oleh

Bunda Literasi Bandung Menginginkan Setiap Daerah Mempunyai Taman Baca

Bunda Literasi – Kurnia Agustina Dadang M selaku Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) untuk wilayah Kabupaten Bandung mengajak semua masyarakat untuk melakukan kegiatan membaca di perpustakaan. Pesan tersebuat ia sampaikan pada peringatan hari kunjungan ke perpustakaan yang diperingati pada 14 September. “September adalah bulan membaca dan tanggal 14 merupakan hari kunjungan perpustakaan, ayo datang ke perpustakaan!,” Kata Kurnia Agustina Dadang M. Naser yang ia sampaikan seusai acara tersebut.

Untuk saat ini semua perogram yang dilakukan Bunda Literasi sangat bersinambungan yang dilakukan dengan berbagi pihak. beliau juga memberi dorongan kepada TP.PKK Kecamatan selaku ujung tombak pemberdayaan masyarakat. Supaya masyarakat mempunyai budaya membaca. “TP.PKK Kecamatan itu penggerak literasi keluarga, selain melaksanakan tugas dan fungsi dalam hal pemberdayaan setiap keluarga di wilayahnya, tugas ini sesuai juga dengan program prioritas pemerintah yakni dalam hal pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia),” lanjut ungkapnya.

Bunda Literasi Kurnia Agustina Dadang M atau lebih di kenal dengan sebutan Tehh Nia mengungkapkan, perayaan bulan membaca dan juga hari kunjungan perpustakaan haruslah menjadi kegitan yang bisa diikuti masyarakat. Hal tersebut bertujuan supaya masyarakat memiliki budaya membaca. Untuk saat ini di Kabupaten Bandung telah berjalan perogram budaya membaca. Kegiatan tersebut dilakukan oleh PKK Kecamatan. Seperti halnya yang sudah dilakukan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di beberapa wilayah Kabupaten Bandung. “Untuk memicu masyarakat gemar membaca, kita sudah melakukan beberapa program, baik bersama PD (Perangkat Daerah), swadaya masyarakat melaui TBM, juga melalui aktivitas mendongeng bagi anak usia dini. Apresiasi kita berikan kepada swadaya masyarakat penggiat literasi. Karena semangatnya terus menggelora, menularkan virus kebaikan, melibatkan anak paud, para ibu guru dan orangtua murid, juga inovasi ataupun kreativitas dari PD terkait yang mendukung gerakan literasi,” Ujar Teh Nia.

Berbagai program yang sudah dilakukan oleh Bunda Literasi untuk bisa membudayakan membaca telah dibantu oleh keterlibatan PNS. PNS yang ada di Kabupaten Bandung sangat membatu, terutama mengenai pemberian buku yang sangat bermanfaat untuk perpustakaan.

Komentar

News Feed