oleh

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Menjaga kesehatan adalah hal wajib yang dilakukan bagi setiap orang. Tubuh yang sehat adalah harta paling berharga dan mahal harganya. Istilah tersebut memang relevan mengingat tubuh yang sehat akan mendukung setiap aktivitas sehari-hari. Maka dari itu menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah langkah awal untuk kamu bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Budaya mencuci tangan harus diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa.

Apakah Anda tahu bahwa cara untuk mencuci tangan secara menyeluruh, Anda perlu membutuhkan waktu sekitar 40 detik bisa jadi sampai satu menit, atau kira-kira selama Anda menyanyikan lagu yang berjudul ‘Selamat Ulang Tahun’ sebanyak dua kali, agar tangan Anda terlihat benar-benar bersih? Anda mungkin ingin menyanyikan lagunya keras-keras, namun ini adalah hanya sebagai pengingat yang bisa jadi bermanfaat bagi Anda untuk mengambil waktu yang bisa Anda perlukan untuk mencuci tangan Anda! Mencuci tangan tidaklah semudah untuk membasahi tangan, mengoleskan pencuci tangan, menggosok dengan cepat dan membilasnya kembali bukan itu saja.

Kebersihan tangan yang baik bisa secara signifikan mengurangi penyebaran bakteri dan kuman berbahaya lainnya yang bisa menyebabkan diare, muntah dan infeksi berbahaya lainnya. Anda harus mengikuti 8 langkah berikut ini untuk mencuci tangan Anda dengan baik dan benar.

Langkah-langkah Mencuci Tangan:

  1. Basahi tangan dengan air mengalir yang bersih dan hangat
  2. Pakai sejumlah kecil sabun
  3. Gosok telapak tangan bersamaan, jauh dari air
  4. Gosok jemari dan jempol dan kulit di sela-sela
  5. Bersihkan telapak tangan Anda dengan kuku Anda
  6. Gosok bagian belakang setiap tangan
  7. Cuci dengan air bersih mengalir
  8. Keringkan dengan handuk atau tisu yang bersih

Dengan banyaknya hal yang bisa saja terjadi, pasti Anda sangat mudah lupa untuk mencuci tangan Anda sendiri. Mari coba membuatnya rutin dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Tinggalkan catatan untuk diri sendiri, gambar pada tangan anda, buat peringatan di ponsel Anda, atau tuliskan ini di daftar hingga Anda tidak lagi perlu diingatkan untuk membersihkan tangan Anda menggunakan langkah yang digariskan di atas.

Kebersihan tangan saat bepergian:

Secara umum mencuci tangan dilakukan saat sebelum dan sesudah melakukan suatu aktivitas. Namun ada waktu yang disarankan bagimu untuk mencuci tangan agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sedang sakit atau orang yang terluka akibat goresan atau kecelakaan
  2. Setelah bersin, batuk atau membersihkan ingus
  3. Setelah dari kamar mandi
  4. Setelah mengganti popok
  5. Sebelum dan sesudah masak atau menyiapkan makanan
  6. Sebelum makan
  7. Setelah membersihkan sampah
  8. Sebelum dan sesudah memasang softlens
  9. Setelah memegang hewan

Demikian beberapa waktu dan kegiatan yang disarankan untuk kamu mencuci tangan. Dari kegiatan sederhana mencuci tangan artinya kamu turut berkontribusi untuk menjaga kesehatan dirimu sendiri dan juga orang lain.

Jika kamu malas mencuci tangan, tak heran jika kamu akan mudah terserang berbagai penyakit. Penyakit yang sering dialami orang akibat jarang mencuci tangan dengan baik dan benar seperti mudah terserang penyakit pilek. Selain itu diare, terinfeksi bakteri E.Coli, keracunan makanan dan hepatitis A.

Tak mencuci tangan dengan baik dan benar juga bisa menimbulkan penyakit cairan tubuh dan impetigo. Impetigo adalah infeksi menular yang biasanya menyerang anak-anak ditandai dengan kulit kemerahan dan berkembang menjadi lecet kecil.

Cara mencuci tangan yang baik dan benar sangatlah mudah dilakukan. Hal sederhana seperti mencuci tangan dapat menghindari dirimu dari berbagai penyakit sehingga kamu akan terus sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Komentar

News Feed