oleh

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang menarik pastinya akan memberikan peluang yang lebih besar untuk mendapat perhatian para pemimpin para pencari kerja, jika sudah mendapat perhatian dari para pemimpin perusahaan peluang untuk Anda dipanggil pada sesi wawancara pun sangatlah besar.

Dibawah ini adalah tips untuk Anda dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang bisa menambah nilai jual resume Anda.

  • Anda harus menggunakan bahasa yang baik dan benar
  • Dalam format penulisan harus tersusun rapi dan tidak menggunakan gaya bahasa yang bertele-tele
  • Penulisan surat lamaran kerja hendaknya harus ditulis secara manual agar para pemimpin tahu surat lamaran kerja itu tulisan tangan anda yang membuatnya
  • Surat lamaran kerja juga harus dilengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja
  • Serta lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja Anda

Dalam membuat format penulisan resume, Anda perlu pastikan bahwa hal-hal dibawah ini sudah tertera dalam surat lamaran kerja yang Anda buat:

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang ditujukan
  • Salam hormat
  • Kata Pengantar
  • Biodata pribadi
  • Pengalaman kerja dan skill
  • Penutup

Berikut ini saya berikan contoh surat lamaran kerja yang dibuat sesuai dengan format diatas:

Indramayu, 20 November 2019

Kepada Yth :

HRD PT. TEGUH JAYA MOTOR

Jl. Pabean udik Indramayu

Dengan hormat

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kompas tertanggal 10 November 2019, PT. TEGUH JAYA MOTOR yang saat ini membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan ini saya melampirkan surat Lamaran ini, dengan maksud Saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                      : Mulyana

Tempat, Tanggal Lahir        : Indramayu, 11 April 1997

Jenis Kelamin                       : Laki-Laki

Pendidikan                            : TEKNIK ALAT BERAT

Alamat                                   : Jl. Raya Bungkul Barat Kel. Bojongsari Kec/Kab. Indramayu

No. Telepon                          : 089661xxxxx

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang,saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Pas Photo
  2. Fotocopy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Fotocopy Ijasah Terakhir
  5. Fotocopy Sertifikat Competensi
  6. Fotocopy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

 

Mulyana

Contoh Surat Lamaran Kerja bisa di Download disni

Dengan Anda membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, penting juga untuk mengetahui Anda akan melamar di mana dan jadi apa nantinya, apakah Anda ingin melamar di perusahaan atau untuk melamar CPNS. Kalau Anda melamar di perusahaan, Anda harus tahu apakah perusahaan itu miliki Swasta, BUMN, atau perusahaan pemerintah. Untuk membuat surat lamaran untuk di perusahaan bisa Anda tulis dengan cara diketik atau dengan cara manual yaitu dengan tulis tangan.

Untuk melamar pekerjaan selain Anda harus melampirkan surat lamaran pekerjaan, Anda juga biasanya akan dilakukan sesi tes wawancara. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan mental dan pikiran Anda dengan baik dalam pelaksanaan tes wawancara agar Anda tidak grogi dan Anda dapat menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan dengan tenang, baik, jujur, dan jangan lupa untuk berdoa semoga bisa diterima. Demikian tips dan kriteria serta contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda gunakan untuk melamar pekerjaan baik itu perusahaan Indonesia ataupun perusahaan luar negeri, semoga yang saya berikan ini bermanfaat bagi semuanya.

Komentar

News Feed