibawa lari. Tidak mudah untuk mendapatkan financial service yang tidak memberatkan di kemudian hari. Ditambah masyarakat membutuhkan bantuan dana dengan cara yang mudah dan bunga yang ringan.

Cara Memilih Financial Service yang Tepat

Cara Menemukan Financial Service yang Tepat

Salah satu cara untuk memperoleh dana segar adalah meminjam dana di koperasi karena bunga yang diberikan lebih mudah dari bank. Koperasi juga bisa menjadi tempat berinvestasi yang dipercaya. Hanya saja memilih koperasi yang tepat merupakan sebuah keharusan. Sebagai financial service koperasi memberikan SHU setiap tahunnya kepada setiap anggotanya. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui pilihannya sudah tepat atau tidak. Cara yang bisa digunakan antara lain:

  1. Mengantongi Izin Dari Otoritas Yang Berwenang

Salah satu cara memastikan kalau pihak yang ingin dipinjami dana merupakan pihak yang bisa dipercaya adalah pastikan financial service harus punya izin dari pihak terkait. Pihak pendana harus sudah legal dengan dibuktikan kalau sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena itulah, Anda harus memeriksa dahulu mengenai perijinan. Pastikan izinnya masih berlaku karena beberapa perusahaan izinnya belum diperpanjang alias sudah kadaluarsa. Izin inilah yang memastikan nasabah tidak tertipu jadi dana simpanan dan anggunan tidak dibawa lari oleh koperasi karena sudah dijamin oleh OJK.

  1. Identitas Perusahaan Jelas

Semua pasti tidak ingin terjadi sesuatu dengan koperasi atau jasa keuangan tersebut tetapi semua tidak bisa mengetahui apa yang terjadi ke depan. Cara berikutnya adalah pastikan kalau Anda mengetahui dimana alamat, pemilik perusahaan hingga siapa orang yang bertanggung jawab atas perusahaan. Hal tersebut menjadi sangat penting karena jika terjadi sesuatu pada perusahaan bisa dengan mudah pihak nasabah bisa dengan mudah dimintai pertanggung jawaban. Dengan alasan itu, lihatlah pemilik dan pengurus koperasi terlebih dahulu supaya lebih yakin dengan dana investasi atau anggunan yang sudah diberikan tidak di salah gunakan.

  1. Batasan Izin Pemasaran Produk

Financial service diberikan batasan waktu dalam pemasaran produknya. Misalnya saja produk hanya bisa dipasarkan di area tertentu atau masa pemasarannya sudah habis jadi produk tidak bisa dipasarkan. Anda harus memastikan produk atau layanan yang diberikan oleh koperasi tersebut masih berlaku. Banyak masyarakat tertipu bergabung dengan sebuah koperasi yang produknya sudah habis masa waktunya. Bahkan tertipu oleh sales abal-abal jadi uang dibawa lari.

  1. Bunga Pinjaman Jelas

Pilihlah koperasi yang memberikan bunga pinjaman secara jelas dan terbuka kepada semua nasabah. Bunga yang diberikan biasanya merupakan bunga menurun  dan flat jadi nasabah tidak perlu cemas akan terbebani. Jangan meminjam kepada pihak yang memberikan pinjaman yang besar. Bunga simpanan juga biasanya dipasang di ruangan jadi bisa dilihat semua orang. Kalau memang diperlukan, langsung bertanya kepada petugas untuk informasi yang lebih lanjut. Mintalah bukti kalau penjelasan yang diberikan memang benar adanya.

Anda harus selektif dalam memilih financial service yang tepat. Salah-salah malah tertipu dan uang dibawa lari oleh orang yang tidak bertanggung jawab. MIS Group Financial Services mungkin bisa menjadi pilihan terbaik anda sebagai penyedia layanan keuangan nomor satu di Indonesia.

Komentar

News Feed