oleh

Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi

Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi secara Alami

Darah tinggi atau dalam bahasa ilmiah disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Selain itu darah tinggi atau hipertensi bisa juga disebabkan karena keturunan, stress, umur atau usia, terlalu banyak konsumsi sodium, kebiasaan minum minuman beralkohol, dan juga merokok.

Nah, jika Anda sudah mengalami kondisi tersebut biasanya sejumlah penyakit serius bisa saja menghampiri Anda, misalnya seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu rajinlah mengonsumsi makanan dan sayuran di bawah ini.

Baca Juga : penyebab tekanan darah tinggi

Berikut adalah cara cepat menurunkan darah tinggi secara alami dengan cara memperbanyak mengonsumsi makanan sehat seperti di bawah:

Buah-buahan

Buah-buahan menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami
Buah-buahan menurunkan darah tinggi secara cepat dan alami

Buah adalah salah satu sumber vitamin pelengkap dan utama untuk tubuh, beberapa jenis buah juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan darah tinggi :

1 . Buah alpukat

alpukat
alpukat

Buah ini memiliki kandungan vitamin E, serat, kalsium dan vitamin C. Dimana kandungan yang terdapat di dalamnya tersebut sangat dibutuhkan untuk penderita hipertensi.

2 . Buah Kiwi

kiwi
kiwi

Buah kiwi juga sangat disarankan untuk dikonsumsi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah yang tinggi. Dimana di dalamnya terdapat banyak potasium, vitamin C serta antioksidan yang sangat berguna mengontrol tekanan darah Anda.

3 . Buah Mengkudu

Mengkudu
Mengkudu

Buah Mengkudu tentu tidak mengherankan kenapa buah yang satu ini juga menjadi rekomendasi buah yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi tekanan darah. Kandungan buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk segala penyakit. Selain membantu tubuh mengeluarkan racun, buah mengkudu juga sangat ampuh melancarkan peredaran darah Anda.

4 . Buah Jeruk

Jeruk
Jeruk

Buah jeruk juga menjadi alternatif buah yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan potasium dan kalium yang terdapat di dalam buah pisang dapat membantu mengontrol peredaran darah Anda.

5 . Buah Semangka

Semangka
Semangka

Semangka memiliki kandungan vitamin A, lycopene, serat serta kalium yang sangat membantu Anda penderita hipertensi.

6 . Buah Blewah

blewah
blewah

Blewah dengan kandungan potasium yang tinggi tentu ampuh untuk membantu Anda menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

7 . Buah Anggur

Anggur
Anggur

Anggur juga menjadi salah satu buah-buahan yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah. Terdapat kandungan Bioflavonoid dan juga kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

8 . Buah Melon

melon
melon

Buah melon dengan kandungan potasium yang tinggi tentunya bermanfaat untuk menurunkan tekan darah Anda.

9 . Blueberry

Blueberry
Blueberry

Blueberry jarang orang tau tentang kandungan yang terdapat di dalam buah yang satu ini. Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang tentunya sangat bermanfaat bagi Anda penderita hipertensi atau darah tinggi.

Sayuran

Sayuran Penurun darah tinggi alami
Sayuran Penurun darah tinggi alami

Sayuran yang identik dengan rasa pahit atau hambarnya sering terlewatkan dalam menu makanan sehari-hari. Padahal sayuran sangat baik untuk Anda konsumsi demi menjaga ketahanan tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa kandungan dalam sayuran yang bisa menurunkan gejala darah tinggi, sehingga mengonsumsi sayuran ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat:

1 . Tomat

Tomat
Tomat

Tomat, jenis sayuran yang satu ini memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh. Selain vitamin C yang banyak terkandung di dalamnya, tomat juga memiliki kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang dapat membantu menurunkan kadar tinggi pada tekanan darah Anda.

2 . Buncis

buncis
buncis

Buncis yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang tentunya sangat membantu Anda dalam upaya menurunkan tekanan darah.

3 . Bayam

Bayam
Bayam

Bayam dengan kandungan serat yang tinggi dan juga kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

4 . Bawang Putih

bawang putih
bawang putih

Bawang Putih dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah yang biasanya di akibatkan tekanan darah tinggi.

5 . Mentimun

Timun
Timun

Mentimun salah sayuran juga yang dikenal sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Kandungan potasium yang tinggilah yang membuat mentimun wajib masuk pada daftar pelengkap makanan Anda sehari-hari.

6 . Kentang

Kentang
Kentang

Kentang, salah satu sayuran berkarbohidrat dengan kandungan magnesium dan potasium yang tentunya bermanfaat bagi Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

7 . Kedelai

kacang kedelai
kacang kedelai

Kedelai memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dan tentunya sangat bermanfaat untuk mengontrol peredaran darah Anda.

8 . Seledri

Seledri
Seledri

Seledri menjadi alternatif yang berguna juga untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Kandungan kalsium dan kalium lah yang menjadikan seledri bermanfaat untuk Anda penderita hipertensi.

Makanan sehat

Makanan Sehat Menurunkan darah tinggi secara alami
Makanan Sehat Menurunkan darah tinggi secara alami

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sebaiknya selalu perhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Pola makan dan juga jenis makanan sangat berpengaruh pada tekanan darah Anda. Biasanya penderita hipertensi atau darah tinggi sering mengkonsumsi makan-makanan yang enak di lidah tanpa memikirkan akibatnya.

Jika sudah terlanjur, sebaiknya kurangi dan mulai mengkonsumsi makanan sehat yang bisa Anda lakukan sebagai upaya atau cara menurunkan darah tinggi selanjutnya, berikut adalah ulasannya:

1 . Roti Gandum dan outmeal

roti gandum
roti gandum

Roti gandum  dan outmeal yang dapat menjadi alternatif makan pagi pengganti nasi bagi penderita hipertensi.

2 . Minyak Zaitun

minyak zaitun
minyak zaitun

Minyak Zaitun juga baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam minyak zaitun sangat baik untuk mengontrol tekanan darah Anda terjaga.

Yougurt
Yougurt

Satu lagi makanan olahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, yakni Yogurt. Dimana makanan olahan dari susu ini banyak mengandung kalsium, kalium dan magnesium tinggi sehingga baik dikonsumsi bagi Anda penderita hipertensi.

Baca Juga : mengatasi darah tinggi 

Semoga informasi mengenai cara cepat menurunkan darah tinggi secara alami ini dapat membantu anda menurunkan darah tinggi yang anda derita, atau keluarga anda. Semoga bermanfaat.

(Sumber : Manjaddablog)

Komentar

News Feed